Minggu, Juli 3, 2022
BerandaGaya HidupPentingnya Informasi Kandungan Gizi pada Makanan Pokok

Pentingnya Informasi Kandungan Gizi pada Makanan Pokok

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Setiap orang perlu mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada makanan pokok.

Karena informasi kandungan gizi pada makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan dan ketahanan tubuh.

Hal itu terungkap saat Dosen Pendidikan Jasmani Universitas Galuh (Unigal) menggelar penyuluhan kepada Komunitas Fitness Ciamis (KFC), beberapa waktu lalu.

Penyuluhan tersebut mengusung tema “Implementasi Pengetahuan Kandungan Gizi pada Makanan Pokok yang Dikonsumsi Setiap Hari”.

Dosen Pendidikan Jasmani Unigal, Hendra Rustiawan, membenarkan kegiatan penyuluhan dalam rangkaian program pengabdian dosen tersebut.

Hendra menjelaskan, ketika mengonsumsi makanan, setiap orang harus memperhatikan kandungan gizi yang terkandung di dalamnya.

Pasalnya, kata Hendra, hal itu berkaitan dengan asupan gizi yang diperlukan tubuh setiap orang.

Menurut Hendra, tubuh memerlukan asupan gizi yang seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

“Makanya, porsi makan kita harus selalu berpedoman pada gizi yang seimbang,” kata Hendra.

Lebih lanjut, Hendra mengungkapkan, gizi merupakan persediaan bahan-bahan makanan yang dibutuhkan organisme atau sel-sel untuk bertahan hidup.

“Tidak hanya soal metabolisme, gizi juga berkaitan dengan bagaimana kita mencegah penyakit datang,” katanya.

Dengan kata lain, Hendra menambahkan, soal gizi tidak melulu mengenai masak-memasak, tapi juga tentang pentingnya asupan gizi untuk tubuh.

Ingat, Hendra menegaskan, bukan hanya untuk orang yang sakit, menjaga pola makan sehat dan bergizi juga penting untuk orang yang sehat. 

“Dengan menjaga pola makan, kita terhindar dari kelebihan atau kekurangan zat gizi pada tubuh,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Ketua tim dosen pengabdi, Andang Rohendi, berharap, anggota KFC mendapatkan tambahan wawasan mengenai informasi kandungan gizi pada makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari.

“Penyuluhan ini sebagai upaya mengingatkan kembali manfaat mengetahui informasi kandungan gizi dari makanan yang kita konsumsi,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -