Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita BanjarKPM BPNT di Kota Banjar Kebingungan, Bantuannya Tidak Bisa Dicairkan

KPM BPNT di Kota Banjar Kebingungan, Bantuannya Tidak Bisa Dicairkan

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Banjar, Jawa Barat, kebingungan lantaran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) miliknya tidak bisa dicairkan.

Seperti yang dialami Dede Supriatna, warga Lingkungan Cibulan, RT 04 RW 04, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, bantuan yang biasanya dicairkan tapi beberapa bulan ini belum diterimanya.

“Sudah dua periode nggak cair lagi, dari bulan Januari sama Februari,” kata Dede Supriatna kepada wartawan, Selasa (19/4/2022).

Baca juga: Ikan Bakar Jadi Menu Favorit Buka Bersama Warga di Kota Banjar

Menurut Dede, hal itu terjadi setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan mengganti bantuan non tunai menjadi tunai.

Padahal ia sudah terdaftar sebagai KPM BPNT di Kota Banjar sejak tahun 2017.

“Itu sejak diganti ke tunai aja, sebelumnya lancar nggak ada kendala waktu dulu masih berupa sembako,” terangnya.

Warga Kota Banjar lainnya, Lian Marliyana juga mengalami hal serupa, ia mengaku baru satu kali menerima bantuan program BPNT sejak 2021 pertama menjadi KPM.

“Dari pas pertama dapat terus bulan berikutnya nggak ada lagi sampai sekarang, tapi yang seangkatan sama saya dapat terus per bulannya,” ujar Lian.

Lian melanjutkan, selain mendapat bantuan BPNT ia juga terdata sebagai penerima bantuan PKH dan menerima bantuan berupa uang sebesar Rp 1.125.000.

“Udah pernah ditanyain ke ketua, katanya lagi diusul ulang belum masuk daftar bayar. Tapi ini kan sudah lama, malah ketimpa sama yang baru dan mereka lancar nerima bantuannya,” tandas Lian.

Lian berharap pemerintah bisa memberikan solusi untuk permasalahan tersebut, karena bantuan itu sangat berharga baginya.

“Harapannya kalau udah punya kartu ini ya sebisa mungkin lancar bantuannya, karena kami sebagai KPM BPNT sangat terbantu dengan bantuan ini,” pungkasnya di Kota Banjar. (Sandi/R8/HR Online/Editor Jujang)