Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Balancing Roda Mobil yang Aman, Ikuti Langkah Mudah Berikut Ini

Cara Balancing Roda Mobil yang Aman, Ikuti Langkah Mudah Berikut Ini

Cara balancing roda mobil wajib diketahui bagi Anda yang ingin menjaga kestabilan komponen ban. Bahkan ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan sendiri tanpa membawanya ke bengkel.

Mobil saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan modern. Hal ini akan membantu Anda membuat berkendara jauh lebih aman dan nyaman.

Mobil terdiri dari komponen yang bersifat saling berkesinambungan. Sehingga peran dari setiap komponen berbeda, namun memiliki tujuan yang sama.

Tidak hanya bagian mesin atau interior mobil saja yang memiliki peran penting. Namun ban mobil juga memegang peran penting.

Ban mobil yang aus juga akan menimbulkan masalah, salah satunya roda bergetar. Karena alasan inilah mengapa cara balancing roda mobil menjadi cukup penting.

Sebelumnya Anda melakukan cara tersebut sebaiknya mengenal lebih dalam apa itu istilah dari balancing.

Baca Juga: Fungsi Rotasi Ban Mobil, Agar Keempat Roda Aus Secara Merata

Definisi dan Cara Balancing Roda Mobil

Mungkin untuk pemilik mobil sudah sering mendengar dengan istilah balancing. Agar lebih jelas sebaiknya cari tahu dulu apakah arti sebenarnya dari balancing.

Balancing menjadi salah satu istilah yang sering digunakan ketika melakukan perawatan mobil. Kegiatan ini dilakukan, agar roda bisa lebih seimbang dan bobot roda bisa lebih merata.

Tujuannya untuk membuat roda dapat berputar secara seimbang pada porosnya dengan stabil. Saat kondisi roda tidak seimbang akibatnya kendaraan menjadi kurang nyaman.

Roda tidak berputar dengan balance yang mengakibatkan mobil bergetar saat dikendarai. Roda yang tidak bekerja dengan baik akan membantu proses keausan tidak merata pada ban.

Setelah Anda tahu pengertian dari balancing mobil, cari tahu juga bagaimana cara untuk melakukannya. Berikut ini ada beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan ketika melakukan balancing.

Siapkan Peralatan

Cara balancing roda mobil yang pertama yaitu dengan menyiapkan peralatannya terlebih dulu. Adapun perlengkapan yang perlu Anda siapkan untuk mempermudah balancing yaitu:

  • Pemberat
  • Mesin wheel balancer
  • Alat Ukur
  • Timbal, dan
  • Penggaris

Setelah peralatan siap barulah Anda bisa melakukan langkah selanjutnya. Lakukan proses dengan urut dan menjalankannya secara teliti dan aman.

Baca Juga: Cara Membuka Baut Mobil yang Keras Menggunakan Beberapa Metode

Kendorkan Mur Roda

Setelah menyiapkan peralatan, langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu mengendurkan mur pada bagian ban. Cara balancing ban mobil yang satu ini bisa menggunakan kunci roda atau ring.

Selanjutnya dongkrak mobil agar proses pelepasan ban menjadi lebih mudah. Jika ban sudah terlepas, singkirkan mur terlebih dulu hingga proses balancing selesai.

Bersihkan Bagian Velg Mobil

Langkah selanjutnya sebagai cara balancing roda mobil yaitu membersihkan bagian velgnya. Ada baiknya bersihkan bagian tersebut dari noda dan kotoran. Pastikan juga tekanan ban sesuai standar.

Hal ini bertujuan agar tekanan ban tidak berlebihan. Sebab jika berlebihan akan menimbulkan hal buruk. Anda bisa gunakan wheel balancer untuk melakukan pengecekan tekanan.

Nyalakan wheel balancer dan atur angka yang ada pada papan. Cari tahu berapa tekanan ban standar yang Anda butuhkan.

Usahakan tekanan ban tidak terlalu berlebihan. Jika kondisi ini terjadi mengakibatkan ban kurang balance.

Atur Angka pada Wheel Balance

Langkah selanjutnya sebagai cara balancing roda mobil yaitu dalam menggunakan wheel balancer harus tepat. Pastikan mengatur angka yang berada pada bagian kiri dengan menarik ruas ke roda.

Anda bisa mengubah angkanya dengan cara menekan tombol a+ atau a-, dan kode-kode yang menunjukkan lebar dan diameter velg, Anda bisa mengatur angkanya yang berada di bagian tengah.

Selanjutnya atur dengan menekan tombol b+ atau b- dan gunakan width measuring gauge. Selanjutnya atur angka ke tombol c+ atau c-.

Baca Juga: Balancing Roda Mobil Meningkatkan Kenyamanan Berkendara

Tutuplah Penutup Ban

Tutup bagian penutup ban dan biarkan mesin bekerja. Buka penutup ban dan baca hasil yang telah keluar.

Ambil bobot balancer, pasang roda, dan sesuaikan dengan angka yang ada pada bagian mesin.

Putar roda hingga menunjukkan satu garis lurus. Dengan cara ini menandakan jika tekanan ban telah balancing.

Lihat hasilnya secara teliti. Pastikan cara ini menunjukkan hasil yang bagus.

Jika sudah, Anda bisa tutup kembali penutup ban. Tekan tombol start untuk melihat hasilnya.

Tunggu mesin berhenti dan lakukan pengecekan apakah cara balancing roda mobil yang Anda lakukan sudah tepat. (R10/HR-Online)