Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Telinga Berdengung Membuat Tidak Nyaman, Apa Saja?

Penyebab Telinga Berdengung Membuat Tidak Nyaman, Apa Saja?

Penyebab telinga berdengung adakah hubungannya dengan seseorang yang membicarakan hal-hal buruk tentang kita? Ternyata pernyataan tersebut tidaklah benar adanya.

Telinga berdengung ternyata dapat terjadi karena beberapa alasan medis.

Telinga berdengung adalah suatu kondisi medis yang sering disebut dengan istilah “Tinnitus”. Kondisi ini dapat terjadi ketika suara tidak normal terdengar atau seseorang rasakan dari dalam telinga.

Saat ini terjadi, maka kondisi tersebut dapat menyebabkan sensasi seperti bising atau berdengung.

Baca Juga: Penyebab Telinga Terasa Gatal, Kenali dan Jangan Disepelekan!

Beberapa Penyebab Telinga Berdengung

Telinga berdengung atau Tinnitus adalah salah satu tanda dari masalah kesehatan. Hampir sebagian besar orang pernah mengalami hal ini.

Saat telinga berdengung akan terasa sangat menyebalkan serta membuat perasaan tidak nyaman.

Telinga berdengung pada umumnya terjadi dalam waktu yang singkat, mulai dari beberapa detik hingga beberapa menit. Kondisi ini dapat terjadi secara mendadak serta tidak terduga pada saat melakukan tertentu.

Berikut ini beberapa penyebab dari telinga berdengung antara lain:

Terlalu Banyak Kotoran di Telinga

Telinga berdengung ternyata dapat terjadi karena terdapat banyaknya kotoran di telinga. Penumpukan kotoran di telinga atau banyak yang menyebutnya dengan “serumen” dapat menghalangi pendengarna Anda serta membuat telinga menjadi berdengung.

Setelah telinga selesai Anda bersihkan maka suara dengung pada telinga pun akan hilang.

Baca Juga: Penyebab Jerawat Muncul di Telinga dan Cara Mengatasinya

Adanya Suara yang Terlalu Keras

Penyebab telinga berdengung selanjutnya adalah terdengar suara yang terlalu keras.

Pada umumnya, telinga orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan peralatan serta perlengkapan yang menghasilkan suara berisik seperti gergaji listrik sangat berisiko untuk berdengung.

Selain itu, Anda yang terbiasa mendengarkan musik dengan suara ekstra keras juga dapat menyebabkan telinga menjadi berdengung. Sebaiknya atur volume musik dari maksimal menjadi setengah. Bisa juga dengan menggunakan pelindung pada pendengaran Anda.

Penyakit Meniere

Penyakit meniere juga dapat menjadi penyebab terjadinya Tinnitus. Ini merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena kelainan pada telinga bagian dalam.

Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala mulai dari pusing, tekanan pada telinga, hingga telinga berdengung.

Penyebab dari Meniere sendiri dapat terjadi karena kelebihan cairan pada bagian dalam telinga, cedera kepala, alergi, hingga infeksi virus. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada tim medis untuk mengatasi ini.

Baca Juga: Telinga Kemasukan Air dan Cara Mudah Mengeluarkannya

Efek Samping Obat

Terdapat beberapa jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan telinga berdengung. Hal ini terjadi karena tinggi dosis obat yang penderita minum semakin tinggi, sehingga telinga berdengung menjadi lebih buruk.

Faktor lain yang dapat menjadi penyebab telinga berdengung adalah karena faktor usia. Dengan bertambahnya usia, fungsi tubuh seseorang akan mengalami penurunan sehingga rentan terhadap gangguan kesehatan.

Dalam hal ini masalah pendengaran sangat rentan terjadi yang dapat ditandai dengan beberapa gejala salah satunya telinga berdengung. (R10/HR-Online)

- Advertisment -