Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruMakanan Penambah Energi Saat Puasa, Jadikan Tubuh Lebih Semangat!

Makanan Penambah Energi Saat Puasa, Jadikan Tubuh Lebih Semangat!

Makanan penambah energi saat puasa cocok untuk Anda konsumsi agar stamina tubuh tetap terjaga. Saat menjalankan puasa, maka tubuh tidak memperoleh asupan makanan dan minuman selama 13 jam.

Maka untuk tetap dapat bertenaga dalam menjalankan aktivitas saat berpuasa, Anda dapat mengonsumsi jenis makanan tersebut saat sahur menjelang puasa.

Baca Juga: Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Ramadhan Satu Hari Penuh!

Daftar Makanan Penambah Energi Saat Puasa

Untuk dapat memenuhi kebutuhan energi saat menjalankan puasa, maka Anda dapat mengonsumsi makanan yang dapat menambah energi. Makanan tersebut sebaiknya Anda konsumsi saat sahur.

Selain itu, penting juga bagi Anda untuk menghindari berbagai jenis makanan yang justru dapat membuat Anda lemas tak bertenaga saat menjalankan puasa.

Adapun pilihan makanan penambah energi saat puasa antara lain:

Nasi Merah

Jenis makanan ini seringkali menjadi pilihan menu untuk diet. Pasalnya, selain memiliki kandungan gizi tinggi, nasi merah juga mengandung serat yang menjadikannya mempunyai glikemik yang rendah.

Selain itu, beras merah juga dapat mengatur kadar gula darah serta meningkatkan tingkat energi yang stabil sepanjang hari. Oleh karena itu, Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah untuk Anda konsumsi saat sahur.

Baca Juga: Menu Sahur Hari Pertama Puasa Sehat dan Nikmat, Ini Rekomendasinya!

Telur dan Ikan

Makanan penambah energi saat puasa berikutnya adalah telur dan ikan. Ini menjadi salah satu makanan favorit sebagian besar masyarakat. Dengan mengkonsumsi makanan ini Anda dapat meningkatkan energi saat berpuasa.

Protein yang terkandung pada telur dapat menjadi sumber energi yang stabil dan kaya manfaat. Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa telur mempunyai zat leusin.

Ini merupakan zat asam amino yang dapat merangsang produksi energi dalam beberapa cara. Leusin juga dapat membantu sel dalam mengambil lebih banyak gula darah serta meningkatkan pemecahan lemak yang selanjutnya diubah menjadi energi.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat baik untuk Anda konsumsi setiap sahur. Seperti sayur bayam dan kangkung merupakan sumber nutrisi yang mampu meningkatkan energi.

Dua sayuran hijau tersebut terbukti tinggi kalsium, magnesium, zat besi, kalium, dan sejumlah vitamin. Perlu Anda ketahui, kurangnya asupan zat besi seringkali dikaitkan dengan kondisi tubuh yang mudah lemah.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa, Tubuh Bugar Puasa Lebih Lancar

Pisang

Pisang ternyata juga masuk kedalam makanan penambah energi saat puasa.

Buah satu ini mempunyai kandungan serat dan gula. Seperti fruktosa, glukosa, serta sukrosa yang dapat menjadikannya sebagai penambah energi saat menjalankan puasa seharian penuh.

Dengan kandungan seratnya yang cukup tinggi, maka pisang juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Mempunyai tekstur yang lembut, pisang juga dapat melancarkan pencernaan Anda.

Makanan penambah energi saat puasa lainnya yang dapat Anda konsumsi antara lain kurma, ubi madu, ikan berlemak, susu, roti gandum, dan lain sebagainya. Anda dapat mengkreasikan semua makanan di atas dengan menggunakan bahan makanan lain. Namun perlu Anda ingat, sesuatu yang dikonsumsi berlebihan justru akan berakibat kurang baik pada lambung. (R10/HR-Online)