Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita BanjarUsai Vaksin Dosis Pertama, Seorang Pelajar di Banjar Malah Mimisan dan Panas

Usai Vaksin Dosis Pertama, Seorang Pelajar di Banjar Malah Mimisan dan Panas

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Usai disuntik vaksin dosis pertama, seorang anak bernama Ridho Destian Nugroho (13), warga Desa Langensari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, diduga mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). 

Ibu kandung Ridho, Suharti mengatakan, anaknya itu mendapatkan vaksin dosis pertama pada tanggal 12 April 2022 lalu di pelayanan vaksinasi sekitar Alun-alun Langensari. 

Sebelum vaksin, dokter memeriksa Ridho dan menyatakan sehat, sehingga bisa mendapatkan vaksin dosis pertama.

“Setelah vaksin biasa anak salah tarawih dulu. Tapi pas mau sahur badannya kok panas. Saya kira cuma panas biasa gitu, jadi tidak terlalu khawatir,” kata Suharti, Senin (18/4/2022). 

baca juga: Sempat Meresahkan, Satpol PP Kota Banjar Amankan ODGJ Bawa Sajam

Namun setelah hari berganti, anaknya itu tidak kunjung sembuh. Selain badanya yang panas, hidungnya juga mengeluarkan darah. 

“Tadi saya baru bawa ke Puskesmas, khawatir karena badanya sampai sekarang panas. Terus hidungnya juga mimisan, tapi keluar darahnya sedikit-sedikit, kalau nafas itu sesak katanya,” ujar dia. 

Suharti mengaku sebetulnya tidak memberikan izin anaknya untuk disuntik vaksin, namun Ridho memaksa karena sebagai syarat naik kereta. 

“Orang anaknya yang maksa ya gimana lagi. Maksudnya kalau mau ke Jawa Timur nanti pengen naik kereta api. Sedangkan syaratnya harus sudah vaksin,” terangnya. 

Saat ini, setelah diperiksa oleh petugas kesehatan di Puskesmas ia dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Banjar, untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Kadinkes Kota Banjar dr Andi Bastian melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Ika Rika mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari RSUD. 

“Kita masih harus menunggu hasil pemeriksaan karena masih observasi. kita tunggu saja hasilnya,” kata dr. Ika. 

Ika menambahkan, selama vaksin berjalan ini tidak pernah ada temuan kasus KIPI dengan gejala seperti itu. 

“Sejauh ini belum ada KIPI dengan gejala berat, tapi kalau keluhan ringan itu mah akibat reaksi dari vaksin seperti pegal-pegal. Jadi untuk kasus ini kita tunggu hasil pemeriksaan lengkapnya dulu,” pungkasnya. (Sandi/R6/HR-Online)