Senin, Mei 16, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Google Earth untuk Gambaran Lokasi, Ini Cara Menggunakannya

Aplikasi Google Earth untuk Gambaran Lokasi, Ini Cara Menggunakannya

Aplikasi Google Earth merupakan salah satu pengembangan dari Google yang memungkinkan pengguna melihat seluruh dunia melalui gambar.

Secara khusus Google Earth ini dengan teknologi grafis 3D yang cukup fantastis menggunakan sambungan internet. 

Hadirnya Google Earth ini menunjukkan bagian lain dari pengguna, baik rumahnya sendiri maupun tujuan yang ingin mereka kunjungi.

Menariknya, pengguna dapat merubah perspektif peta apabila mereka merubah sudut pandang lebih realistis. Seolah semua nyata dan sesuai dengan aslinya.

Baca Juga: Aplikasi Google Duo Hadir untuk Melakukan Video Call Grup, Ini Caranya!

Cara Menggunakan Aplikasi Google Earth Android

Pada dasarnya Google Earth ini menunjukkan jalan dan juga nama jalan dalam setiap lokasi. Selain itu pengguna dapat menggunakan programnya untuk peta jalan dan merencanakan perjalanan dengan akurat.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Simak langkah berikut ini. 

Membuka Google Earth

Langkah pertama adalah buka Google Earth melalui Android. Bagi mereka yang menggunakan komputer dapat masuk melalui google.com/earth/.

Sedangkan yang melalui aplikasi bisa langsung membukanya. Klik telusuri dan pengguna dapat melihat gambaran dunia. Lakukan klik atau menyeret gambar untuk menelusurinya. 

Penentuan Lokasi dan Tampilan 3D

Selanjutnya pengguna mengaktifkan garis kisi untuk mengetahui titik koordinat geografis serta perkiraan pengguna di manapun berada.

Mengingat semua lokasi di Google Earth ini tidak semua tampil dalam gambar 3D, pengguna dapat menampilkannya melalui klik menu dan pilih gaya peta. Setelah itu aktifkan bangunan 3D. 

Baca Juga: Aplikasi Google Stack Pemindai Dokumen Terbaru, Ini Informasinya

Muatan Gambar

Sampai akhirnya pengguna melakukan proses pemuatan gambar. Karena Google Earth sendiri membutuhkan proses atau waktu yang cukup lama dalam menampilkan lokasi secara menyeluruh.

Terdapat cara paling praktis untuk mengetahui seberapa banyak gambar yang aplikasi bisa muat. 

Caranya dengan memilih menu kemudian setelan dan pilih ukuran cache memori. Cara tersebut mempercepat proses pemuatan gambar, sehingga aplikasi dapat berfungsi dengan cepat sebagaimana mestinya. 

Jika Android milik Anda mengijinkan, maka pengguna dapat melihat gambar 3D dengan menunjukkan tempat simbolis dari kota-kota penting.

Dengan Aplikasi Google Earth ini tidak hanya lokasi rumah saja yang bisa Anda lihat. Namun juga daftar restoran dan tempat-tempat tertentu akan terlihat. 

Google Earth ini menjadi aplikasi yang cukup esensial yang prosesnya normal terpasang pada setiap perangkat. Tentunya memungkinkan setiap orang bepergian ke bagian lainnya dari dunia tanpa harus meninggalkan rumah.  

Baca Juga: Aplikasi Google Workspace Siap Menunjang Aktivitas WFH Saat Pandemi

Semua orang dapat menjelajahi dunia dengan citra satelit serta medan 3D dari semua globe dan bangunan di seluruh dunia. Sebagai contoh untuk mencobanya, Anda bisa menggunakan Google Earth dengan zoom rumah Anda dan lihat perspektif 360 derajat dengan street view.

Sehingga pengguna dapat memvisualisasikan peta dan cerita agar lebih nyata melalui seluler mereka. Aplikasi Google Earth memaksimalkan pengguna dalam mengetahui lokasi secara 3D.  (R10/HR-Online)

- Advertisment -