Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Dempul Mobil yang Benar Agar Kondisinya Semakin Kinclong

Cara Dempul Mobil yang Benar Agar Kondisinya Semakin Kinclong

Cara dempul mobil yang benar itu bagaimana? Tidak semua orang bisa melakukannya, jika Anda salah satunya, maka harus menyimak artikel ini.

Memang memiliki kendaraan seperti mobil ini merupakan dambaan hampir semua orang.

Selain itu, membeli mobil bekas juga menjadi pilihan bagi beberapa orang karena tergolong lebih terjangkau dan hemat.

Namun seringkali saat membeli mobil second, pasti sering menemukan adanya penyok atau goresan, sehingga harus mengatasinya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Cat di Mobil dengan Dua Langkah Mudah Ini

Cara Dempul Mobil yang Benar dan Paling Mudah, Bagaimana Langkahnya?

Memiliki kendaraan sudah pasti memiliki risiko, seperti saat sedang berkendara mungkin saja bodi mobil mengalami kecelakaan atau goresan. Bahkan ada pula penggunaan yang secara terus menerus sehingga membuat bagian body mobil menjadi keropos.

Oleh karena itu, pengguna atau pemilik mobil juga harus tahu tentang bagaimana cara untuk mendempul mobil tersebut agar lebih tahan lama.

Anda dapat mendempul mobil sendiri dengan memanfaatkan alat serta bahan-bahan seadanya dari rumah saja.

Selain itu, mendempul mobil sendiri juga bisa lebih menghemat uang daripada harus pergi ke bengkel. Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya mobil bisa terlihat lebih kinclong dan bagus lagi.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Sasis Mobil Keropos Secara Mudah dan Penyebabnya

Alat dan Bahan

Sebelum mengetahui bagaimana cara dempul mobil, maka langkah pertama adalah dengan menyiapkan peralatan dan bahan-bahannya.

Pertama siapkan sarung tangan dan masker sebagai perlindungan, kemudian thinner untuk melarutkan zat perekat dan zat pewarna.

Siapkan pula amplas atau kertas untuk meratakan dempul supaya hasilnya bisa mulus dan merata. Selanjutnya siapkan pula lap microfiber maupun kain yang permukaannya halus.

Siapkan pula cat dasar yang terdiri dari cat basic abu-abu dan juga merah.

Terakhir ada jidar, ini adalah alat yang akan membantu proses pendempulan di dalam bidang yang luas dengan desain memanjang dan lurus.

Baca Juga: Cara Cat Bemper Mobil Sendiri di Rumah dengan Teknik Tepat

Tutorial Mendempul

Cara dempul mobil untuk tahap yang pertama pastikan bahwa Anda sudah menggunakan masker dan sarung tangan terlebih dahulu.

Lalu siapkan amplas dan body part fiber dan campurkan zat pewarna serta perekat dengan Thinner dan diamkan selama 25 menit dahulu.

Selanjutnya pendempulan bisa langsung Anda mulai dengan aplikasi campuran dari cat basic dan Thinner terlebih dahulu. Untuk perbandingannya adalah 1:1, kemudian cat pada bagian yang akan Anda dempul.

Jika sudah, oleskan dempul ke bagian yang keropos atau penyok. Lakukan pendempulan ini tipis-tipis namun secara bertahap.

Tunggu sampai dempul itu benar-benar kering baru kemudian amplas menggunakan kertas atau amplas.

Cara dempul mobil akan jauh lebih efektif apabila mesin kendaraan tersebut dalam keadaan dingin. Sehingga mendempul mobil ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengembalikan bodi mobil agar lebih keren dan baru.

Akan tetapi jika Anda tak bisa melakukannya sendiri, maka bisa membawanya ke tukang bengkel saja. (R10/HR-Online)

- Advertisment -