Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Salat Witir Setelah Tahajud, Disaksikan Oleh Para Malaikat

Keutamaan Salat Witir Setelah Tahajud, Disaksikan Oleh Para Malaikat

Keutamaan salat witir setelah tahajud sangat luar biasa. Rasulullah SAW selalu mengerjakan salat witir.

Salat witir merupakan salah satu salat sunnah yang bisa kita kerjakan malam hari setelah mengerjakan salat sunnah lainnya. Salat sunnah ini selalu memiliki jumlah rakaat ganjil.

Biasanya, kita mengerjakannya setelah salat tahajud atau salat malam. Hukum dari salat sunnah ini adalah sunnah muakkad.

Baca juga: Niat Sholat Tarawih, Bacaan dan Tata Caranya yang Benar

Artinya, sunnah yang sangat dianjurkan atau lebih utamanya kita kerjakan. Saat bulan Ramadan, salat witir biasanya kita kerjakan setelah usai salat tarawih.

Mengingat sebagai amalan yang Rasulullah SAW anjurkan, tentunya menjadi panduan seluruh umat muslim untuk senantiasa mengengrjakannya.

3 Keutamaan Salat Witir Setelah Tahajud

Tak hanya mengerjakannya setelah salat tahajud saja. Bentang waktu salat witir dari setelah salat isya sampai terbit fajar. Sebab itulah, salat witir termasuk dalam qiyamul lail.

Menurut hadits riwayat Ahmad, Rasulullah SAW mengerjakan salat witir saat awal malam.

Namun, terkadang juga saat pertengahan malam. Tak jarang pula mengerjakannya saat akhir malam.

Akan tetapi, Rasulullah SAW paling sering mengerjakan salat witir saat akhir malam. Mengerjakan salat witir saat permulaan malam, bila kita khawatir tidak bisa bangun pada akhir malam.

Bila kita bisa bangun pada akhir malam, maka hukumnya sunnah mengerjakan salat witir tersebut. Meskipun demikian, mengerjakan salat witir pada akhir malam atau usai salat tahajud lebih utama.

Lalu, apa saja keutamaan salat witir setelah tahajud? Untuk menambah pemahaman kita terhadap agama Allah SWT, berikut ini adalah pemaparan selengkapnya.

1. Mendapatkan Kasih Sayang Allah

Salah satu keutamaannya adalah mendapatkan kasih sayang Allah. Mengingat salat witir ini berjumlah ganjil, umumnya kita mengerjakannya sebanyak tiga rakaat.

Baca juga: Doa Setelah Witir Tarawih Lengkap Beserta Artinya

Salat witir merupakan salah satu amalan yang Allah sukai. Pasalnya, sesuatu yang ganjil atau witir, Allah SWT menyukainya.

Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW bersabda, Allah itu ganjil dan Allah menyukai orang-orang yang mengerjakan salat witir. Salat witir sangat dianjurkan terutama bagi para ahli Al Quran.

Ahli Al Quran ini merupakan umat muslim yang hafal Al Quran dan memiliki komitmen untuk selalu mengamalkannya dan berdakwah.

2. Para Malaikat Menyaksikannya

Keutamaan salat witir setelah tahajud lainnya yakni disaksikan oleh para malaikat. Para malaikat akan menyaksikannya dan berdoa bagi orang-orang yang mengerjakan salat witir.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, siapa saja yang memiliki kekhawatiran tidak dapat bangun saat akhir malam, hendaknya mengerjakan salat witir pada awal malam.

Namun, siapa yang bisa bangun saat akhir malam, hendaknya mengerjakan salat witir pada akhir malam. Salat witir yang kita kerjakan pada akhir malam disaksikan oleh para malaikat. Hal tersebut lebih utama atau afdhal.

3. Sebagai Penyempurna Salat Malam

Keutamaan lainnya yakni salat witir sebagai penyempurna setelah tahajud atau salat malam. Salat witir ini menjadi salat penutup dari salat malam.

Selain itu, salat sunnah ini juga menjadi penutup salat tarawih. Hal ini sesuai dengan hadist riwayat Bukhari Muslim yakni untuk menjadikan shalat kita saat malam hari dengan mengerjakan salat witir.

Tata Cara Salat Witir

Agar keutamaan salat witir setelah tahajud ini benar-benar kita rasakan, tentunya mengerjakannya dengan tata cara yang benar. Saat mengerjakan salat witir, kita boleh dengan dua rakaat-dua rakaat kemudian mengakhirinya dengan satu rakaat.

Masing-masing dengan satu tasyahud serta sebanyak satu kali salam. Mengerjakan salat sunnah ini dengan tiga rakaat atau lebih dengan satu kali salam, maka boleh dua tasyahud satu kali salam.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Tarawih Banyak Manfaat dan Menambahkan Pahala

Selain itu, juga boleh dengan satu tasyahud saat rakaat terakhir saja. Surat yang kita baca saat mengerjakan shalat witir adalah Al-Fatihah, kemudian membaca salah satu surat Al Quran lainnya. Kita bisa membaca surat yang paling kita sukai atau paling hafal.

Namun, bila mengerjakan salat witir dengan tiga rakaat, maka ada ketentuan bacaan suratnya. Rakaat pertama Anda membaca surat Al-A’la dan rakaat kedua membaca Al-Kafirun. Selanjutnya rakaat yang ketiga membaca Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Keutamaan salat witir setelah tahajud beserta dengan tata cara dan bacaannya wajib Anda ketahui. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan kita untuk mengamalkannya. (R10/HR-Online)