Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisKomisi III DPRD Ciamis Minta Pemkab Perbaiki Jalan Cikoneng-Sindangkasih

Komisi III DPRD Ciamis Minta Pemkab Perbaiki Jalan Cikoneng-Sindangkasih

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Uus Rusdiana, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, minta Pemkab segera perbaiki akses jalan alternatif penghubung dua Kecamatan Cikoneng – Sindangkasih.

Hal tersebut diungkapkan UUS usai pihaknya meninjau jalan penghubung Cikoneng-Sindangkasih di Desa Wanasigra yang terkena longsor, Kamis (21/04/2022).

Sesuai mendapat laporan dari masyarakat mengenai akses jalan yang rusak akibat bencana alam, pihaknya langsung bergegas untuk meninjau lokasi tersebut.

Saat tiba di lokasi, kata Uus, ternyata benar jalan tersebut rusak berat. Selain itu juga rawan untuk dilewati pengguna jalan.

“Karena bencana alam, maka jembatan ini harus segera Pemkab Ciamis perbaiki. Hal itu, mengingat akses jalan alternatif penghubung 2 kecamatan (Cikoneng-Sindangkasih) ini sangat dibutuhkan warga untuk aktivitas ekonomi,” kata anggota Komisi III DPRD Ciamis kepada HR Online, Kamis (21/4/2022).

Menurutnya, sedari dulu pemerintah provinsi selalu menyiapkan anggaran khusus untuk infrastruktur rusak karena bencana alam. “Maka saya yakin pemerintah daerah Ciamis pun mampu menyiapkannya,” ucapnya.

“Karena di APBD pastinya ada pos anggaran mengenai anggaran dana tidak terduga. Maka hal ini harus disikapi agar jalan tersebut segera diperbaiki,” tandas anggota Komisi III DPRD Ciamis.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ciamis, Andang Firman, membenarkan terjadi kerusakan jalan penghubung dua kecamatan tersebut.

“Kita sudah mendapatkan laporan mengenai kerusakan jalan tersebut. Dan sekarang sedang menghitung estimasi rencana pembangunan,” ujarnya, Kamis (21/4/2022).

Lebih lanjut Andang menjelaskan, mengenai perbaikan jalan tersebut pihaknya sedang
menunggu pernyataan surat bencana dari Bupati Ciamis melalui BPBD.

“Kami menunggu surat pernyataan dari Bapak Bupati. Dan akan segera disikapi karena kondisi jalan tersebut untuk alternatif perekonomian di 2 kecamatan, yaitu Cikoneng dan Sindangkasih,” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -