Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Lampu Mobil Redup Sebelah yang Penting Diketahui, Simak Ini!

Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah yang Penting Diketahui, Simak Ini!

Penyebab lampu mobil redup sebelah memang sangat beragam. Jika ini sudah terjadi, maka Anda harus segera mengatasinya segera mungkin.

Pasalnya lampu redup ini bisa membuat kita tidak nyaman selama berkendara.

Terlebih jika berkendara di malam hari, sehingga penggunanya tidak dapat melihat jalanan dengan jelas. Oleh karena itu, sebelum mengatasinya maka Anda harus tahu sebenarnya apa saja penyebab lampu ini bisa redup sebelah.

Baca Juga: Penyebab Mobil Tidak Bisa di Spooring Hingga Waktu yang Tepat

Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah, Apa Saja?

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa lampu mobil sendiri merupakan salah satu bagian yang cukup penting. Bagaimana tidak, tanpa adanya sebuah lampu, maka para pengguna akan merasa kesulitan untuk berkendara di malam hari.

Selain itu, penyebab lampu redup juga sangat penting untuk Anda ketahui agar terhindar dari berbagai macam bahaya. Baik itu seperti membahayakan kendaraan lain maupun kecelakaan di jalanan sendiri.

Ketika Anda berkendara di malam hari dan tidak begitu jelas melihat jalan, maka penyebabnya karena lampu tersebut bermasalah. Indikator kerusakan ini dapat terdeteksi dengan kondisi lampu yang mulai redup.

Sekring Mengalami Masalah

Penyebab lampu mobil redup sebelah adalah karena bagian sekringnya sudah mengalami masalah, bahkan sampai putus. Padahal sekring ini berfungsi untuk pengaman ketika terjadi arus berlebih saat terjadi konsleting pada jalur kabel.

Misalnya seperti ada jalur kabel yang sudah terkelupas, soket mulai kendor, atau mungkin kabel yang lepas. Sebab sekring ini berkaitan erat dengan mobil, sehingga jika sekring sudah putus maka bisa menyebabkan lampu redup.

Baca Juga: Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Saat Jalan, Wajib Diperhatikan

Kusamnya Reflektor

Selain kabel maupun soket, kerusakan seringkali terjadi pada bagian reflektor lampu. Pada dasarnya reflektor ini berguna agar pancaran dari lampu dapat menyebar dan memanjang.

Penyebab lampu mobil redup sebelah ini terjadi apabila pantulan yang dihasilkan buruk. Reflektor lampu ini kemungkinan kotor, sebab lain misalnya seperti karat ataupun adanya kotoran.

Relay Mobil Mati

Setiap kendaraan roda empat pastinya memiliki komponen relay pada bagian sistem kelistrikan yakni saklar elektrik. Sehingga rusaknya relay mobil ini bisa saja menjadi penyebab mengapa lampu mobil bisa mulai redup.

Ketika switch tidak bekerja, tidak hanya lampu saja yang redup, melainkan juga bisa langsung mati. Sehingga jangan hanya mengecek kondisi kabel maupun soket saja, melainkan juga cek relay mobil.

Baca Juga: Suara Gemuruh pada Kaki-Kaki Mobil, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebabnya, kini saatnya Anda untuk segera memperbaikinya. Karena jika Anda biarkan secara terus menerus, maka kemungkinan besar bisa membuat lampu menjadi mati.

Pertama, Anda bisa memperbaiki ataupun mengganti sekring serta mengganti relay mobil Anda. Sementara itu kabel yang sudah terkelupas, maka Anda bisa menggantinya agar kembali normal.

Beberapa penyebab lampu mobil redup sebelah sudah Anda ketahui, kini saatnya juga Anda harus pandai untuk mengatasinya. Namun jika tidak bisa melakukannya, maka bisa membawanya ke tukang bengkel. (R10/HR-Online)