Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita TerbaruPenemuan Ikan Arapaima di Tangerang yang Viral, Cek Faktanya Berikut!

Penemuan Ikan Arapaima di Tangerang yang Viral, Cek Faktanya Berikut!

Penemuan ikan Arapaima di Kedaung Baru, kecamatan Neglasari, Tangerang belum lama ini sempat viral di sejumlah media sosial dan menghebohkan. Ikan raksasa itu merupakan jenis ikan air tawar yang asalnya dari perairan tropis Amerika Selatan atau di lembah sungai Amazon.

Kabarnya ikan yang satu ini masuk ke dalam jenis ikan yang berbahaya, bahkan terlarang hidup di Indonesia. Lantas bagaimana fakta seputar ikan raksasa itu? Seberapa bahayakah? Simak ini!

Baca Juga: Viral Video Syur yang Diperankan Oleh Siswi SMP! Polisi Turun Tangan!

Penemuan Ikan Arapaima yang Menggegerkan Warga Sekitar, Apakah Berbahaya?

Belum lama ini penemuan seekor ikan dengan ukuran cukup besar terjadi di kota Tangerang hingga menggemparkan media sosial. Kabar dari informasi yang beredar terutama dari akun Twitter bernama @AboutTING, bahwa ikan itu didapatkan oleh warga di sungai Cisadane.

Ikan monster itu namanya Arapaima dan usut punya usut ternyata ikan itu bukanlah hasil temuan. Melainkan milik seorang pengusaha. Sebagaimana penjelasan dari lurah Kedaung Baru yakni Wawan Gunawan beberapa waktu lalu.

Kata Wawan, bahwa ikan itu merupakan pemberian dari bos sandal saudara Aheng. Ia kembali menyebutkan terkait pemberian ikan itu. Karena awalnya ikan itu membuat ikan milik Aheng jadi mati.

Baca Juga: Begal Payudara di Bogor Viral di Media Sosial! Kini Polisi Tangkap Pelaku!

Bukan Penemuan

Penemuan ikan Arapaima ternyata tidak benar, sebab ikan raksasa itu merupakan hasil dari pemberian seorang warga yang bernama Aheng.

Kemudian seorang warga yang bernama Musat atau Ucat langsung meluruskan kabar viral yang katanya hasil penemuan di sebuah sungai.

Musat kembali menyebutkan bahwa ikan raksasa itu awalnya dibawa oleh rekannya yang juga merupakan anak buah Aheng. kepada anak buah Aheng, maka Musat pun meminta agar ikan raksasa itu diletakkan di depan rumahnya saja.

Meski demikian, keberadaan ikan yang berukuran sangat besar itu pun langsung menarik perhatian warga setempat.

Baca Juga: Viral Perempuan Obral Barang Suami yang Selingkuh di Facebook Live

Fakta Tentang Ikan Arapaima

Berita tentang penemuan ikan Arapaima memang tidak benar, sebab itu hanyalah pemberian dari salah satu pemilik usaha. Hal ini karena ikan tersebut seringkali berkelahi dengan jenis ikan lainnya seperti aligator.

Berdasarkan informasi yang beredar, ikan Arapaima ini merupakan salah satu jenis ikan yang berbahaya. Ikan raksasa ini asalnya dari sungai Amazon dan tidak boleh ada di Indonesia.

Seperti halnya dalam sebuah peraturan menteri Kelautan & Perikanan RI No 31 tentang Larangan Pemasukan Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke RI.

Hal ini lantaran ikan Arapaima ini bisa merugikan, bahkan membahayakan kelestarian sumber daya ikan lain.

Ikan ini juga termasuk salah satu hewan air atau predator ganas karena memiliki gigi yang cukup tajam.

Meski demikian berita atau informasi seputar penemuan ikan Arapaima itu sempat viral di sejumlah media sosial. Bahkan ada warga yang menyebutkan bahwa itu merupakan ikan monster. (R10/HR-Online)

- Advertisment -