Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita NasionalPertalite BBM Bersubsidi, Pertamina Imbau Warga Mampu Pakai Pertamax

Pertalite BBM Bersubsidi, Pertamina Imbau Warga Mampu Pakai Pertamax

Berita Nasional (harapanrakyat.com),- Pertalite adalah BBM bersubsidi, oleh karena itu Pertamina mengimbau kepada warga mampu supaya menggunakan pertamax untuk bahan bakar kendaraannya.

Hal tersebut dikatakan disampaikan PT Pertamina, dengan alasan jika memakai pertamax maka warga mampu tidak akan membebani APBN, Minggu (03/04/2022).

Pasalnya, bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite adalah penugasan sebenarnya yang memang memiliki kuota. Namun PT Pertamina sendiri tidak membatasi terkait penggunaan BBM tersebut.

Pihak PT Pertamina juga menjelaskan, karena BBM jenis Pertalite ini merupakan penugasan, sehingga anggarannya pun bersumber dari APBN.

Jadi kalau kalangan warga mampu tidak ikut menikmati subsidi BBM dengan menggunakan bahan bakar pertalite, tentu saja hal itu tidak akan menjadi beban APBN.

Walaupun ada penyesuaian harga BBM nonsubsidi untuk jenis pertamax atau gasoline RON 92 jadi Rp12.500 per liternya. Harga sebelumnya sebesar Rp 9.000 per liter.

Meski begitu, PT Pertamina memberi jaminan bahwa stok untuk semua jenis bahan bakar minyak tersedia dengan jumlah aman.

Baca Juga : Budi Youyastri Soroti BBM Jenis Premium tidak Ada di Pangandaran

Ketersediaan Pertalite BBM Bersubsidi

Ketersediaan stok pertalite maupun pertamax series di Terminal BBM atau fuel terminal PT Pertamina, khususnya wilayah Jawa Tengah dan DIY cukup bagus. Yaitu bisa bertahan 11,5 hari jika tidak ada lagi penambahan suplai ke fuel terminal.

Namun, angka tersebut baru angka yang ada pada fuel terminal. Jadi belum termasuk kapal yang tengah mengantarkan BBM dan kilang.

Setiap periodik atau hari selalu saja ada penambahan suplai BBM ke fuel terminal. Tetapi jika fuel terminal mendapat suplai dari pipa BBM atau kapal, maka stoknya pun akan bertambah. Karena memang setiap harinya ada saja pengiriman dari fuel terminal ke SPBU.

Untuk mendistribusikan BBM ke SPBU masing-masing tentunya sesuai dengan permintaan dari masing-masing pihak pengelola SPBU.

Pertamina pun berharap dengan harga baru untuk BBM jenis pertamax ini, masyarakat yang mampu tetap memilih menggunakan BBM nonsubsidi karena lebih berkualitas.

PT Pertamina juga mengklaim bahwa harga baru BBM jenis pertamax masih tetap bisa terjangkau, terutama bagi masyarakat mampu.

Selain itu, PT Pertamina pun mengajak masyarakat agar lebih hemat ketika menggunakan BBM tersebut sesuai dengan kebutuhan sehari-harinya. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -