Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Cincau untuk Kesehatan, Melancarkan Pencernaan Hingga Lawan Malaria

Manfaat Cincau untuk Kesehatan, Melancarkan Pencernaan Hingga Lawan Malaria

Manfaat cincau untuk kesehatan sudah diketahui sejak dulu. Selain menyehatkan, cincau juga merupakan salah satu jenis minuman yang menyegarkan, bahkan menjadi favorit bagi banyak orang saat bulan Ramadhan.

Rasanya yang menyegarkan sehingga cocok jika dicampurkan dengan jenis minuman lainnya. Selama ini cincau juga sudah cukup dikenal di sejumlah daerah negara Asia.

Untuk mendapatkan minuman kesehatan berbahan cincau ini juga sangat mudah. Baik berbentuk utuh atau sudah berbentuk minuman dalam kaleng, banyak tersedia di toko-toko makanan.

Rasa dari minuman cincau ini tidak hanya lezat dan menyegarkan saja, tapi juga mempunyai manfaat luar biasa yang mampu menyehatkan tubuh.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari minuman kesehatan berbahan cincau.

Baca Juga : Herbal Teh Hijau, Minuman Kesehatan Yang Kaya Khasiat

5 Manfaat Cincau untuk Kesehatan Tubuh

Melancarkan Pencernaan

Selain vitamin B dan vitamin C, cincau juga memiliki kandungan alkaloid. Kandungan tersebut membuat cincau mampu membantu dalam mengatasi masalah gangguan pencernaan. Seperti diare dan sakit perut.

Menjaga Gula Darah

Manfaat cincau untuk kesehatan salah satunya menjaga gula darah. Kandungan bisbenzylisoquinoline (alkaloid) serta klorofil yang ada dalam cincau sangat baik bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.

Baca Juga : Minum Kopi Cold Brew dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menstabilkan kembali kadar gula darah dalam tubuh.

Mengontrol Berat Badan

Minuman kesehatan berbahan cincau ini kaya akan serat. Karena kandungan tersebut sangat berperan dalam mengontrol sekaligus menjaga berat badan, sambil menyiapkan asupan nutrisi buat tubuh.

Cincau memiliki kandungan kalori yang rendah serta mengandung gula. Dua zat alami ini sangat dibutuhkan guna menjaga kestabilan asupan energi dalam tubuh.

Mencegah Konstipasi

Mampu mencegah konstipasi menjadi salah satu manfaat cincau untuk kesehatan. Kandungan serat yang tinggi dalam cincau menjadi obat yang ampuh melawan konstipasi.

Baca Juga : Khasiat Minuman Jahe yang Bisa Turunkan Berat Badan

Tentu saja hal tersebut sangat penting bagi tubuh agar terhindar dari masalah gangguan kesehatan, salah satunya mencegah konstipasi atau sembelit.

Ampuh Melawan Malaria

Manfaat cincau untuk kesehatan lainnya yaitu membantu melawan malaria. Sebuah studi menunjukkan kalau cincau ternyata bisa menjadi obat yang ampuh untuk melawan penyakit malaria.

Hal itu berkat adanya kandungan alkaloid dalam cincau, yang mana kandungan zat alami tersebut sangat baik bagi tubuh.

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minuman kesehatan berbahan cincau. Konsumsi minuman yang menyegarkan ini sambil menghilangkan rasa dahaga setelah berpuasa seharian. Sehingga tubuh akan kembali segar. (R3/HR-Online/Editor-Eva)