Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruMinuman yang Dilarang Saat Haid Perempuan Perlu Tahu, Apa Saja?

Minuman yang Dilarang Saat Haid Perempuan Perlu Tahu, Apa Saja?

Minuman yang dilarang saat haid ternyata cukup beragam. Oleh karena itu, hal ini penting untuk para perempuan atau gadis yang telah haid pahami.

Haid atau menstruasi merupakan hal normal yang pasti perempuan alami dalam setiap bulannya.

Saat menstruasi berlangsung sering kali terdengar beberapa larangan untuk melakukan sesuatu. Termasuk dalam mengonsumsi minuman saat haid berlangsung.

Baca Juga: Hindari ya! Ini Pantangan saat Haid bagi para Wanita

Beberapa Minuman yang Dilarang Saat Haid

Saat menstruasi berlangsung, seringkali muncul beberapa gejala, salah satunya adalah nyeri haid. Ternyata, beberapa jenis minuman dapat memperparah rasa nyeri saat haid.

Hal ini pun dapat mempengaruhi kondisi kesehatan perempuan yang sedang haid. Lalu apakah jenis minuman yang perlu Anda hindari saat haid tersebut?

Minum Beralkohol

Dari berbagai jenis minuman yang tidak boleh perempuan konsumsi saat haid, minuman beralkohol harus benar-benar Anda hindari saat sedang menstruasi.

Pasalnya, minuman beralkohol justru dapat memperburuk gejala PMS yang perempuan haid rasakan.

Hal ini karena alkohol bisa menurunkan kadar gula darah secara drastis sehingga perempuan menjadi lebih sensitif, gelisah, kelelahan, hingga mudah marah.

Parahnya lagi, alkohol dapat membuat perempuan yang sedang menstruasi jadi mudah merasakan sakit kepala.

Baca Juga: Manfaat Buah Kawista yang Berkhasiat Mengusir Demam, Diare Hingga Lancarkan Haid

Minuman Berkafein

Jenis minuman yang dilarang saat haid selanjutnya adalah minuman berkafein. Bagi Anda yang gemar minum teh atau kopi, sebaiknya menghindari dua jenis minuman tersebut saat haid.

Ini karena, kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dan teh dapat menambah rasa sakit pada perut serta berpeluang terkena maag.

Minuman Dingin

Pernahkan Anda mendengar mitos bahwa minuman dingin bisa membekukan darah menstruasi?

Meskipun hal tersebut hanya mitos, faktanya minuman dingin masuk dalam daftar minuman yang tidak boleh Anda konsumsi saat haid. Alasannya, konsumsi minuman dingin saat haid bisa memberikan efek kembung pada perut.

Selain itu, bagi perempuan yang sering mengalami kram saat haid tentu akan merasakan kram yang semakin parah ketika minum minuman dingin.

Bahkan, minuman dingin bisa menyebabkan adanya peradangan yang dapat menghambat kelancaran darah saat menstruasi. Maka alangkah baiknya bagi Anda untuk menghindari minum minuman dingin saat haid.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Hati, Hipertensi, Sendi Hingga Lancarkan Haid

Minuman Bersoda

Selain minuman berkafein, ternyata minuman bersoda juga menjadi daftar minuman yang perlu Anda hindari saat haid.

Memang minuman bersoda selalu menjadi pilihan menarik untuk melepaskan dahaga. Namun, minuman bersoda mengandung gula tinggi.

Apabila perempuan haid harus menghindari makanan yang mengandung gula tinggi, maka hal ini juga berlaku untuk minuman tinggi gula seperti minuman bersoda.

Kandungan gula yang cukup tinggi dapat membuat tubuh menjadi mudah lemas.

Selain itu, kalori yang cukup tinggi yang terdapat dalam minuman ini juga dapat memperburuk PMS yang terjadi pada perempuan haid, karena mereka mudah emosi dan tersinggung.

Dengan menghindari minuman yang dilarang saat haid, maka kondisi Anda pun akan jauh lebih baik saat menstruasi berlangsung. (R10/HR-Online)