Selasa, Juni 28, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi e-Kinerja Hadir untuk Mengukur Kinerja dan Kedisiplinan ASN

Aplikasi e-Kinerja Hadir untuk Mengukur Kinerja dan Kedisiplinan ASN

Aplikasi e-Kinerja dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kinerja, kedisiplinan serta pengoptimalan sistem absensi berbasis elektronik.

Hal ini tentunya dapat menghindarkan adanya kecurangan atau manipulasi data yang berhubungan dengan kehadiran para pegawai. Aplikasi ini menawarkan serangkaian modul lengkap yang mampu mengorganisir data pegawai.

Baca Juga: Aplikasi Surat Lamaran Kerja Terbaik Android, Dapatkan Hasil CV Menarik!

Mengenal Manfaat Aplikasi e-Kinerja

Dengan perkembangan teknologi digital yang cukup pesat saat ini, maka seluruh sektor saat ini memerlukan berbagai informasi yang dapat diterima serta dibagikan secara lebih mudah dan cepat.

Melalui teknologi yang ada dapat memberikan solusi terpadu terhadap setiap masalah yang banyak sektor alami . Baik individu, lembaga, perusahaan hingga pihak pemerintahan.

Namun adaptasi teknologi yang ada di dalam pemerintahan dianggap kurang berkembang dengan baik. Sehingga penanganan aparat terhadap pelayanan serta pekerjaan sedikit lamban.

Selain lambannya adaptasi teknologi, hal yang berpengaruh terhadap etos kerja para pegawai adalah belum optimalnya penanganan kedisiplinan serta kehadiran para pegawai. Ini mengakibatkan judgement yang kurang baik dari masyarakat.

Oleh sebab itu, saat ini kabupaten atau Kota memanfaatkan teknologi informasi lewat pengembangan sistem perhitungan kinerja basis aplikasi dengan baik. Saat ini DTC menciptakan sebuah aplikasi yang hadir dengan e-Kinerja. Ini adalah aplikasi yang memiliki sistem informasi kinerja kepegawaian.

Baca Juga: Aplikasi E-Perfomance untuk ASN Resmi Hadir, Simak Cara Kerjanya

Mekanisme Elektronik Kinerja (e-Kinerja)

Tujuan adanya sistem aplikasi Elektronik Kinerja pemerintah atau yang disebut dengan e-Kinerja ini  adalah untuk mempermudah proses pengelolaan kinerja ASN yang ada dalam sebuah Instansi / Satuan Kerja yang secara terperinci.

Mulai dari absen kehadiran secara elektronik yang wajib para pegawai laksanakan. Dengan menggunakan sistem aplikasi ini maka rekap jumlah kehadiran keseluruhan ASN dapat mereka peroleh secara elektronik.

Elektronik Kinerja juga dapat membuat rekap kumulatif ketidakhadiran dari seluruh ASN dengan lebih cepat. Sesuai kebutuhan mulai dari tiap bulan, tiap triwulan, tiap semester, hingga tiap tahun secara elektronik.

Aplikasi e-Kinerja dapat mempermudah entry data para ASN dalam pembuatan laporan kinerja ASN dan pimpinan. Bahkan aplikasi ini juga dapat memberikan kemudahan dalam melakukan penilaian prestasi kerja para ASN secara elektronik dalam setiap tahunnya.

Dengan hadirnya aplikasi e-Kinerja pegawai tidak ada alasan untuk bermalas-malasan. Sistem yang ketat pada aplikasi tersebut dapat menjadikan pemberian upah pegawai sesuai dengan kinerja mereka masing-masing.

Baca Juga: Aplikasi Ketik 10 Jari Cepat dan Mahir, Untuk Hasil Kerja Lebih Efisien

Dampak Hadirnya e-Kinerja

Dengan menerapkan Elektronik Kinerja, maka kantor dinas akan memperoleh keseluruhan informasi yang mereka butuhkan untuk meminimalkan risiko adanya kecurangan absensi.

Selain itu, ASN atau Aparatur Sipil Negara akan lebih efektif dan efisien dalam bersinergi dengan semua pihak yang berkaitan. Dengan begitu, pekerjaan harus mereka lakukan dengan lebih produktif sehingga tercipta ekosistem serta etos kerja pegawai yang baik.

Aplikasi e-Kinerja juga bisa berdampak pada pengambilan keputusan tentang pemberian tunjangan prestasi karyawan. Jika awalnya pemberian tunjangan dengan asas equal maka saat ini menjadi equal job for equal pay. (R10/HR-Online)

- Advertisment -