Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruMika Lampu Motor Buram, Sebaiknya Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Mika Lampu Motor Buram, Sebaiknya Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Mika lampu motor buram, sebaiknya Anda tahu penyebab dan cara mengatasinya. Jika kondisi ini Anda alami, mengakibatkan kurangnya kenyamanan dalam berkendara terutama malam hari.

Lampu pada sepeda motor memiliki peran yang cukup penting. Selain untuk menerangi pencahayaan di malam hari, juga berperan ketika berkendara saat musim hujan.

Namun untuk menjaganya tetap dalam kondisi baik, pastikan Anda memberikan perawatan yang tepat. Sama seperti komponen motor lainnya, lampu juga bisa mengalami kendala mulai dari, kaca pecah, lampunya yang mati, atau bahkan kondisi mika yang menguning hingga buram.

Jika kondisi komponen tersebut tidak optimal, maka mengakibatkan kurang maksimalnya fungsi dari komponen tersebut. Apalagi ketika musim hujan, peran penting lampu akan sangat terasa.

Jika kondisi mika buram maka mengakibatkan pencahayaan kurang optimal akibat cahaya yang dikeluarkan tidak penuh. Cahaya lampu akan redup karena tertutup kotoran pada mika.

Saat kondisi ini Anda alami sebaiknya segera mengatasi mika lampu motor buram. Sehingga lampu akan tetap berfungsi secara optimal.

Baca juga: Cara Memperbaiki Mika Lampu Motor Pecah atau Retak dengan Tepat

Penyebab Mika Lampu Motor Buram

Ada banyak kendala yang bisa terjadi pada sepeda motor. Apalagi jika Anda tidak melakukan perawatan secara rutin. Hal ini akan mengakibatkan kondisinya semakin parah.

Semua komponen kendaran membutuhkan perawatan secara tepat. Salah satunya pada bagian lampu. Karena perannya yang cukup penting ada baiknya jika Anda melakukan perawatan secara berkala.

Mika lampu pada motor juga sering muncul masalah. Salah satunya yaitu munculnya keburaman pada bagian mika. Saat kondisi hujan, mika lampu yang buram akan mengurangi pencahayaan yang dihasilkan.

Adapun penyebab mika lampu motor buram yaitu akibat jamur atau kotoran yang menempel. Saat hujan, air akan membasahi semua komponen sepeda motor termasuk lampu.

Jika air hujan tidak dibersihkan akibatnya mengering dan membuat bekasnya menjadi jamur. Bercak jamur pada mika lampu akan terjadi jika lampu nyala.

Lampu akan menimbulkan energi panas dan membuat jamur menempel pada mika lampu.

Jika hal ini Anda biarkan secara terus menerus, mengakibatkan jumlahnya semakin bertambah. Sehingga mengakibatkan mika kusam bahkan menguning.

Baca juga: Bersihkan Mika Lampu Motor dengan Gunakan Bahan Ini

Cara Efektif Mengatasi Mika Lampu Buram

Sebagai pemilik sepeda motor sebaiknya Anda melakukan perawatan dengan tepat. Pastikan juga perawatan yang dilakukan rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

Dengan kondisi sepeda motor yang prima, maka membuat berkendara menjadi lebih nyaman. Apalagi lampu memiliki peran yang cukup penting.

Sehingga ketika kondisinya bermasalah maka akan mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara. Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada mika lampu.

Namun ada salah satu yang sering terjadi yaitu buram atau kusam. Jika kondisi ini terjadi maka peran pentingnya tentu akan berkurang. Ada banyak cara mengatasi mika lampu motor buram.

Sehingga akan kembali bening tanpa kotoran maupun jamur. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkannya sendiri, gunakan jasa bengkel terpercaya.

Di mana jasa tersebut mampu membersihkan mika hingga masalah pada lampu lainnya. Namun jika Anda tidak mau keluar karena banyak biaya, sebaiknya mengatasi mika buram sendiri.

Cara untuk mengatasinya terbilang mudah. Anda cukup menyiapkan bahan dan alat untuk mengatasi kaca motor buram agar tampak kinclong kembali.

Langkah-Langkah Mengatasi Mika Lampu Buram

Mika lampu motor buram memang mengganggu pemilik kendaraan saat berkendara. Peran penting lampu membuat Anda harus menjaga kondisinya tetap baik.

Setelah Anda tahu penyebab mika lampu buram sebaiknya gunakan langkah berikut ini untuk mengatasinya.

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu melepas bagian mika pada lampu terlebih dulu. Cara ini perlu Anda lakukan agar air tidak mengenai bagian kelistrikan sepeda motor.
  2. Setelah mika terlepas dari bodi motor segeralah untuk menyiapkan pasta gigi. Gosok pasta gigi pada bagian mika lampu secara keseluruhan. Setelah mika yang buram terolesi sempurna gunakan lap kering dan lembut untuk membersihkannya. Pastikan mika bersih dari noda dan pasta gigi. Ulangi langkah tersebut hingga mika lampu benar-benar bersih.
  3. Jika langkah satu dan dua sudah selesai, bisa gunakan lapisan compound atau wax pada bagian permukaan mika. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari air menempel pada permukaan mika.
  4. Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memasangnya kembali ke bodi motor.

Cara mengatasi mika lampu motor buram sebenarnya cukup mudah. Pastikan tidak ada celah yang bisa mengakibatkan lampu berembun. (R10/HR Online)

- Advertisment -