Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Penyedot Pulsa Diam-Diam, Hapus Segera dari Ponsel!

Aplikasi Penyedot Pulsa Diam-Diam, Hapus Segera dari Ponsel!

Aplikasi penyedot pulsa terkadang jarang disadari para pengguna. Sekitar lebih dari 10 juta ponsel pintar terjangkit malware yang cukup berbahaya. Sebagian besar bermula dari aplikasi Android gratis. Meski bermain secara menyenangkan namun ternyata semua itu menyimpan bahaya mengancam. 

Menurut riset mobile security asal Amerika Serikat melaporkan bahwa terdapat malware yang terselip dalam sebuah aplikasi melalui toko aplikasi Google Play Store dan mengakibatkan pulsa tersedot. 

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Pulsa Tercepat dan Termudah yang Gratis

Daftar Aplikasi Penyedot Pulsa Ponsel

Malware menyusup ponsel dan membombardir pengguna dengan notifikasi bahwa pemilik mendapatkan notifikasi berupa hadiah dan penawaran menarik dari aplikasi. Apabila notifikasi di klik kemudian pengguna dialihkan pada situs web untuk memasukkan nomor HP, pengguna ingin melihat hadiahnya maka terjangkit malware. 

Banyak pengguna yang sering terkecoh dan secara otomatis mengikuti arahan tersebut. Dengan memasukkan nomor handphone maka akan terdaftar pada layanan SMS berlangganan.

Hal inilah yang sering disebut dengan menyedot pulsa secara diam-siam. Bahkan pengguna dapat kehilangan pulsa handphone hingga Rp 500.000 perbulan. 

Sebenarnya pihak dari AS telah melaporkan tindak kejahatan ini ke pihak Google. Sudah ratusan aplikasi Android yang terjangkit Gift Horse dan Playstore menghapusnya. Namun bagi para pengguna yang terlanjur mengunduh aplikasi tersebut maka perlu berhati-hati dan menghapus aplikasi yang sudah terinfeksi dengan cepat. 

Hanya saja, malware tersebut masih berkeliaran dengan bebas. Sehingga pengguna perlu berhati-hati. 

Baca Juga: Aplikasi Jual Pulsa Murah, Solusi Tepat Bisnis Rumahan Menguntungkan

Referensi Aplikasi Tertanam Gift Horse

Sebanyak kurang lebih 200 aplikasi terserang malware dan dapat menyedot pulsa pemilik HP cukup berbahaya. Berikut daftarnya. 

Handy Translator Pro, GPS Location Tracker, Heart Rate and Pulse Tracker,  My Chat Translator, Free Translator Photo, Locker Tool dan  iCare – Find Location. 

Aplikasi penyedot pulsa selanjutnya adalah Fingerprint Changer, Call Recorder Pro, Bus – Metrolis 2021, Racers Car Driver,  Slime Simulator,  Keyboard Themes dan Instant Speech Translation. 

Baca Juga: Aplikasi yang Berbahaya di HP Android, Awas Jangan Sampai Terunduh!

Referensi lainnya seperti Amazing Video Editor,  Heart Rhythm,  Smart Spot Locator,  OFFRoaders – Survive, What’s Me Sticker, Phone Finder by Clapping,  Bus Driving Simulator dan Fingerprint Defender. 

Selanjutnya Lifeel – scan and test, Launcher iOS 15, Safe Lock, CutCut Pro, Idle Gun Tycoon, Chat Translator All Messengers, Hunt Contact dan Scanner App Scan Docs & Notes. 

Aplikasi selanjutnya seperti Horoscope : Fortune, Heart Rate and Meal Tracker,  SnapLens – Photo Translator,  Mine Easy Translator dan Phone Control Block Spam Calls. 

Selain itu jika Anda mengunduh aplikasi ini, maka perlu berhati–hati. Seperti Parallax paper 3D, Qibla Pass Direction, i Connected Tracker, Fitness Point dan  Photo Effect Pro. Sementara itu, aplikasi ini juga perlu Anda hapus, yaitu iTranslator Text & Voice & Photo, Qibla AR Pro, Smart Call Recorder dan GPS Phone Tracker.

Sisi lainnya aplikasi tersebut adalah Daily Horoscope & Life Palmistry. Qibla Compass (Kaaba Locator), Prookie-Cartoon Photo Editor, Qibla Ultimate, Truck – Road Drive Offroad dan Call Recorder iCall. Masih banyak aplikasi penyedot pulsa lainnya yang perlu Anda waspadai. (R10/HR-Online)

- Advertisment -