Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita BanjarTerinspirasi Acara di Yogya, Pemuda Kota Banjar Ngabuburit dengan Ngaji Bareng

Terinspirasi Acara di Yogya, Pemuda Kota Banjar Ngabuburit dengan Ngaji Bareng

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa, Karang Taruna Sindhuwangi menggelar acara ngabuburit dan ngaji bareng, Minggu (10/4/2022). 

Acara ngabuburit dan dan ngaji bareng tersebut berlangsung di Taman Lansia, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar. 

Baca Juga: Remaja di Banjar yang Hilang Usai Tarawih Sudah Ditemukan, Terbawa Bisikan Gaib?

Ketua Karang Taruna Sindhulawangi, Deni Herdiandi mengatakan, dirinya mendapat inspirasi acara tersebut dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

“Kita terinspirasi dari Yogyakarta, kita melihat bahwa di sana memang gudangnya ide sehingga kita berpikir di Kota Banjar, juga bisa mengadakan acara ngabuburit bersama masyarakat,” kata Deni Herdiandi, Senin (11/4/2022). 

Ia menjelaskan, selain ngabuburit dan mengaji bersama, ada juga penampilan marawis yang dibawakan oleh grup KTSS, Lingkungan Banjar Kolot, Kelurahan Banjar. 

“Acara yang pertama marawis, sholawatan, tawasulan, mengaji, dan terakhir pembagian ratusan takjil,” jelasnya. 

Deni menambahkan, awalnya ia mengagendakan acara tersebut di Taman Kota Lapang Bhakti. Namun berdasarkan permintaan masyarakat agar Taman Lansia dimanfaatkan supaya banyak pengunjung. 

“Kita memang tadinya mau di Taman Kota (Tamkot), cuma melihat antusiasme warga katanya Taman Lansia pengen diramaikan supaya jadi pusat aktivitas juga,” tambahnya. 

Deni menerangkan, acara ngabuburit dan ngaji bareng itu dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu selama bulan suci Ramadan. 

“Kita juga berharap acara ini menjadi agenda rutin tahunan,” terang Deni kepada awak media. 

Sementara itu Lurah Banjar, Budi Kuswandani menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan positif yang diadakan oleh kelompok pemuda tersebut. 

“Saya atas nama pemerintah Kelurahan Banjar, mengucapkan apresiasi kepada lembaga kemasyarakatan Karang Taruna Sindhulawangi,” ujar Budi. 

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan tersebut sangat positif dan memiliki nilai ibadah dengan cara ngaji bareng disamping kegiatan ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa. 

“Di bulan suci Ramadan ini sudah seharusnya kita meningkatkan kualitas ibadah dan keimanan kepada Allah SWT. Supaya mendapat pahala yang berlipat ganda. Mudah-mudahan ini bisa menjadi kegiatan rutin,” pungkasnya. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -