Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruTabung Minyak Rem Motor, Jangan Asal Pasang, Begini Cara Tepatnya

Tabung Minyak Rem Motor, Jangan Asal Pasang, Begini Cara Tepatnya

Tabung minyak rem motor memiliki peran yang cukup penting. Karena alasan ini Anda perlu tahu bagaimana cara memasangnya sendiri dengan tepat.

Mengganti minyak rem sepeda motor menjadi hal yang cukup mudah dilakukan. Meski dianggap sepele, minyak rem menjadi komponen yang penting pada sepeda motor.

Salah satu komponen penting dalam minyak rem yaitu bagian tabungnya. Sebenarnya hampir semua komponen motor bisa berisiko mengalami kerusakan. Seperti halnya bagian tabung minyak rem.

Komponen tersebut perlu Anda ganti jika kondisinya sudah tidak layak. Namun ada juga pemilik sepeda motor yang justru menggantinya dengan alasan modifikasi.

Baca juga: Cara Memperbaiki Starter Motor dengan Mengetahui Penyebab Berikut Ini!

Sebenarnya hal ini wajar saja. Namun sebelum melakukannya, ada baiknya jika Anda tahu bagaimana cara memasang tabung minyak rem motor variasi sendiri dengan tepat.

Tips Pasang Tabung Minyak Rem Motor Variasi

Saat ini melakukan modifikasi sepeda motor bukanlah hal yang aneh. Bahkan sudah banyak sekali, terutama kaum muda milenial yang melakukannya.

Modifikasi motor sengaja mereka lakukan dengan berbagai alasan masing-masing. Namun yang paling utama yaitu mampu membuat sepeda motor memiliki tampilan keren dan stylish.

Salah satu yang bisa Anda lakukan yaitu melakukan modifikasi pada bagian tabung minyak rem. Anda bisa memilih tabung minyak rem WR3.

Jenis tabung yang satu ini memiliki tampilan menarik dan pastinya fungsional. Dengan menggunakan tabung aftermarket mampu menciptakan kesan sepeda motor lebih estetik.

Sebenarnya ada banyak varian tabung minyak rem aftermarket. Namun untuk rekomendasi terbaik Anda bisa memilih WR3 Official.

Selain bagian tutup tabung unik, bahannya juga berkualitas yakni dari alumunium CNC.

Bahkan pilihan warnanya juga beragam. Dalam pemasangan tabung ini Anda harus bisa menggunakan tips dan trik yang tepat.

Pasang Baut

Cara pasang tabung minyak rem motor bisa Anda lakukan sendiri. Langkah awal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan pasang baut tabung dengan posisi kencang.

Baca juga: Kampas Rem Motor Asli dan Palsu, Begini Cara Membedakannya

Sebenarnya Anda tinggal memasangnya, sebab untuk kelengkapan komponen sudah ada sejak Anda membeli aksesoris tersebut. Anda bisa cek kelengkapannya.

Setting Posisi Tabung

Selanjutnya setelah baut terpasang dengan tepat, waktunya untuk melakukan setting posisi tabung. Sebaiknya pasang dengan teliti untuk menghubungkan antara selang minyak pada tabung.

Anda bisa gunakan obeng plus untuk mengatur posisi tabung minyak rem motor. Atur posisi dan estetika tabung agar terlihat tidak miring.

Hubungkan Selang Minyak

Cara pemasangannya memang terkesan mudah, bahkan Anda tidak perlu membawanya ke bengkel otomotif. Namun perlu ketelitian yang tepat saat Anda hendak menghubungkan selang minyak rem.

Dengan menggunakan klem, pastikan jika ujung selang terhubung dengan rapat pada bagian tabungnya.

Anda bisa memilih tabung minyak rem aftermarket yang unik dan stylish. Pastikan sesuai dengan modifikasi yang Anda lakukan pada sepeda motor.

Varian Bahan Tabung Minyak Rem

Tabung minyak rem motor hadir dengan pilihan bahan bervariasi. Apalagi kini untuk pilihan tabung aftermarketnya sudah semakin banyak.

Seperti halnya motor sport dibekali stang yang berukuran panjang. Aksesoris pada motor sport yang terpasang pada bagian stang yaitu tabung minyak rem atau biasa disebut dengan brake reservoir.

Sebenarnya di pasaran sudah banyak sekali jenis brake reservoir yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Varian bahannya ada yang dari logam, plastik, dan hasil produk mesin CNC.

Semua itu tergantung pada model pilihan Anda sendiri. Sebaiknya sesuaikan dengan modifikasi sepeda motor.

Saat Anda membeli aksesoris tabung ini boasnya sudah dilengkapi dengan bracket bawaan. Sehingga untuk pemasangannya sendiri tinggal menyesuaikan posisi.

Baca juga: Rem Motor Berbunyi, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Dari sekian banyaknya jenis bahan pembuatan brake reservoir yang cukup mudah pemasangannya yaitu plastik. Tabung minyak rem bahan plastik juga sudah dilengkapi dengan bracket bawaan.

Cara Mengisi Minyak Rem Motor

Cara mengganti minyak rem juga perlu Anda ketahui. Anda cukup siapkan minyak rem yang baru. Kemudian tuang dalam master rem hingga terisi penuh.

Selanjutnya tekan kembali tuas rem pada stang. Langkah terakhir yaitu cek apakah ada tumpahan minyak rem yang harus Anda bersihkan. Pastikan kondisi tabung minyak rem motor dalam kondisi bersih. (R10/HR-Online)

- Advertisment -