Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Aktifkan Infrared di Android pada Beberapa Merk HP, Berikut Tipsnya

Cara Aktifkan Infrared di Android pada Beberapa Merk HP, Berikut Tipsnya

Cara aktifkan infrared di Android penting untuk Anda ketahui. Sebab ada beberapa merek smartphone yang untuk mengaktifkannya sedikit berbeda.

Infrared atau sensor inframerah sendiri berfungsi untuk berbagi file, sebut saja seperti berbagi file musik.

Akan tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi, kemudian muncul teknologi berupa Bluetooth dengan kecepatan kirim lebih bagus.

Meski demikian ternyata sensor inframerah ini juga masih memiliki banyak fungsi dan ada pada beberapa produk seperti Vivo, Oppo, Samsung hingga Xiaomi.

Baca Juga: Cara Melihat Jam Tayang Youtube di Android Mudah dan Akurat

Cara Aktifkan Infrared di Android yang Paling Mudah dan Simpel

Saking pentingnya sistem buka kunci wajah, maka banyak dari mereka yang mengintegrasikan sensor inframerah pada bagian depan. Ternyata sensor inframerah pada smartphone ini juga bisa kita gunakan sebagai kamera.

Meski demikian, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengaktifkanya sebelum akhirnya mengetahui keberadaannya.

Namun sebelum memerinci lebih detail tentang sensor tersebut, maka Anda juga harus tahu bagaimana cara kerja hingga tujuannya.

Sebelum tahu bagaimana cara aktifkan infrared di Android, maka sensor inframerah ini didedikasikan guna membuka kunci perangkat. Caranya adalah dengan mengidentifikasikan wajah pengguna dalam situasi yang minim cahaya sekalipun.

Meski demikian juga bisa memungkinkan untuk menggunakannya sebagai pengambilan gambar maupun foto.

Pada intinya, komponen yang satu ini juga akan sangat menguntungkan ketika menggunakan pengenalan wajah.

Cara Mengaktifkan di HP Pocophone F1

Cara aktifkan infrared di Android merk Pocophone F1 ini cukup sederhana, Anda bisa mengikuti beberapa tutorialnya berikut ini.

Untuk langkah yang pertama Anda bisa mengunduh dahulu aplikasi yang bernama MIUI Hidden Settings dari layanan Play Store.

Sebab aplikasi ini akan memungkinan penggunanya agar mengakses beberapa opsi tersembunyi dari perangkat Android. Jika sudah, kemudian langkah selanjutnya adalah pergi ke bagian QMMI antarmuka aplikasi lalu memasukkannya.

Jika sudah sampai di sana, lalu daftar opsi yang bervariasi, lalu ekstensif akan langsung ditampilkan.

Sementara itu yang harus Anda cari yaitu pilihan Kamera Depan, kemudian turunkan saja untuk bisa mendapatkannya.

Apabila opsi sudah Anda tekan, apa yang dilihat sensor muncul, maka memungkinkan Anda untuk mengambil foto atau gambar.

Setelah mencapai semuanya, Anda bisa melihat bahwa foto yang Anda ambil dengan inframerah tak akan tersimpan dalam galeri.

Baca Juga: Cara Update Android 12 yang Paling Mudah, Simak Beberapa Tutorialnya!

Cara Mengaktifkan di HP Samsung A32

Cara aktifkan infrared di Android Samsung A32 ini penting Anda ketahui juga, sebab keberadaannya sangat berguna untuk segala aktivitas.

Jika Anda lupa meletakkan remot TV, maka Anda dapat menjadikan HP tersebut sebagai remote TV hingga AC sekalipun.

Sementara itu, untuk menggunakan IR Blaster Samsung A32 tanpa tambahan aplikasi pihak ketiga ini sebenarnya sangat mudah. Meski demikian, Anda harus mengecek terlebih dahulu melalui Pengaturan dengan beberapa langkah berikut ini.

Untuk cara yang pertama Anda bisa masuk ke menu Pengaturan, kemudian carilah opsi bernama “Add Remote”. Jika sudah, selanjutnya Anda bisa memilih barang yang akan Anda setel, misalnya seperti DVD, TC, AC, hingga Kamera maupun PlayStation.

Langkah berikutnya langsung ambil saja remote IR pilihan Anda, kemudian tahan tombol dayanya sembari menghadapkannya ke arah sensor IR. Jika tidak berhasil, maka Anda bisa menambahkan Google Chromecast.

Baca Juga: Cara Memotong Video di Android Tanpa Maupun dengan Aplikasi

Apa Fungsi dari IR?

Setelah mengetahui dua cara aktifkan infrared di Android tadi, kini saatnya anda harus mengetahui lebih dalam tentang fungsi IR.

Pada dasarnya ada banyak sekali manfaat dari sensor IR ini, mengingat ada banyak perangkat elektronik yang masih menggunakannya.

Biasanya yang paling umum infrared di Android seperti ini banyak digunakan sebagai remote control. Itu artinya para pengguna bisa kontrol berbagai macam perangkat elektronik yang menggunakan sensor IR dengan ponsel.

Sehingga apabila HP yang Anda gunakan memiliki sensor inframerah, maka dapat mengontrol alat elektronik lain seperti smart TV dari ponsel.

Meski demikian, tidak semua HP Android juga sudah lengkap dengan infrared, sehingga harus mengetahui bagaimana cara mengeceknya. Nah, untuk mengeceknya maka Anda bisa memanfaatkan kode dial, sebab ini bisa membuka menu rahasia ponsel Android.

Beberapa cara aktifkan infrared di Android sebenarnya sangat mudah, semua bisa langsung Anda praktekkan sendiri. (R10/HR-Online)