Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Mual Saat Puasa Jangan Anggap Remeh, Hindari Segera!

Penyebab Mual Saat Puasa Jangan Anggap Remeh, Hindari Segera!

Penyebab mual saat puasa sebenarnya bermacam-macam. Seperti yang kita tahu, mual merupakan salah satu keluhan yang sering kita jumpai saat menjalankan puasa.

Baca Juga: Perut Kembung Saat Puasa, Cegah dengan Beberapa Tips Mudah!

Rasa mual yang terjadi saat puasa tidak bisa kita anggap remeh. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan selama menjalankan puasa.

Bahkan kondisi tersebut dapat mengancam kelangsungan ibadah puasa.

Pasalnya, rasa mual yang tidak segera kita atasi dapat mengakibatkan muntah. Sedangkan muntah yang disengaja dapat membatalkan puasa itu sendiri.

Mengetahui Penyebab Mual Saat Puasa

Sebagian besar masyarakat tentu pernah merasakan mual saat berpuasa. Sebenarnya, kondisi ini merupakan respon alamiah dari jaringan perut yang sedang beradaptasi dengan perubahan pola makan.

Masing-masing individu memiliki penyebab rasa mual yang berbeda-beda. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa alasan yang menyebabkan perut terasa mual saat berpuasa, antara lain:

Kurangnya Konsumsi Air Putih

Pada saat sahur, sebaiknya kita memperbanyak minum air putih supaya tubuh tetap bugar. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi pada siang hari.

Baca Juga: Cara Menjaga Cairan Tubuh Saat Puasa, Tetap Terhidrasi dan Fit!

Perlu Anda ketahui bahwa saat tubuh kekurangan cairan saat berpuasa, maka area perut pada bagian bawah akan mengalami tekanan berulah dan akhirnya menimbulkan rasa mual.

Makan Malam Berlebihan

Penyebab rasa mual saat puasa selanjutnya adalah makan malam secara berlebihan. Termasuk saat sahur serta berbuka.

Sebagai informasi, lambung memerlukan jeda waktu untuk mencerna makanan dengan lancar.

Terlebih saat bulan puasa, kita hanya boleh makan pada saat malam hari.

Maka dengan waktu yang cukup singkat tersebut, jika kita makan dengan berlebihan baik saat berbuka ataupun sahur, dapat menyebabkan timbulnya rasa mual dari dalam perut.

Langsung Tidur Setelah Makan

Bergegas tidur setelah makan sahur ternyata juga menjadi salah satu penyebab mual saat puasa.

Ini karena saat sahur seseorang akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah tidak sedikit. Hal tersebut untuk mencukupi kebutuhan akan energi selama puasa.

Namun, jika setelah sahur Anda langsung tidur dan tidak memberikan ruang dengan baik untuk semua makanan agar dapat dicerna, maka asam lambung pun akan naik dan akan menyebabkan mual.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Hal ini juga dapat menyebabkan mual pada saat puasa. Kafein sendiri telah terbukti tidak baik dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong.

Hal ini karena zat kafein dapat membuat tubuh dehidrasi.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa, Tubuh Bugar Puasa Lebih Lancar

Sehingga tubuh akan menjadi lebih lelah ketika beraktivitas karena sering merasa haus. Jika sudah demikian, asam lambung pun akan naik secara otomatis dan akan menimbulkan rasa mual.

Agar ibadah puasa Anda dapat berjalan lancar penting untuk menjaga kesehatan perut. Hindari berbagai penyebab mual saat puasa dengan mengonsumsi makanan sehat, penuhi kebutuhan cairan, serta tidak makan secara berlebihan. (R10/HR-Online)