Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita Banjar3 Hari Lagi Batas Pelunasan Biaya Haji Kemenag Banjar, Belum Lunas Ditangguhkan

3 Hari Lagi Batas Pelunasan Biaya Haji Kemenag Banjar, Belum Lunas Ditangguhkan

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjar, Jawa Barat, menyampaikan batas waktu untuk pelunasan biaya haji 1443 H atau tahun 2022 akan berakhir pada tanggal 20 Mei mendatang.

Kepala Kememag Kota Banjar H. Badruzzaman melalui Kasi Haji dan Umroh H. Endang Syarif Hidayat mengatakan, sisa waktu pelunasan ibadah haji 1443 tinggal menyisakan tiga hari lagi atau sampai 20 Mei mendatang.

Sampai saat ini, dari 89 calon jamaah haji tahun 2020 yang akan diberangkatkan pada tahun 2022 masih terdapat sejumlah jemaah haji yang belum melunasi pembayaran.

Adapun besaran nominal untuk melunasi biaya ibadah haji tersebut, kata H. Endang, yaitu sebesar Rp 39.888.000 per jamaah.

“Batas akhir pelunasan sampai tanggal 20 Mei dan sampai sekarang masih ada 3 jamaah yang belum melunasi pembayaran. Jadi, masih ada waktu sekitar tiga hari lagi,” kata Endang Syarif kepada HR Online, Selasa (17/5/2022).

Lanjutnya, apabila sampai batas waktu yang telah ditentukan tersebut masih terdapat calon jemaah haji yang belum melunasi pembayaran maka keberangkatannya akan ditangguhkan.

Jemaah haji tersebut, lanjut Endang Syarif, tetap akan diikutsertakan sebagai jamaah haji untuk kuota pemberangkatan haji pada tahun berikutnya.

Baca Juga: Biaya Haji Tahun 2022 Jadi Rp 39,8 Juta, Ini Penjelasan Kemenag Banjar

Sedangkan untuk mengisi kuota tersebut nantinya kuota itu akan diambilkan dari daftar kuota cadangan yang telah disiapkan dan sudah melakukan pelunasan pembayaran.

“Ketika tidak ada pelunasan maka akan diambilkan dari kuota cadangan. Teknisnya digantikan oleh nomor urut berikutnya. Jadi, semua sudah dipersiapkan sesuai mekanisme,” jelasnya.

Jumlah Kuota Haji di Kota Banjar

Lebih lanjut ia menambahkan, jumlah kuota jamaah haji yang diterima untuk Kota Banjar pada tahun ini yaitu sebanyak 89 orang dengan kuota cadangan sebanyak 18 orang. Namun untuk kuota cadangan belum tentu berangkat.

Adapun terkait kloter dan jadwal pasti keberangkatan, sampai sejauh ini belum ada informasi lagi. Rencananya akan diinformasikan pada tanggal 23 Mei mendatang.

“Untuk kloter keberangkatan Kota Banjar masih menunggu informasi lebih lanjut. Rencananya akan diinformasikan tanggal 23 Mei setelah pelunasan pembayaran,” ujarnya (Muhlisin/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -