Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruMenu Sahur Hari Pertama Puasa Sehat dan Nikmat, Ini Rekomendasinya!

Menu Sahur Hari Pertama Puasa Sehat dan Nikmat, Ini Rekomendasinya!

Menu sahur hari pertama puasa apakah membuat Anda merasa kebingungan? Tidak ada salahnya Anda membuat berbagai hidangan yang istimewa untuk sahur pertama puasa Ramadhan Anda.

Terdapat beragam inspirasi menu sahur untuk hari pertama yang dapat menjadi pilihan Anda. Pilihan menu yang dapat Anda sajikan selain sehat, juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi saat sahur Anda.

Baca Juga: Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Ramadhan Satu Hari Penuh!

Ragam Pilihan Menu Sahur Hari Pertama Puasa Ramadhan

Menyajikan menu spesial saat sahur pertama di bulan Ramadhan tentu akan menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan. Sebagian besar orang akan melakukan hal ini, agar semua anggota keluarga menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan puasa Ramadhan.

Lalu apa saja rekomendasi menu sahur hari pertama puasa yang praktis untuk Anda coba di rumah antara lain:

Sayur Bening

Mengkonsumsi sayur di waktu sahur diklaim dapat menenangkan perut. Rasa hangat serta lembut dari sayur bayam dapat menambahkan mineral dan vitamin ketika menjalankan ibadah puasa.

Pada umumnya, komponen yang terdapat dalam sayur bening terdiri dari bayam, jagung, dan tomat.

Cara membuatnya cukup praktis dan mudah. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bawang merah, kencur serta kunci yang telah dicincang.

Selanjutnya masukkan wortel, jagung, dan yang terakhir bayam. Tambahkan gula dan garam secukupnya.

Baca Juga: Jangan Konsumsi Makanan Kemasan Saat Sahur!

Tumis Sederhana

Asupan sayuran mempunyai peranan penting untuk kesehatan tubuh selama puasa. Kandungan serat dan vitamin dari sayuran dapat menjaga daya tahan tubuh juga kebugaran dalam beribadah puasa selama satu bulan lamanya.

Selain dari sayur bening, Anda bisa mendapatkan manfaat dari tumis sayur yang sederhana. saat menyiapkan menu sahur pertama puasa. Seperti tumis kangkung.

Untuk memasak menu ini tidak akan memakan waktu yang lama. Bahan yang diperlukan pun cukup mudah dan sederhana.

Nasi Merah

Pada umumnya nasi merah merupakan salah satu menu makanan pilihan bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet. Meskipun demikian, nasi merah juga dapat menjadi salah satu menu santap sahur hari pertama puasa.

Nasi merah dapat mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama apabila kita bandingkan dengan nasi putih.

Hal ini karena nasi merah mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah. Sehingga proses penyerapan di dalam tubuh menjadi lebih lama. Maka, proses penyerapan inilah yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Bangun Terlambat Saat Sahur? Ini Rekomendasi Jenis Makanan yang Tepat

Ayam Goreng Mentega

Selain asupan vitamin dan mineral yang diperoleh dari sayuran, asupan protein hewani pun juga penting. Anda harus perhatikan anggota keluarga yang akan menjalankan puasa. Salah satu menu yang dapat Anda pilih adala ayam goreng mentega.

Tidak kalah dengan jenis olahan ayam lainnya, ayam mentega dapat menjadi inspirasi menu sahur. Rasa ayam yang gurih serta lezat dalam membuat selera makan Anda menjadi naik.

Untuk dapat menghemat waktu, maka Anda dapat menyiapkan bumbu-bumbu yang Anda perlukan saat malam hari. Maka saat sahur Anda tinggal menggoreng menu makan sahur hari pertama puasa berupa ayam mentega. (R10/HR-Online)