Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Bau Mulut yang Penting untuk Dihindari

Makanan Penyebab Bau Mulut yang Penting untuk Dihindari

Makanan penyebab bau mulut tentunya harus kita ketahui apa saja. Karena masih banyak orang yang menyepelekan akan hal ini.

Tampil dengan bau mulut yang tidak sedap itu terkadang akan mengganggu kenyamanan. Sedangkan dalam setiap hari kita tidak hanya makan satu ataupun dua jenis makanan saja.

Apakah anda pernah mengalami masalah bau mulut? Mungkin Sebagian besar orang pernah mengalami masalah ini.

Baca juga: Makanan Penyebab Berat Badan Naik, Batasi Agar Tetap Ideal

Bau mulut yang tidak sedap ataupun napas yang tidak segar itu dapat mengganggu kenyamanan serta menyebabkan seseorang tidak percaya diri ketika berbicara dengan lawannya.

Sebenarnya masalah bau mulut ini disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena kurang menjaga kebersihan gigi, bisa juga disebabkan karena makanan.

Tetapi kebanyakan kasus bahwa bau mulut itu disebabkan karena makanan yang kita konsumsi. Kenyataannya juga terdapat beberapa makanan yang menjadi penyebab bau mulut. Apakah Anda sudah mengetahuinya?

Beberapa Makanan Penyebab Bau Mulut, Waspadai

Rajin menyikat gigi tetapi belum tentu bisa menghindari masalah bau mulut. Jika sudah begini, berarti penyebabnya berada pada makanan apa yang kita konsumsi.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja makanan yang dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Bawang-bawangan

Untuk makanan penyebab bau mulut yang pertama adalah bawang-bawangan. Mungkin dalam hal ini sudah tidak asing lagi. Sebab ketika kita makan bawang pasti bau mulut akan terasa tidak sedap.

Bawang yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan terserap ke dalam aliran darah. Inilah yang menyebabkan aromanya sampai pada paru-paru dan akan keluar melalui mulut.

Setelah terserap, bawang putih akan mengeluarkan aroma yang pahit dari pori-pori Anda. Kendati demikian, bukan berarti Anda harus menyatakan perang kepada bawang putih.

Cukup Anda batasi saja konsumsinya. Selesai makan segera bersihkan mulut dengan cara menggosok gigi serta flossing. Jangan lupa juga untuk berkumur 2 kali sehari.

Bukan hanya bawang putih saja, tetapi juga bawang bombay. Aroma bawang bombay akan bertahan lebih lama setelah Anda mengonsumsinya.

Sebab, di dalam ruang tersebut terdapat kandungan senyawa sulfat yang akan terserap ke dalam aliran darah dan akan kembali disaat yang tidak pernah terduga.

Susu

Bukan hanya bawang-bawangan saja, tetapi susu juga menjadi makanan penyebab bau mulut. Kita tahu bahwasanya di dalam susu itu mengandung protein.

Mungkin juga Anda gemar minum susu. Susu merupakan minuman yang sehat dan baik untuk tubuh. Tetapi ternyata susu dapat menjadi penyebab bau tidak sedap pada mulut kita.

Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena bakteri alami yang terdapat di lidah itu memakan asam amino yang terdapat pada susu.

Baca juga: Makanan Penyebab Kesemutan dan Cara Mengatasinya

Sepertinya tidak hanya susu, tetapi produk olahan susu seperti halnya keju juga demikian. Akhirnya menghasilkan aroma yang tidak sedap keluar dari mulut.

Daging Merah

Selanjutnya ada daging merah yang juga merupakan makanan penyebab bau mulut. Padahal dalam daging tersebut mengandung protein yang tinggi.

Tetapi, mengapa malah berdampak buruk? Ketahuilah sebenarnya seseorang yang mengonsumsi protein dalam jumlah yang banyak itu menyebabkan tubuh memproduksi amonia serta memecahnya ketika masuk dalam proses pencernaan.

Ternyata, amonia inilah yang keluar melalui mulut dan dapat mengakibatkan baunya tidak sedap. Lalu menyebabkan serat daging terdapat di sela gigi dan dapat membusuk.

Selain itu, juga dapat melepaskan gas senyawa sulfur sehingga daging merah adalah pemicu bau mulut tidak sedap.

Tuna

Bukan hanya daging merah saja tetapi tuna juga demikian. Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai banyak kandungan gizi.

Baca juga: Makanan Penyebab Kanker Mulut dan Cara Pencegahannya

Ikan ini juga bisa kita temukan dalam kemasan kaleng. Nah, tuna kalengan inilah akan mengalami proses oksidasi sehingga menghasilkan senyawa asam yang bernama trimetilamin. Senyawa tersebutlah yang menjadi penyebab bau mulut.

Kopi

Ada juga kopi, salah satu jenis minuman yang paling banyak atau disukai oleh anak muda. Saat ini juga banyak berbagai pilihan minuman dari kopi.

Tapi ternyata kopi yang di dalamnya mengandung kafein itu dapat menjadi penyebab bau mulut yang tidak sedap. Alasannya karena kopi menyebabkan mulut menjadi kering dan memicu bakteri penyebab bau mulut itu terus tumbuh dan berkembang.

Ingat, beberapa makanan penyebab bau mulut tersebut bukan berarti harus dihindari 100% untuk tidak mengonsumsinya. Hanya saja, Anda harus mengontrolnya supaya tidak berlebihan yang masuk ke dalam tubuh. (R10/HR-Online)

- Advertisment -