Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Ganti IP Address Android Mudah dan Sederhana Tanpa Aplikasi

Cara Ganti IP Address Android Mudah dan Sederhana Tanpa Aplikasi

Cara ganti IP address Android bisa Anda lakukan tanpa aplikasi. Sehingga HP bisa terkoneksi ke jaringan internet. Mengingat smartphone menjadi salah satu perangkat canggih kini semakin banyak digunakan.

Bahkan teknologi canggih yang satu ini juga sudah hadir dengan berbagai fitur menarik dan modern. IP address menjadi salah satu identitas yang dapat terkoneksi dengan jaringan internet.

Ketika Anda menggunakan internet biasanya tidak akan terhubung pada ponsel baru. Bahkan ketika hendak menggunakan aplikasi kirim pesan juga tidak dapat terkoneksi.

Hal ini bisa terjadi akibat pengaruh dari IP Address. Untuk bisa mengatasinya Anda bisa gunakan cara ganti IP address Android. Bahkan Anda bisa melakukannya tanpa aplikasi.

Baca Juga: Cara Aktifkan Infrared di Android pada Beberapa Merk HP, Berikut Tipsnya

Cara Ganti IP Address Android dengan Metode Tepat

Internet menjadi salah satu cara yang bisa membantu masyarakat dalam mencari berbagai informasi. Namun sayangnya ada beberapa komponen yang tidak bisa tertinggal untuk menyambung ke sumber informasi tersebut.

Salah satu komponen yang tidak dapat tertinggal yaitu IP addres. Sebab IP Addres menjadi bagian penting saat browsing. Komponen yang satu ini juga menjadi perangkat seperti laptop, atau smartphone untuk terhubung dengan internet.

Bahkan IP addres juga menjadi angka yang dimiliki oleh setiap smartphone yang kemudian akan terhubung dengan jaringan internet. IP addres biasanya berfungsi untuk menerima atau mengirim data, sehingga dapat mengakses internet dengan nyaman.

Namun terkadang IP addres juga terbatasi seperti pemblokiran website. Cara yang bisa Anda lakukan ketika terjadi hal seperti ini yaitu dengan mengganti IP addres.

Jika Anda masih bingung dalam mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut ini. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengganti IP Addres di Android.

Baca Juga: Cara Mengubah Font Android Menjadi iPhone dengan Aplikasi ZfontĀ 

Melalui Restart HP

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ketika hendak mengganti IP addres yaitu melalui restart HP. Cara yang satu ini cukup mudah untuk Anda lakukan seperti:

  1. Langkah awal yang bisa Anda lakukan yaitu jangan lupa untuk mencatat IP addres sebelumnya
  2. Selanjutnya lakukan cara dengan merestart HP
  3. Tunggu beberapa menit dan tunggu hingga proses selesai
  4. Bandingkan antara IP addres yang lama dan baru.

Menggantinya Secara Manual

Cara ganti IP address Android selanjutnya juga bisa dilakukan secara manual. Cara ini melalui menu pengaturan yang ada pada perangkat Android.

  1. Masuk menu pengaturan untuk mengganti IP addres
  2. Selanjutnya bisa pilih opsi koneksi dan klik WiFi
  3. Jika WiFi sudah aktif dengan perangkat lain cukup klik dan tahan pada jaringan yang Anda gunakan
  4. Setelah itu, akan muncul jendela baru dan klik kelola pengaturan jaringan
  5. Sebaiknya pilih pengaturan IP
  6. Klik statik untuk mengubah DHCP ke STATIK
  7. Jika semua langkah sudah berhasil dilakukan, silahkan simpan dan tunggu jaringan WiFi reconnect. Jika sudah reconnect IP addres berhasil Anda ganti.

Melalui Mematikan Data

Melalui mematikan data juga bisa menjadi cara ganti IP address Android. Cara ini cukup simpel dan mudah yaitu:

  1. Masuk menu setting dan pastikan data aktif
  2. Selanjutnya biarkan data mati beberapa detik dan nyalakan kembali
  3. Cara ini membantu IP addres secara otomatis terganti.

Baca Juga: Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp di iPhone dan Android dengan Mudah

Menggunakan VPN

Cara ganti IP address Android dengan tujuan mengakses situs tertentu yang terblokir VPN adalah solusi yang tepat. Menggunakan alamat email menjadi lebih mudah daripada mengganti IP addres manual. Pilihan VPN yang berkualitas cukup banyak, adapun beberapa pilihan VPN yang direkomendasikan yaitu:

Tunnel VPN adalah nama tunnelbear dimana aplikasinya cukup menarik dengan berbagai pilihan server gratis. Sehingga dapat diakses melalui aplikasi.

VYPRVPN memiliki tampilan UI yang layak masuk dalam list VPN terbaik. Ada banyak pilihan server meski mengakses yang gratis.

Turbo VPN menjadi aplikasi gratis yang digunakan oleh jutaan pengguna karena memiliki ketertarikan yang baik. Meski gratis, namun tetap menghadirkan fitur lengkap.

Nord VPN menjadi salah satu yang gratis dengan memiliki beberapa pilihan server di beberapa dunia. Bahkan untuk fitur yang ada cukup lengkap.

Mengingat IP addres yang cukup penting, ada baiknya jika Anda mengetahui cara ketika hendak menggantinya. Apalagi cara ganti IP address Android cukup beragam. (R10/HR-Online)