Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Pencegah Asam Lambung Aman dan Sehat Dikonsumsi, Cek!

Makanan Pencegah Asam Lambung Aman dan Sehat Dikonsumsi, Cek!

Makanan pencegah asam lambung cukup beragam. Asam lambung adalah salah satu gangguan pencernaan yang mempunyai banyak pantangan, terutama dalam hal konsumsi makanan.

Hal ini karena salah saat memilih makanan bagi penderita asam lambung. Tentu hal tersebut dapat membuat produksi asam lambung menjadi meningkat.

Bahkan gejala yang dialami pun akan semakin parah. Oleh karena itu, penderita asam lambung sebaiknya selalu memperhatikan asupan makanan supaya kondisi asam lambung tidak kambuh.

Baca Juga: Air Kelapa untuk Asam Lambung, Ketahui Apa Saja Kandungannya

Rekomendasi Makanan Pencegah Asam Lambung

Berikut ini daftar makanan yang baik untuk mencegah penyakit asam lambung, antara lain:

Makanan Tinggi Serat

Selain sangat baik untuk kesehatan, makanan tinggi serat mempunyai peran dalam menghalau penyakit asam lambung.

Dalam sejumlah penelitian menemukan bahwa seseorang yang makan makanan mengandung tinggi serat memiliki risiko lebih rendah terkena serangan asam lambung.

Mereka yang makan 11 gram atau lebih serat yang berasal dari sayuran mempunyai risiko 32% lebih rendah untuk mengalami sakit asam lambung.

Para peneliti menyebutkan bahwa serat bisa memperlambat pengosongan lambung. Dengan demikian, makanan ini mampu mengurangi atau dapat mencegah lapisan lambung serta usus dua belas jari terkena asam pencernaan.

Serat larut dapat Anda temukan pada gandum. kacang-kacang serta buah pir. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi 25 hingga 35 gram serat setiap hari.

Baca Juga: Buah untuk Asam Lambung yang Efektif, dari Pisang hingga Apel

Pisang

Makanan yang aman untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah pisang.

Ternyata buah satu ini merupakan salah satu makanan yang cukup aman bagi para penderita asam lambung atau Gerd.

Pisang adalah salah satu buah yang rendah asam sehingga sangat baik bagi penderita asam lambung. Selain itu, pisang juga kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan serta mencegah naiknya asam lambung.

Semangka

Buah semangka memiliki dampak basa dalam tubuh. Dengan kata lain, buah satu ini mampu mengurangi keasaman pada sistem pencernaan. Selain itu, makanan pencegah asam lambung ini juga sangat baik untuk LES serta ginjal.

Pasalnya, semangka kaya akan air yang penting bagi setiap fungsi tubuh. Sifat anti-inflamasi pada semangka juga membuat buah satu ini dapat mencegah berbagai masalah kesehatan.

Pigmen pemberi warna merah pada semangka memiliki peran dalam meningkatkan kesehatan mata, otak, tulang, dan jantung.

Baca Juga: Makanan Penyebab Asam Lambung Naik yang Mesti Anda Hindari

Oatmeal

Oatmeal dapat menjadi pilihan selanjutnya untuk daftar makanan pencegah asam lambung.

Di dalam makanan satu ini banyak mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang dapat menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah, serta kolesterol.

Selain itu, oatmeal juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Asam lambung dapat meningkat ketika terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan manis.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi oatmeal dapat mengurangi kadar gula darah pada penderita asam lambung.

Makanan pencegah asam lambung yang dapat Anda konsumsi lainnya adalah melon, nasi merah, putih telur, dan lain sebagainya. Selain itu, pola makan sehat juga sangat dianjurkan bagi para penderita asam lambung, agar penyakit tersebut tidak mudah kambuh. (R10/HR-Online)