Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Jumper Sinyal HP Android Agar Lebih Stabil, Ikuti Langkah Ini!

Cara Jumper Sinyal HP Android Agar Lebih Stabil, Ikuti Langkah Ini!

Cara jumper sinyal HP Android menjadi solusi ketika Anda mengalami masalah sinyal lemah atau hilang. Masalah sinyal yang tidak stabil sering membuat kita pusing. Terlebih saat membutuhkannya untuk melakukan panggilan yang penting. 

Penyebab utamanya ada dua yaitu kondisi ponsel yang bermasalah atau kualitas sinyal dari operator BTS yang lemah. Jika ponsel memiliki masalah sinyal maka hanya ada dua kemungkinan, masalah perangkat keras maupun perangkat lunak. Untuk itu pengguna Android perlu mengetahui cara tepat mengatasinya. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Sinyal HP Hilang untuk Semua Tipe Android

Terapkan Cara Jumper Sinyal HP Android Paling Tepat

Untuk membantu mengatasi masalah sinyal lemah atau kadang timbul kadang hilang maka ikuti cara jumper sinyal berikut ini. 

Pertama Anda ambil HP Android yang bermasalah sinyal. Kemudian bongkar hingga mesin terpisah dengan bagian penutup atau casing HP-nya.

Setelah terbuka maka langsung fokus pada bagian antena sinyal. Anda lihat terlebih dahulu apabila menggunakan kabel antena sinyal. Setelah itu ukur dengan Multitester dan pastikan semuanya tidak putus dan baik-baik saja. 

Apabila ada tanda-tanda putus maka tinggal ganti saja dengan yang baru. Karena salah satu penyebab sinyal lemah adalah antena yang putus. Namun sebaliknya, jika HP Anda tidak menggunakan kabel antena maka Anda fokus pada kaki Pin Antenna apakah menyambung dengan benar. 

Bersihkan kaki pin antena dengan thinner cat atau penghapus demi menghilangkan karat pada kaki pin antena sinyal. Karena karat tersebut bisa menyebabkan no signal. Selain itu cara tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan jumper. 

Cara jumper sinyal HP Android tersebut adalah dengan mencari port antena sinyal. Lakukan jumper untuk menangani penyebab komponen putus atau rusak sehingga menyambung kembali. 

Baca Juga: Ubah Sinyal 4G Jadi 5G untuk Peroleh Koneksi Lebih Cepat, Ini Caranya!

Langkah Jumper Kabel Antena Android

Metode yang dilakukan adalah perbaikan software dengan sinyal tuning. Namun jika tetap bermasalah maka caranya adalah mengubah komponen antena switch, PA, RF IC, Audio dan lainnya yang berhubungan dengan sinyal lemah. 

Ketika Anda tidak memiliki dana untuk menggantinya dengan yang baru dan ingin memperbaikinya maka Anda bisa lakukan jumper saklar IC antena tanpa harus mengganti PA dengan yang baru. Peralatan yang harus Anda siapkan berupa timah solder, kabel jumper 0,3 m dan flux cairan. 

Lalu lepaskan casing ponsel untuk tetap PCB. Untuk mengatur kabel jumper dihubungkan pada titik-titik tepatnya di IC PA. Jika yang berhubungan dengan PCB atau mainboard melalui dua pointer kontak elastis mengalami kontak yang jelek maka tidak ada sinyal atau sinyal jelek maka perlu memperhatikan saklar antena. 

Inilah satu-satunya cara jumper sinyal HP Android untuk menerima maupun mengirimkan sinyal. Lakukan dengan hati-hati karena penyolderan pin yang rusak akan memunculkan masalah tidak ada network atau transmisi. 

Jika sudah melakukan jumper maka Anda satukan kembali bagian-bagian ponsel seperti semula. Ponsel bisa Anda coba apakah mampu menangkap sinyal dengan baik. Sebenarnya teknik jumper switch antena akan memiliki pengaruh pada kemampuan ponsel dual band menjadi satu band saja yakni 900 MHz. 

Namun untuk menyiasatinya dan tidak ingin kehilangan kemampuan dual band ponsel maka alternatifnya adalah dengan mengubah PA dengan IC baru. Setelah melakukan pengecekan hingga jumper maka Anda bisa melihat kondisi sinyal dengan menghidupkan Android Anda. Pasang kembali dan tidak perlu memasang baut apapun untuk pengunci body. 

Baca juga: Cara Menampilkan Detik Jam di Android Agar Tampilannya Lebih Keren

Cara Mengatasi Sinyal Lemah HP Lainnya

Cara jumper sinyal HP Android ini untuk antisipasi jika masih ada kendala dan mengharuskan Anda memperbaikinya kembali. Jika cara tersebut masih belum dapat mengatasi sinyal hilang maka terdapat kerusakan pada IC PA.

Anda bisa lakukan rehot pada IC menggunakan blower dengan flux banyak dan buka atau pasang kembali. Rapikan kaki-kaki dan pastikan tidak terjadi korosi. Jika perlu Anda bawa saja ke mekanik handphone Android untuk mendapatkan solusi bagaimana jumper yang tepat untuk ponsel Anda. 

Masalah sinyal yang hilang bisa juga karena masalah softwarenya. Solusinya bisa dengan flash ponsel sesuai dengan jenis dan versinya menjadi versi yang terbaru.

Kualitas dari BTS operator yang lemah bisa dari pancaran sinyal BTS yang memang memiliki masalah. Oleh karena itu perlu Anda pastikan dahulu dan menerapkan cara jumper sinyal HP Android sesuai dengan penyebabnya. (R10/HR-Online)