Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbaikan Atap Rumah dengan Rincian Tepat Agar Hemat Budget 

Perbaikan Atap Rumah dengan Rincian Tepat Agar Hemat Budget 

Perbaikan atap rumah memang tidak bisa dianggap sepele. Agar biaya tidak terlalu besar sebaiknya gunakan tips yang tepat. Sehingga perbaikan akan lebih cepat dan tentunya ramah di kantong.

Melakukan perbaikan atau renovasi memang sering terjadi untuk menjaga kondisi bangunan tetap dalam keadaan baik. Ada banyak bagian bangunan yang bisa Anda renovasi, termasuk atap rumah.

Baca Juga: Cara Menata Foto di Ruang Tamu untuk Kesan Estetik Berbeda

Atap memiliki peran penting dalam sebuah bangunan. Ketika kondisinya sudah buruk atau bermasalah sebaiknya untuk segera melakukan perbaikan.

Hal ini memang perlu Anda lakukan jika kondisi bagian atap sudah rapuh, rembes, bahkan mengalami kebocoran. Pentingnya melakukan perbaikan pada bagian atap karena bagian tersebut memiliki peran yang cukup penting.

Jika kondisi atap kokoh dan baik maka mampu menciptakan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya. Mengingat perannya yang cukup penting, maka ada biaya yang harus dipersiapkan saat perbaikan.

Ada beberapa biaya yang harus Anda keluarkan ketika melakukan perbaikan atap rumah. Sebaiknya Anda lakukan tips renovasi yang tepat agar tidak menguras kantong.

Tips Menghitung Biaya Perbaikan Atap Rumah

Atap rumah yang sudah rapuh akan membuat pemiliknya kurang nyaman. Apalagi jika musim hujan tiba. Bisa saja terjadi kebocoran yang mengakibatkan masalah baru.

Sebaiknya ketika terjadi hal seperti ini, Anda segera melakukan perbaikan. Namun sebelumnya cek dulu berapa perkiraan rincian pengeluaran biaya yang Anda butuhkan.

Perbaikan ini dengan tujuan membuat bagian tersebut kembali kokoh dan mampu melindungi bagian bangunan di bawahnya. Sebenarnya biaya untuk melakukan perbaikan memang tidak murah.

Baca Juga: Model Lantai Batu Sikat Hadir dengan Beragam Motif Unik dan Estetik

Sehingga perlu Anda perhitungkan dengan matang. Selain berpengaruh pada jenis materialnya, biaya juga akan berpengaruh pada ukuran.

Agar anggaran biaya perbaikan atap tidak menguras kantong, bisa simak tips berikut ini.

Rangka Atap Kayu

Perbaikan atap rumah bisa Anda sesuaikan dengan jenis material yang digunakan. Jika Anda memilih material kayu dan ukuran atap sebesar 4×8 meter persegi, setidaknya membutuhkan 3 kuda-kuda.

Kuda-kuda tersebut diterapkan pada bagian pinggir dan tengah atap. Kuda-kuda bisa dianggar dengan dana sebesar Rp 4 juta.

Selain itu, Anda juga membutuhkan bagian reng dan kaso dengan anggaran biaya kurang lebih Rp 3 juta. Anda bisa memperkirakan anggaran biaya yang harus siapkan sesuai dengan ukuran bangunan itu sendiri.

Rangka Baja Ringan

Setiap perbaikan atap rumah dengan material yang berbeda tentu biayanya juga tidak sama. Anda bisa memilih alternatif lain selain kayu yaitu penggunaan baja ringan sebagai alas untuk pemasangan genteng.

Untuk harganya sendiri memang berbeda dengan jenis lainnya. Jika memiliki ukuran rumah 4×8 meter persegi, kurang lebih biaya yang harus anda persiapkan sekitar Rp 5-7 juta.

Semua tergantung dari harga baja ringan yang terjual per meter. Kemudian untuk harga bahan bangunan memang selalu mengalami perubahan.

Biaya Pemasangan

Jika tidak bisa melakukan perbaikan atap rumah sendiri tentu membutuhkan jasa yang harus Anda bayar. Untuk memasang atap bahan kayu biasanya membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu.

Sedangkan untuk rangka baja ringan memang terbilang cukup mudah dan prosesnya cepat. Hal ini perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: Teras Carport Minimalis Menggantikan Fungsi Garasi di Lahan Sempit

Sebaiknya memilih jasa profesional yang bisa membantu perbaikan dengan cepat dan tepat. Dengan memilih jasa profesional bisa mengurangi biaya pengeluaran Anda. Hal ini karena prosesnya lebih cepat.

Material Atap Rumah

Saat ini, kemajuan zaman juga mempengaruhi akan kebutuhan material pembangunan. Hal ini terbukti dari munculnya berbagai material yang kini baru dan terbilang cukup praktis.

Salah satunya untuk pemilihan perbaikan atap rumah yang cukup bervariasi. Anda bisa memilih sendiri material atap mulai dari genteng, asbes, dan masih banyak yang lainnya.

Sebenarnya pemilihan atap memang mempengaruhi kondisi di bawahnya. Pastikan Anda menyesuaikan dengan bagian rangka.

Anda bisa gunakan genteng beton atau tanah liat yang memiliki kualitas bagus.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memilih menggunakan genteng tanah liat. Hal ini karena genteng tanah liat memiliki harga lebih murah dibanding genteng beton.

Sedangkan untuk asbes bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki dana terbatas. Meski cara pemasangannya yang relatif mudah, namun ada efek samping yang bisa Anda dapatkan.

Asbes mengandung karbon yang mudah mengelupas. Meski demikian Anda bisa memilih sesuai dengan perbaikan atap rumah itu sendiri. Pastikan untuk melakukan rincian anggaran sebelum melakukan perbaikan. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -