Jumat, Juli 8, 2022
BerandaBerita BanjarAksi Solidaritas PMII Kota Banjar, Penggalangan Dana Untuk PMI

Aksi Solidaritas PMII Kota Banjar, Penggalangan Dana Untuk PMI

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Puluhan aktivis dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Banjar, Jawa Barat, melakukan aksi solidaritas penggalangan dana.

Mereka menggalang dana untuk membantu kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kota Banjar, yang terkendala biaya di Malaysia.

Para aktivis PMII ini melakukan penggalangan donasi kepada pengguna jalan yang melintas, di kawasan Simpang Empat Alun-alun Kota Banjar, Minggu (29/5/2022).

Koordinasi aksi, Suhendra mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk protes kepada pemerintah, atas lambatnya penanganan kasus kepulangan PMI asal Kota Banjar, yang selama ini terkendala biaya.

Baca Juga : Pekerja Migran Asal Banjar Tak Bisa Pulang, Mahasiswa: Pemkot Harusnya Peduli!

Selain itu, mahasiswa juga mengkritisi Pemkot Banjar yang tidak mengalokasikan anggaran untuk penanganan kasus pekerja migran. Sehingga, memperlambat upaya penanganan.

“Aksi solidaritas PMII ini untuk mengkritisi lambatnya penanganan dari pemerintah. Kami menegaskan kepada Pemkot untuk lebih serius dalam menangani kasus ini,” kata Suhendra kepada wartawan. 

Lanjutnya, nantinya hasil penggalangan dana kemanusiaan tersebut akan diserahkan ke Pemkot Banjar, sebagai bentuk protes atas lambatnya penanganan itu.

Baca Juga : Soal Pekerja Migran Asal Kota Banjar Tak Bisa Pulang, Walikota; Pemkot Tak Punya Anggaran

Sementara terkait pekerja migran tersebut masuk kategori non prosedural, menurutnya hal itu tidak seharusnya menjadi kendala pemerintah, untuk memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakatnya.

“Kami meminta pemerintah secepatnya melakukan penanganan. Karena bagaimanapun, pekerja migran tersebut warga Kota Banjar yang harus diperjuangkan oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Ketua PMII Kota Banjar, Awal Muzaki menambahkan, selain melakukan aksi solidaritas penggalangan donasi, rencananya juga akan melanjutkan dengan audiensi dengan Pemkot Banjar.

Audiensi tersebut untuk meminta penjelasan, terkait upaya penanganan yang sedang dilakukan. Selain itu juga menyerahkan hasil penggalangan dana yang dilaksanakan pada hari ini.

”Rencananya besok juga kami akan lanjutkan lagi dengan aksi audiensi ke Pemkot, untuk mendorong penanganan kasus pekerja migran ini,” singkatnya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)