Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita BanjarPemudik Motor Dominasi Jalur Lintas Selatan Kota Banjar

Pemudik Motor Dominasi Jalur Lintas Selatan Kota Banjar

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Pemudik motor mendominasi hari pertama pelaksanaan posko angkutan lebaran yang melintas jalur selatan. Pengamatan arus mudik tersebut tepatnya di Cijolang, Kota Banjar, perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah, Senin (25/4/2022).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjar, Ajat Sudrajat melalui Kabid Lalu Lintas Angkutan Jalan, Fera Mada Pratama mengatakan, pengendara sepeda motor masih mendominasi yang melintas dari arah Jawa Barat menuju Jawa Tengah.

“Kita tadi launching pelaksanaan posko angkutan lebaran di Cijolang, bersama provinsi. Selain itu, tadi juga dilaksanakan penghitungan kendaraan. Dan ternyata sepeda motor masih mendominasi yang melintas dari Jabar ke Jateng,” kata Fera Mada kepada wartawan.

Ia menjelaskan, pemudik dengan menggunakan sepeda motor yang melintas dari arah Jawa Barat menuju Jawa Tengah sebanyak 125. Sedangkan dari arah sebaliknya sebanyak 118 motor.

Sementara itu, mobil pribadi yang masuk ke Jawa Tengah melakukan jalur lintas selatan sebanyak 63 unit, dan sebaliknya yang masuk ke Jawa Barat sebanyak 58 unit.

“Itu berdasarkan penghitungan manual dari jam 9 sampai jam 10,” terangnya.

Lebih lanjut Fera menambahkan, bus dan mobil truk masih relatif rendah, yakni 59 kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah. Sedangkan yang masuk ke Jawa Barat sebanyak 33 kendaraan.

Meski begitu, Fera mengingatkan agar para pemudik baik itu sepeda motor atau roda empat yang melintas di jalur selatan, untuk tetap berhati-hati, dan tidak memaksakan jika sudah lelah.

“Intinya kalau cape atau ngantuk jangan memaksakan diri. Istirahat terlebih dahulu di rest area dan pos pelayanan yang sudah disediakan,” pungkasnya. (Sandi/R5/HR-Online/Editor-Adi)