Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruPerut Kembung Saat Puasa, Cegah dengan Beberapa Tips Mudah!

Perut Kembung Saat Puasa, Cegah dengan Beberapa Tips Mudah!

Perut kembung saat puasa dapat terjadi karena beberapa hal. Meskipun demikian tidak perlu khawatir, hal tersebut dapat Anda cegah atau atasi dengan beberapa tips praktis.

Perut kembung ketika menjalankan ibadah puasa pada umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang tidak tetap.

Gejala awal yang sering terjadi adalah sering bersendawa, sering buang angin, hingga rasa bergejolak di dalam perut.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa, Tubuh Bugar Puasa Lebih Lancar

Tips Atasi Perut Kembung Saat Puasa

Ketika menjalankan ibadah puasa, terkadang terdapat beberapa keluhan yang berhubungan dengan kesehatan. Salah satunya adalah mengenai perut kembung.

Kondisi ini terjadi pada saat perut terasa begah dan penuh, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Agar perut tidak kembung saat puasa, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan antara lain:

Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Salah satu penyebab terjadinya perut kembung adalah terbatasnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Maka untuk mengatasi hal tersebut, Anda menerapkan cara 2 4 2. Ini adalah minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas air putih saat malam hari, serta 2 gelas saat sahur.

Hindari Makanan Terlalu Banyak Garam

Makan makanan mengandung garam atau terlalu asin juga dapat menjadi penyebab perut kembung, terutama pada saat menjalankan puasa. Pasalnya garam yang terkandung dalam makanan tersebut dapat membuat tubuh Anda mengalami retensi air.

Di mana tubuh akan menahan air, sehingga perut terasa begah dan penuh. Perut kembung tidak selalu karena terdapat banyak gas di dalam perut, akan tetapi juga karena banyak air.

Baca Juga: Pantangan Makanan saat Sakit Maag Bagi yang Mau Berpuasa

Hindari Minuman dan Makanan Mengandung Gas

Tips mengatasi perut kembung saat puasa lainnya adalah dengan menghindari makanan serta minuman yang banyak mengandung gas, baik saat berbuka atau sahur.

Makanan dan minuman yang mengandung gas tinggi seperti kubis, kopi, soda, cumi, dan lain sebagainya.

Kelola Stress

Ternyata stress juga dapat memicu terjadinya perut kembung saat menjalankan puasa.

Pasalnya, saat seseorang sedang mengalami stress, maka proses pernapasan akan menjadi kacau. Sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukkan gas di perut.

Olahraga Ringan

Olahraga dapat menjaga sistem pencernaan dalam kondisi yang lebih baik. Dengan menjalankan olahraga ringan seperti jalan kaki, dapat membuat otot perut menjadi lebih rileks.

Berjalan setelah makan dapat membantu mendorong sistem pencernaan dalam memindahkan makanan dengan lancar.

Baca Juga: Olahraga Santai Saat Berpuasa Agar Badan Tetap Sehat

Batasi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Selama menjalankan puasa, utamakan mengonsumsi makanan segar baik saat sahur atau berbuka puasa. Meskipun mudah dan cepat dalam memasak, akan tetapi makanan cepat saji mempunyai kandungan garam yang lebih tinggi.

Sodium yang terdapat pada makanan cepat saji dapat mengikat garam yang terdapat dalam perut. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya perut kembung.

Tips mengatasi perut kembung saat puasa yang mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang adalah makan secara perlahan. Padahal ini merupakan cara ampuh mengatasi perut kembung.

Saat Anda makan tergesa-gesa, makanan yang masuk tidak akan halus. Hal ini membuat kerja lambung menjadi berat dan produksi gas pun akan meningkat. (R10/HR-Online)