Kamis, Juli 7, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi MIS Mobile Siap Dukung Peminatan Sains dan Teknologi

Aplikasi MIS Mobile Siap Dukung Peminatan Sains dan Teknologi

Aplikasi MIS Mobile adalah salah satu bentuk inovasi media pembelajaran digital dengan berbasis aplikasi Android. Aplikasi ini hadir untuk menunjang belajar mengajar khususnya dalam program peminatan Sains dan Teknologi SMP Musasi.

Selanjutnya, MSI Mobile dapat dimanfaatkan untuk seluruh siswa kelas Program Peminatan Saintek SMP Musasi. Baik untuk kelas VII, VII, dan kelas IX.

Di dalamnya terdapat berbagai fitur pembelajaran interaktif. Mulai dari pembelajaran MIPA yang sangat fleksibel untuk pemenuhan kebutuhan selama pembelajaran berlangsung.

Baca Juga: Aplikasi Allo Aps Resmi Meluncur, Hadirkan Berbagai Fungsi Menarik!

Mengenal Keunggulan Aplikasi MIS Mobile

Media pembelajaran menjadi salah satu komponen penting selama proses belajar dan mengajar yang harus dipersiapkan. Jika selama pandemi Covid-19 lalu memaksa para guru untuk mentransfer media pembelajaran dalam bentuk digital.

Sehingga banyak webinar yang terselenggara secara khusus dalam membantu para tenaga pengajar untuk membuat dan menghadirkan pembelajaran dalam bentuk daring.

Dalam hal ini Musasi Islamic Science Mobile atau yang populer dengan sebutan MIS Mobile resmi hadir. Lalu apa saja keunggulan dari aplikasi MIS Mobile tersebut?

Baca Juga: Aplikasi Google Earth untuk Gambaran Lokasi, Ini Cara Menggunakannya

Keunggulan MIS Mobile

Di dalam aplikasi terdapat berbagai fitur yang cukup lengkap. Seperti LKPD interaktif, praktikum virtual, fitur penugasan siswa, serta video pembelajaran.

Dengan hadirnya fitur-fitur tersebut menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih komprehensif.

Di SMP Musasi terdapat empat program peminatan. Salah satunya adalah Program Sains dan Teknologi yang hadir dalam berbagai program kegiatan.

Selanjutnya, dalam program tersebut mampu mengintegrasikan capaian pembelajaran untuk mata pelajaran IPA, Matematika, hingga mata pelajaran lain yang berhubungan dengan kegiatan proyek saintek.

Salah satu contohnya adalah platform learning management system (LSM). Di sisi lain, aplikasi MIS Mobile dapat mengelaborasi seluruh pengajar Program Saintek.

Sehingga mampu secara bersama-sama dalam mengisi konten media pembelajaran yang sesuai dalam Proyek Saintek tersebut.

Keunggulan lain yang terdapat dalam MIS Mobile adalah dapat diinstal secara gratis oleh para siswa.

Selain itu juga dapat diakses kapan saja dan di mana saja, baik secara offline dan online. Ukuran aplikasi ini juga cukup ringan yakni hanya 7MB.

Dengan demikian perangkat tidak akan terlalu keberatan saat menginstal aplikasi MIS Mobile.

Menariknya lagi, tampilan fitur juga cukup sederhana dan user friendly. Sehingga sangat memudahkan para pengguna dalam menjalankan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Zello PTT Walkie Talkie Ubah Ponsel Jadi Radio Dua Arah, Simak!

Fitur Bagian MIS Mobile

Di dalam MIS Mobile terdapat tiga bagian fitur menu yang dapat pengguna akses baik secara offline atau online. Pada bagian pertama terdiri dari fitur informasi sekolah.

Ini mencakup profil SMP Musasi yang berisi tentang berbagai visi dan misi sekola, link sosial media, lokasi, juga program unggulan sekolah.

Selain itu, terdapat pula informasi terkait dengan Program Saintek, LMS Sekolah, serta Capaian Pembelajaran Saintek. Untuk bagian kedua berisi tentang materi pembelajaran MIPA yakni Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Sedangkan pada bagian ketiga terdapat fitur video pembelajaran, jadwal pengajar saintek, serta praktikum virtual.

Dengan hadirnya aplikasi MIS Mobile ini, maka harapannya file-file materi atau penugasan siswa dan terkemas secara lebih rapi. Hal ini tentu akan memudahkan para tenaga pengajar dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. (R10/HR-Online)