Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruBaut Roda Depan Mobil Patah, Jangan Sampai Terjadi, Gunakan Cara Ini

Baut Roda Depan Mobil Patah, Jangan Sampai Terjadi, Gunakan Cara Ini

Baut roda depan mobil patah bisa terjadi kapan saja. Jika hal ini terjadi bisa saja berakibat fatal pada kondisi kendaraan. Bahkan jika baut mobil terlalu kencang juga mengakibatkan masalah buruk.

Salah satunya baut patah yang bisa menimbulkan gangguan keselamatan berkendara. Setiap mobil dilengkapi dengan banyaknya komponen yang memiliki peran penting.

Roda menjadi salah satu komponen yang berperan penting. Bahkan pada bagian tersebut juga terdiri dari banyaknya komponen penyerta lain. Baut menjadi komponen yang ada pada bagian roda.

Fungsinya yang cukup penting membuat Anda harus memperhatikannya secara tepat. Jangan sampai baut roda depan mobil patah akibat Anda kurang memberikan perhatian pada komponen tersebut.

Agar baut tidak patah sebaiknya lepas mur dengan teknik yang tepat. Gunakan teknik menyilang antara mur agar tidak patah. Hal ini perlu Anda lakukan agar tekanan yang mengikat mur terlepas secara merata.

Namun hal krusial yang ada dalam proses ini terjadi pada saat pemasangan. Disarankan bagi Anda untuk memastikan lebih dulu jika pelek ban benar dalam kondisi pas pada tempatnya. Sehingga pelek tidak dalam kondisi miring.

Baca Juga: Ciri Bearing Roda Mobil Rusak Ditandai dengan Beberapa Gejala

Baut Roda Depan Mobil Patah Bisa Bikin Celaka

Mengingat mobil menjadi alat transportasi yang cukup penting, ada baiknya jika Anda selalu merawatnya agar kondisinya dalam keadaan sempurna.

Jika hal ini Anda lakukan tentu membantu sistem keselamatan dalam berkendara jauh lebih besar. Setiap pemilik mobil tentu menginginkan tampilan yang berbeda.

Salah satu yang bisa membuat tampilan mobil semakin mencolok yaitu adanya piranti yang menyempurnakan tampilannya. Mur roda atau pengikat pelek menjadi komponen yang sedang populer dan digandrungi.

Jenis baut apa saja jika pemasangan atau pelepasan tidak tepat, pastinya akan mengalami kerusakan yaitu patah. Kesalahan ini sudah sering terjadi dan mengakibatkan hal yang fatal.

Untuk itu, pastikan Anda melakukan pelepasan dan pemasangan baut dan mur yang tepat. Selain itu, pastikan Anda juga bisa memilih baut yang tepat. Pastikan jenis baut bisa sesuai dengan tipe kendaraan.

Baca Juga: Kampas Rem Mobil Bau Gosong, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Membuka Baut dan Mur Roda Mobil

Baut dan mur pada roda mobil memiliki peran yang cukup penting. Untuk mengencangkan keduanya perlu teknik tersendiri. Sehingga sebagai pemilik kendaraan Anda harus tahu tekniknya.

Jika sampai salah dalam pemasangan justru akan mengakibatkan kerusakan. Salah satunya yaitu baut roda depan mobil patah. Ada teknik khusus yang bisa Anda lakukan, namun paling umum yang harus Anda perhatikan yaitu gunakan kunci sesuai ukuran.

Jika sampai salah ukuran mengakibatkan mur dan baut menjadi dol. Sebaiknya sebelum membukanya semprotkan dulu cairan penetran untuk dapat meluruhkan karat.

Setelah itu, Anda bisa buka baut dengan kunci yang sesuai. Cara ini bisa mengurangi risiko baut roda mobil patah. Anda pun bisa melakukannya sendiri dengan mudah dan peralatan sederhana. 

Baca Juga: Cara Balancing Roda Mobil yang Aman, Ikuti Langkah Mudah Berikut Ini

Cara Memasang Baut dan Mur Roda Mobil

Sedangkan cara untuk memasang kembali baut pada pelek roda yaitu dengan mengulir secara tepat. Setelah terpasang semua, Anda bisa kencangkan semua baut menggunakan kunci roda.

Cara untuk dapat mengencangkannya menggunakan teknik silang. Hal ini bertujuan agar baut roda depan mobil patah tidak terjadi, bahkan bisa mendapatkan kekuatan secara merata.

Bahkan mampu mencegah terjadinya macet pada baut itu sendiri. Gunakan kunci momen atau torque wrench untuk mengencangkan baut.

Jenis Baut Roda Mobil

Pemasangan dan pelepasan baut pada bagian roda mobil harus dilakukan secara tepat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko baut ban mobil depan patah.

Jika kondisinya baut roda depan mobil patah akan mengakibatkan hal buruk pada keselamatan Anda. Baut roda mobil hadir dengan berbagai warna. Namun umumnya memiliki warna gelap kelabu agak kehitaman.

Sebab terbuat dari bahan baja yang kuat dan tidak memuai. Ada juga yang terbuat dari besi biasa memiliki tampilan terlihat mengkilap seperti crom kekuningan.

Tidak hanya beragam jenis dari warna dan bahannya saja, namun dari ukurannya pun tidak sama. Setiap tipe mobil memiliki ukuran yang berbeda.

Misalnya untuk Mobil Toyota, Honda dan Daihatsu memiliki ukuran baut roda 1,5 mm. Sedangkan untuk mobil tipe Suzuki, Subaru dan Nissan menggunakan baut roda berukuran 1,25 mm.

Agar baut roda depan mobil patah bisa Anda hindari pilih jenis yang tepat, termasuk teknik memasang dan melepasnya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -