Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Cek V Belt Motor Matic, Perhatikan untuk Keamanan Berkendara!

Cara Cek V Belt Motor Matic, Perhatikan untuk Keamanan Berkendara!

Cara cek v belt motor matic bisa kita pelajari dan siasati sehingga tidak terjadi kejadian yang kurang mengenakkan ketika berkendara. Komponen yang satu ini memang sangat penting untuk performa motor.

Oleh karena itu, apabila saat ini Anda menggunakan jenis kendaraan matic jangan lupa untuk memperhatikannya.

Komponen ini tidak hanya terdapat pada kendaraan roda dua saja loh, bahkan pada mobil juga menggunakannya.

Selain itu, kita bisa menjaganya dalam waktu yang lama dan menjamin kualitasnya. Tentu saja semakin tepat dalam perawatan kita, akan bisa mendapatkan ketahanan dalam jangka yang lebih panjang.

Sehingga hal seperti ini akan saling memberikan pengaruh. Maka dari itu, jika Anda belum menyadari betapa pentingnya komponen yang satu ini kami akan membahasnya lebih jauh secara khusus.

Baca Juga: CVT Motor Matic Bergetar, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Cara Cek V Belt Motor Matic, Perhatikan Hal Berikut Ini

Anda yang menggunakan motor matic wajib mengetahuinya. Paling tidak ketika terjadi kerusakan, kita memiliki bekal dan referensi mengenai apa yang sebenarnya tengah terjadi pada kendaraan tersebut.

Pastikan jika hal ini sampai terjadi, Anda segera melakukan pengecekan ke bengkel terpercaya.

Jarak Tempuh yang Tertera

Pertama cara paling mudah dan dapat Anda andalkan adalah memperhatikan jarak tempuh yang sudah tertera pada speedometer tersebut.

Biasanya pada kendaraan akan tertera jarak yang menyebutkan sejauh mana kita sudah membawanya berkendara ke sana ke mari.

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan jarak tempuh dalam waktu tertentu tergantung penggunaan. Biasanya dalam jarak paling tidak 15 ribu km kita wajib segera mengganti komponen ini.

Apabila penggunaan kendaraan Anda jarak jauh dan dalam waktu yang cukup intens perlu diperhatikan. Pasalnya, biasanya ketika sudah menjangkau kelipatan 15.000 km, maka komponen ini akan memberikan tanda.

Pada komponen ini akan memiliki ciri retak-retak tidak seperti biasanya. Tentu saja hal seperti ini akan lebih baik jika kita jadikan cara cek v belt motor matic yang paling sederhana.

Baca Juga: CVT Motor Matic, Gejala Kerusakan dan Cara Merawatnya

Rasakan Tarikan Motor Matic

Selanjutnya kita bisa memperhatikan dan merasakan ketika sedang membawanya berkendara. Apakah memang tarikan dari motor tersebut masih aman atau malah sudah terlihat tidak prima lagi.

Biasanya akan terasa bahwa tarikan motor tersebut tampak tidak kuat dan tidak seperti biasanya. Performa menurun seperti ini akan memberikan pengaruh ketika kita membawanya ke medan yang sulit.

Tentu saja akan membuat perjalanan menjadi tidak aman. Akselerasi pada motor tersebut akan terasa cukup ngoyo dan tidak nyaman sama sekali.

Ketika ada sesuatu yang salah seperti ini, jelas bahwa kendaraan memang sedang tidak pada kondisi optimal seperti biasanya. Maka dari itu, jangan sampai Anda melewatkan ciri seperti ini sehingga lupa mengganti v belt.

Cara cek v belt motor matic dengan hal ini cukup mudah. Jangan sampai salah mengenali performa motor Anda, untuk penggunaan jarak jauh dan jangka panjangnya.

Cek Kondisi Fisik V Belt

Tidak kalah mudahnya dengan beberapa ciri lainnya tadi. Kita bisa mencoba memperhatikan pada kondisi fisik komponen yang satu ini.

Karena pada dasarnya bagian ini memiliki kondisi yang retak, ketika sudah tidak berfungsi seperti biasanya.

Maka dari itu, Anda jangan sampai melewatkan hal penting seperti ini sehingga dapat mengenali ciri v belt yang fungsinya tidak optimal lagi.

Ketika sudah mengalami keretakan, hal ini bisa dipastikan jika perlu segera kita ganti. Jika pada kendaraan Anda terjadi hal seperti ini, maka segera bawa ke bengkel dan minta untuk melakukan penggantian.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Akselerasi Motor Matic Agar Semakin Gahar

Coba Tekuk dan Perhatikan

Cara cek v belt motor matic yang bisa untuk Anda coba selanjutnya adalah menekuk bagian tersebut. Apabila masih terlihat baik secara fisik namun sudah muncul tanda pada bagian akselerasi, maka Anda bisa menggantinya.

Tekuk saja bagian tersebut lalu perhatikan dengan seksama. Apabila terjadi keretakan atau muncul tanda yang memperlihatkan kondisinya memburuk berarti memang perlu ada pergantian dengan suku cadang baru.

Cara cek v belt motor matic ini cukup mudah sekali. Maka dari itu Anda perlu melakukannya sendiri ketika muncul ciri khususnya. Sehingga nantinya tidak akan terjadi kasus yang membahayakan ketika kita bawa berkendara, baik jarak dekat atau jauh sekalipun. (R10/HR-Online)

- Advertisment -