Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruSaksikan Bulan Purnama April Minggu Ini, Jangan Sampai Terlewatkan!

Saksikan Bulan Purnama April Minggu Ini, Jangan Sampai Terlewatkan!

Jangan lupa saksikan Bulan Purnama April 2022 yang dikenal dengan sebutan Pink Moon (Bulan Merah) dalam minggu ini. Bulan purnama tersebut akan jatuh tanggal 17 April mendatang.

Meskipun mendapat julukan Bulan Merah atau Pink Moon, tetapi bulan purnama yang bakal muncul itu warnanya tidak benar-benar merah muda.

Penamaan Bulan Purnama sudah populer sejak beberapa dekade terakhir ini oleh Farmers Almanac dari Amerika Serikat.

Bahkan, penamaan Bulan Purnama yang selama ini dipakai oleh almanak mengklaim mempunyai asal-usul kuno dari sejumlah suku asli Amerika Serikat.

Pemberian julukan tersebut karena phlox atau jenis bunga liar yang biasanya akan mengalami mekar sekitar waktu Amerika Utara.

Bunga liar tersebut berwarna merah muda sampai ungu sesuai dengan namanya. Hal ini merupakan fenomena Bulan Purnama yang pertama setelah terjadinya titik balik pada musim semi Utara. Fenomena ini terkenal dengan nama Bulan Purnama Paskah.

Baca Juga : Bulan Purnama Cold Moon, Peristiwa Bulan yang Bisa Terlihat di Indonesia

Julukan Bulan Purnama April

Farmers Almanac menyebutkan, terkadang suku-suku asli asal Amerika menjuluki Bulan Purnama April ini sebagai Moon When the Streams Are Again Navigable, dan Breaking Ice Moon.

Bisa juga Moon of the Red Grass Appearing, Budding Moon of Plants and Shrubs, Moon When the Ducks Come Back, Frog Moon, Moon When the Geese Lay Eggs, serta Sucker Moon.

Meski demikian, semua nama itu sama sekali tak ada hubungannya dengan kemunculan Bulan Purnama.

Saksikan Bulan Purnama April 2022. Melansir dari CNET pada Jumat (15/04/2022), apabila Bulan Purnama betul-betul memiliki warna merah muda atau Pink Moon. Itu merupakan pertanda buruk lantaran asap maupun partikel lain yang ada di udara.

Ketika terjadi Bulan Purnama, maka Bulan akan terlihat warnanya sedikit oranye. Fenomena Bulan Purnama ini bisa Anda temukan dalam konstelasi Virgo. Posisinya dari Bumi akan berada pada jarak 370 ribu kilometer. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

Artikel ini sudah tayang di suara.com dengan judul “Jangan Terlewat! Saksikan Pink Moon Minggu Ini”