Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruRancangan Rumah yang Hemat Energi, Begini Tips Tepat Membangunnya

Rancangan Rumah yang Hemat Energi, Begini Tips Tepat Membangunnya

Rancangan rumah yang hemat energi bisa dengan mudah Anda ciptakan. Apalagi kini sudah banyak cara yang bisa membantu Anda untuk mewujudkannya.

Saat ini pertumbuhan penduduk masyarakat Indonesia semakin bertambah. Dengan adanya hal ini, tentu kebutuhan tempat tinggal juga mengalami lonjakan tinggi.

Apalagi di area perkotaan yang semakin padat penduduknya. Pembuatan konsep rumah juga berpengaruh pada lingkungan.

Baca Juga: Keramik Lantai Dapur Kasar, Desain Menarik dengan Banyak Pilihan

Bahkan adanya desain rumah kaca memberikan efek buruk terhadap peningkatan suhu bumi.

Jika sudah terjadi hal seperti ini mengakibatkan pemborosan energi. Dengan adanya masalah ini, muncul solusi dengan adanya konsep rumah hemat energi.

Dengan adanya konsep ini membantu mengurangi adanya pemanasan global. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan rancangan rumah yang hemat energi saat ini. Sehingga mampu meningkatkan rasa nyaman bagi setiap anggota keluarga.

Tips Membuat Rancangan Rumah yang Hemat Energi

Mendesain rumah sesuai kebutuhan mungkin sudah biasa. Namun jika merancang rumah yang hemat energi apakah cukup mudah?

Hemat energi memiliki arti jika rumah yang dibangun memiliki tujuan memanfaatkan sumber daya lingkungan sekitar.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan hunian hemat energi berkelanjutan. Selain memakai material khusus, rancangan untuk membuatnya ramah lingkungan juga perlu diperhatikan.

Selain sirkulasi udara yang baik, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam menciptakan rumah hemat energi.

Gunakan Plafon Minimalis

Rancangan rumah yang hemat energi tidak bisa sembarangan. Anda bisa menciptakan rumah yang nyaman dengan menggunakan desain plafon minimalis. Rumah dengan plafon tinggi justru akan lebih banyak energi.

Untuk itu, jika plafon semakin rendah tentunya semakin hemat energi. Sebaiknya pilih ukuran tinggi plafon ideal hemat energi yaitu tinggi 2,8 m- 3,5m. Sebaiknya tentukan desain dan tinggi plafon sesuai kondisi lingkungan.

Pasang Penutup Jendela

Jendela menjadi salah satu cara untuk membuat tempat tinggal lebih hemat energi. Anda bisa meletakkan pada area yang strategis. Tujuannya yaitu untuk memaksimalkan pencahayaan alami yang dapat masuk ke dalam rumah.

Baca Juga: Warna Cat Tembok Aesthetic Cocok untuk Ruangan Rumah Anda

Anda bisa memilih penutup jendela dengan tirai atau gorden yang bisa membedakan dengan rancangan rumah yang hemat energi. Rumah dengan banyak jendela mengurangi penggunaan lampu saat siang hari.

Sehingga, secara otomatis akan menghemat energi. Bahkan jendela juga membuat sirkulasi udara dapat masuk, sehingga ruangan lebih sejuk. Anda tidak lagi membutuhkan pendingin ruangan.

Atap Berwarna Cerah

Tips lain untuk membuat rumah hemat energi yaitu dari segi atap. Sebaiknya hindari penggunaan batu bata ekspos dan atap berwarna gelap yang mampu menyerap panas.

Sebaiknya pilih atap berwarna terang misalnya putih yang dengan mudah memantulkan cahaya. Apalagi dikombinasikan bersama ventilasi yang baik.

Anda akan lebih mudah mendapatkan rancangan rumah yang hemat energi dan sehat.

Ciptakan Area Hijau

Memiliki tempat tinggal yang sehat dan adem mungkin akan memberikan tingkat kenyamanan yang baik. Sebaiknya buat taman dengan pepohonan dan rumput hijau pada area rumah.

Anda bisa membuat taman hijau baik di bagian depan, samping, bahkan belakang rumah. Hindari penanaman pohon yang tinggi di mana akan menghalangi cahaya masuk ke rumah.

Baca Juga: Desain Tangga Putar Besi Bikin Rumah Tampil Lebih Aesthetic

Pilih jenis tanaman yang mudah dirawat dan bisa memberikan kesan natural sebagai rancangan rumah yang hemat energi.

Pakai Kaca Toned, Atap Lebar, dan Skylight

Rancangan rumah yang hemat energi selanjutnya yaitu penggunaan kaca. Mengingat iklim di Indonesia cenderung hangat membuat pemilihan kaca akan berpengaruh.

Atap yang besar, penggunaan secondary skin, dan adanya kanopi jendela dapat menghalangi sinar matahari masuk untuk meningkatkan efisiensi untuk rumah Anda.

Selain itu, penggunaan atap skylight dapat membantu Anda lebih hemat energi. Bahkan jendela yang terpasang pada skylight membantu udara mudah masuk ke dalam rumah.

Memaksimalkan Sinar Matahari Masuk Rumah

Pemanfaatan sinar matahari yang tepat dapat menghemat energi. Selain memakai panel surya, Anda juga bisa mengatur ruangan dalam rumah. Misal ruang keluarga atau ruang tamu untuk mendapatkan pencahayaan alami yang lebih optimal.

Letakkan kursi dan sofa dekat area jendela, sehingga pencahayaan akan membantu Anda saat beraktivitas. Pastikan pemilihan desain interior dan dekorasi tepat pada rancangan rumah yang hemat energi. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -