Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita BisnisSaham Net Buy Asing, IHSG Semakin Menguat

Saham Net Buy Asing, IHSG Semakin Menguat

Saham net buy asing merupakan pembelian bersih atau akumulasi saham. Biasanya, net buy asing ini menjadi salah satu patokan yang sering digunakan oleh broker, trader saham, dan analis untuk melihat kekuatan buy atau pembelian suatu saham.

Net buy memiliki kaitan yang erat dengan net sell yakni, penjualan bersih atau distribusi. Umumnya, bila kita bandingkan dengan net buy domestik, net buy asing ini lebih unggul.

Pasalnya di pasar saham kita, sebagian besar saham-saham yang memiliki prospek bagus, likuid, serta memiliki kinerja bagus umumnya dimiliki oleh sekuritas asing.

Dengan kata lain, jika sekuritas asing tengah melakukan pembelian saham secara besar-besaran, maka harga saham tersebut bisa turut mengalami kenaikan.

Begitu pula sebaliknya, jika sekuritas asing tidak sedang melakukan pembelian besar-besaran, maka memungkinkan harga saham turun.

Baca Juga: PPN Transaksi Saham Naik Jadi 11% Per 1 April 2022, Apa Pengaruhnya?

Saham Net Buy Asing Terbesar

Sejak Selasa, 29 Maret 2022 lalu, tercatat net but dari investor asing mencapai Rp 1,1 triliun. Pada perdagangan Rabu, 30 Maret 2022 yang mencapai angka sebesar Rp 594,99 miliar dan hal ini masih berlanjut.

Perlu untuk kita tahu, sejak awal tahun para investor memang lebih cenderung membukukan net buy. Tercatat, net buy asing di bursa sudah mencapai angka Rp 31,25 triliun.

Tentu saja bukan nominal yang kecil. Apalagi jika kita menilik dari kondisi ekonomi Indonesia yang saat ini masih dalam tahap pemulihan.

Tingkat inflasi masih terjaga, sehingga Bank Indonesia tidak terlalu tergesa-gesa untuk menaikkan tingkat suku bunga yang menjadi acuannya.

Nyatanya, hal ini menjadi hal yang positif dan mendorong sejumlah investor asing untuk kembali membeli saham-saham unggulan.

Melihat dari pergerakan IHSG, aksi beli saham oleh investor asing ini juga menjadi hal yang positif. Saat ini investor asing condong untuk membeli saham-saham penggerak indeks, terutama yang memiliki kapasitas besar.

Posisi IHSG yang semakin kuat ini, tak lepas dari saham-saham big caps yang terus tercantum dalam net buy oleh asing.

Baca Juga: Jenis Penjatahan Saham yang Ada di Dalam IPO, Apa Fungsinya?

Saham-Saham dengan Net Buy Asing Terbesar

Sejumlah saham yang ada di Indonesia telah memiliki net buy yang besar. Tentunya hal tersebut menjadi kabar baik bagi investor untuk mulai melirik peluang ini.

Berikut ini beberapa di antaranya saham dengan pembelian bersih terbesar. Pertama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Rp 147,10 miliar).

Kemudian PT Vale Indonesia Tbk (Rp 66,97 miliar), PT Astra International Tbk (Rp 59,80 miliar), PT Adaro Energy Tbk (Rp 44,99 miliar), dan PT Timah Tbk (Rp 44,80 miliar).

Baca Juga: Karakteristik Saham Preferen Memberi Keuntungan Bagi Investor

Saham yang habis terjual secara besar-besaran hanya dalam waktu seminggu. Kemudian masuk dalam saham net buy, maka saham tersebut biasanya memiliki potensi yang baik.

Tentunya ini dapat menjadi pertimbangan sebelum berinvestasi. Sehingga mempunyai pertimbangan tepat sebelum memutuskan untuk membeli saham net buy asing dan net sell-nya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -