Kamis, Juli 7, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Switch to Android Milik Google Telah Diluncurkan, Ini Fungsinya!

Aplikasi Switch to Android Milik Google Telah Diluncurkan, Ini Fungsinya!

Aplikasi Switch to Android merupakan aplikasi milik Google yang sudah resmi rilis untuk para pengguna iOS. Google resmi luncurkan aplikasi terbarunya ini ke publik pada hari Senin, 18 April 2022 yang lalu.

Aplikasi ini dibuat oleh Google dengan tujuan untuk memindahkan data para pengguna dari perangkat iPhone menuju ke Android. Google melakukan pengembangan aplikasi ini sebenarnya sejak tahun lalu.

Google mengatakan jika 100 persen pengguna iOS nantinya akan bisa menerima peluncuran aplikasi ini selama beberapa Minggu ke depan.

Sebelum aplikasi ini hadir, pengguna iOS harus menggunakan aplikasi Google Drive versi iOS terlebih dahulu ketika akan memindahkan data dari iPhone ke Android.

Dengan adanya aplikasi terbarunya ini, proses pemindahan data dari iPhone ke Android bisa berjalan dengan lebih cepat dan mudah.

Baca Juga: Aplikasi Allo Aps Resmi Meluncur, Hadirkan Berbagai Fungsi Menarik!

Fungsi Aplikasi Switch to Android

Switch Android fungsinya untuk melakukan pemindahan berbagai macam data. Mulai dari  kotak, foto, video, hingga kalender dari iPhone ke ponsel Android.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa membantu menyambungkan ke iCloud untuk proses memindahkan perpustakaan foto dan video ke Android.

Bahkan, Google juga menawarkan cara menghubungkan perangkat guna memindahkan data seperti walpaper, alarm, musik, audio, log panggilan, hingga pengaturan perangkat.

Google memang sudah merencanakan peluncuran aplikasi untuk memindahkan data ini sejak tahun lalu.

Sebelumnya, Google juga sudah memberi petunjuk mengenai kemampuan pemindahan data dari komputasi ke penyimpanan yang lain. Antara lain dari Facebook dan iCloud ke Google Photos.

Baca Juga: Aplikasi Google Earth untuk Gambaran Lokasi, Ini Cara Menggunakannya

Tak hanya berfungsi untuk memindahkan data saja, aplikasi Switch to Android ini juga memiliki fungsi yang lainnya.

Termasuk cara untuk membatalkan pendaftaran iMessage supaya penggunanya bisa tetap selalu menerima SMS pada perangkat Android yang mereka gunakan.

Bahkan Google juga memastikan, jika selama beberapa bulan ke depan aplikasi tersebut akan menghadirkan lebih banyak tipe data.

Perlu Anda ketahui, Aplikasi Switch to Android ternyata belum bisa Anda gunakan untuk melakukan pemindahan aplikasi dari iPhone ke Android.

Bisa jadi hal ini terjadi karena adanya keterbatasan aplikasi pihak ketiga yang bisa pengguna akses pada perangkatnya.

Kabarnya, beberapa negara sudah tersedia aplikasi ini, termasuk negara Amerika Serikat.

Baca Juga: Cara Masuk Deep Web di Android dengan Mudah, Aman Melalui Aplikasi

Cara Menggunakan Aplikasi Switch to Android

Switch to Android dapat Anda gunakan pada perangkat iPhone setelah terlebih dulu Anda mengunduh tautan link yang tersedia langsung.

Sesudah pengguna mengunduhnya, terlebih dulu aplikasi ini akan melakukan permintaan izin agar data pada iPhone Anda dapat berpindah pada perangkat Android Anda.

Jadi, pengguna iPhone hanya tinggal memindai kode QR yang terdapat pada perangkat Android baru. Ikuti petunjuk yang ada untuk memilih data yang akan Anda pindahkan.

Perlu Anda tahu, terlebih dahulu pengguna harus menonaktifkan aplikasi iMessage atau pesan instan bawaan dari iPhone.

Hanya dengan aplikasi Switch to Android, Anda bisa memindahkan data tanpa harus menggunakan kabel data yang terhubung antara iPhone ke Android. (R10/HR-Online)