Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita BanjarPenentuan Awal Ramadan di Kota Banjar, Hilal Tidak Terlihat

Penentuan Awal Ramadan di Kota Banjar, Hilal Tidak Terlihat

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Tim Badan Hilal Rukyat Daerah (BHRD) Kemenag Kota Banjar, Jawa Barat, melaksanakan rukyatul Hilal penentuan awal ramadan 1443 H di Pusat Observasi Bulan (POB) Gunung Putri Lapas Banjar, Jumat (1/4/22).

Dari hasil pemantauan bulan pada Jumat sore sekitar pukul 17:51 WIB hilal tidak terlihat.

Ketua BHRD Kota Banjar Badar Ismail mengatakan, dari hasil perhitungan astronomi posisi tinggi hilal pada Jumat sore berada pada posisi 2 derajat, 22 menit 59,04 detik.

Dari hasil pemantauan pihaknya tidak melihat hilal meskipun keadaan cuaca cukup cerah dan tidak terhalang awan mendung.

“Tidak ada satupun peserta yang melihat bulan,” kata Badar kepada HR Online.

baca juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Warga Binaan Lapas Banjar Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Penentuan Awal Ramadan Tunggu Kemenag Pusat

Karena dari hasil pemantauan tersebut tidak terlihat, maka untuk penetapan 1 ramadan 1443 H menunggu keputusan sidang isbat Kementerian Agama pusat.

“Posisi hilal untuk terlihat cukup sulit meskipun cuaca saat pemantauan berlangsung cukup cerah. Lebih jelasnya nanti menunggu keputusan sidang isbat,” jelasnya.

Terkait ormas keagamaan Muhamadiyah yang sudah menetapkan 1 ramadhan 1443 H jatuh pada tanggal 2 ramadan, menurutnya perbedaan tersebut sesuatu yang biasa.

Semua memiliki metode perhitungan masing-masing, sehingga semua pihak harus saling menghormati.

“Kalaupun besok ada yang sudah mulai melaksanakan ibadah puasa itu tidak menjadi soal karena semua memiliki perhitungan masing-masing,”katanya.

Hadir dalam pemantauan bulan penetapan 1 ramadhan di POB Gunung Putri Lapas Banjar Ketua PA Kota Banjar, Ketua Kemenag Ciamis, Ketua PA Ciamis serta berbagai ormas keagamaan dan pondok pesantren. (Muhlisin/R6/HR-Online)

- Advertisment -