Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Kerja ACG Starter Pada Motor Matik Mengurangi Adanya Hentakan

Cara Kerja ACG Starter Pada Motor Matik Mengurangi Adanya Hentakan

Cara kerja ACG starter salah satu teknologi pada motor Honda. Mengenalkan fitur canggih dengan teknologi masa kini. Saat ini sudah bisa Anda temukan pada kendaraan tipe matik keluaran terbaru.

Mengingat sepeda motor menjadi alat transportasi yang cukup penting kini perusahaan semakin berinovasi. Untuk dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya berbagai perusahaan berhasil mengembangkan adanya teknologi masa kini.

Apalagi sepeda motor sudah hadir dengan berbagai varian tipe. Mulai dari motor bebek, sport, matik, dan tipe yang lainnya. Untuk kepopulerannya jenis sepeda motor yang kini dijadikan pilihan yaitu tipe matik.

Sepeda motor matik hadir dengan berbagai keunggulan, sehingga mampu menarik konsumen dengan cepat. Salah satu fitur canggih dan terbaru yang kini bisa Anda dapatkan yaitu ACG.

Teknologi ACG starter mampu membantu penggunanya lebih mudah untuk mengoperasikan kendaraan. Namun untuk cara kerja ACG starter masih belum banyak yang mengetahuinya.

Karena teknologi ini tergolong baru, ada baiknya jika Anda mengetahui apa sebenarnya yang ditawarkan hingga cara kerjanya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Starter Motor dengan Mengetahui Penyebab Berikut Ini!

Mengenal Cara Kerja ACG Starter

Sepeda notor tipe matik menjadi salah satu kendaraan yang banyak peminatnya. Selain karena kemudahan yang dimiliki, ternyata hadir dengan banyak keunggulan.

Salah satu teknologi terbaru yang kini bisa Anda manfaatkan ketika berkendara motor matik yaitu adanya teknologi ACG starter. Dengan adanya fitur terbaru ini membantu saat starter dilakukan, maka mesin tidak akan ada hentakan dan bunyi pada sepeda motor umumnya.

Teknologi AC starter membantu kinerja mesin lebih halus saat nyala. Adapun salah satu merek sepeda motor yang memiliki teknologi ini yaitu Honda Vario 125 FI.

Cara kerja ACG starter yaitu tidak menggunakan dinamo starter konvensional dan gigi pergerakan. Karena itulah tidak akan ada suara kasar akibat adanya gesekan antar komponen.

Secara garis besar cara kerjanya dengan bantuan alternator. Hanya saja perbedaannya tampak ketika starter Anda gunakan pertama kali, maka putaran magnet yang digunakan untuk menghidupkan mesin.

Prinsip tersebut melalui medan magnet. Sistem ACG semacam 2 in 1 yang berperan untuk starter mesin sekaligus untuk sistem pengisian aki.

Alternator yang ada pada sistem ini memiliki 12 kutub pada fly wheel.

Selain itu, ada 18 kumparan yang memiliki kutub magnet non permanen atau tidak tetap. 18 kumparan tersebut terbagi menjadi 3 bagian yang berbeda.

Saat tombol starter Anda tekan, kemudian arus listrik akan mengalir ke FET circuit di Electronic Control Module (ECM). Sehingga cara kerja ACG starter terjadi saling tolak dan menarik yang membuat flywheel bergerak.

Saat flywheel berputar otomatis kruk as dan piston naik turun menghidupkan mesin. Setelah mesin nyala aliran listrik ke kumparan terputus. Perannya kembali sebagai alternator yang mampu menghasilkan arus listrik untuk tersimpan pada komponen aki.

Baca Juga: Cara Menggunakan Idling Stop yang Benar Sepeda Motor, Ini Prosedurnya

Pengertian ACG Starter

Sebenarnya setelah Anda tahu cara kerja ACG starter ada baiknya mengetahui jelas definisi atau pengertiannya. ACG adalah singkatan dari Alternating Current Generator.

Pengertian ACG yaitu alat untuk dapat menghasilkan listrik bolak balik.

Sedangkan starter menjadi alat yang berperan untuk memulai kinerja pada alat lainnya. Sehingga keduanya berkombinasi menjadi satu yaitu ACG starter.

Jika sebelumnya teknologi ini hanya ada pada motor matik merek Honda PCX 125 kini sudah ada pada beberapa tipe sepeda motor lainnya. ACG memiliki peran untuk menjaga mesin karena mampu menyalakan mesin lebih halus.

Baca Juga: Cara Cek Klakson Motor Mati Melalui Beberapa Komponen Bersangkutan

Keunggulan Teknologi ACG Starter

Seperti yang sudah Anda tahu sejak awal jika komponen sepeda motor selalu hadir dengan teknologi terbaru. Bahkan pada sepeda motor matik kini hadir teknologi modern bernama ACG starter.

Setelah Anda tahu cara kerja ACG starter masih banyak keunggulan yang ada.

Adapun fitur unggul yang ada pada ACG starter mulai dari kemampuan pengisian aki secara otomatis, mengurangi konsumsi BBM, menjamin perawatan sepeda motor, dan mengurangi adanya getaran dan bunyi ketika menyalakan mesin untuk pertama kali.

Fitur yang ada pada teknologi baru ini biasanya untuk menghilangkan suara keras saat starter motor terjadi. Sehingga dengan adanya fitur ini sepeda motor matik tidak akan mengeluarkan hentakan bunyi sedikitpun akibat cara kerja ACG starter yang terjadi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -