Jumat, Juli 8, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariApi Hanguskan Bangunan Semi Permanen di Banjarsari Ciamis

Api Hanguskan Bangunan Semi Permanen di Banjarsari Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sebuah bangunan atau rumah semi permanen di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ludes terbakar pada Rabu (25/05/2022) malam.

Rumah tersebut milik Sutarjo (69), warga Dusun Cimentek, RT 04/01, Desa Sindangasih Kecamatan Banjarsari.

Kejadian tersebut pun sempat membuat panik warga. Pasalnya waktu kejadian berlangsung tengah malam, saat warga sudah terlelap tidur.

Petugas Damkar Pos WMK Banjarsari, Uju Suparman mengatakan, pihaknya menduga kebakaran tersebut berasal dari tungku yang masih menyisakan bara.

“Kejadiannya tadi malam sekitar pukul 23:30 WIB. Kami pun langsung meluncur ke lokasi kejadian saat mendapatkan laporan adanya kebanyakan,” katanya, Kamis (26/05/2022).

“Adapun dari hasil asesmen kami, sumber api itu diduga kuat dari tungku yang ada di dapur rumah,” imbuhnya.

Menurut Uju, pertama kali yang mengetahui ada api adalah anak pemilik rumah saat hendak buang air kecil. Saat menuju ruang dapur, api telah membara dan membakar sebagian bangunan tersebut.

“Namun lantaran rumah semi permanen, api pun dengan mudah meluluhlantakan bangunan, dan tidak bisa terselamatkan,” terangnya.

Baca Juga : Heroik, Damkar Banjarsari Ciamis Evakuasi Sarang Tawon di Atap Rumah

Lebih lanjut Uju menambahkan, pihaknya bersama relawan Tagana serta unsur Pemerintah Desa Sindangasih, Babinsa dan Babinmas. melakukan evakuasi pemadaman api. Meski bangunan semi permanen tersebut tidak bisa terselamatkan dari kobaran api.

“Sementara untuk keluarga korban, semalam kita ungsikan ke rumah anaknya. Kami terus memadamkan api yang membakar seluruh bangunan rumah,” jelasnya. (Suherman/R5/HR-Online/Editor-Adi)