Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Melacak HP Android yang Hilang dengan Mudah Anti Ribet

Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Mudah Anti Ribet

Cara melacak HP Android yang hilang bisa Anda lakukan dengan langkah mudah. Bahkan ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan keberadaan HP tersebut. Saat HP hilang, ada baiknya jika Anda tidak panik.

Segeralah melacaknya sebelum lokasinya terlalu jauh. Keberadaan ponsel kini semakin banyak dibutuhkan oleh masyarakat secara luas.

Bahkan untuk melakukan berbagai aktivitas, saat ini sudah banyak dilakukan menggunakan perangkat canggih.

Smartphone menjadi salah satu perangkat yang cukup dibutuhkan agar bisa berkomunikasi dengan orang lain.

Bahkan masih banyak keunggulan dari smartphone. Sayangnya tidak semua orang bisa menjaga dan merawatnya dengan baik. Tidak sedikit kriminal terjadi dengan kasus pencurian smartphone.

Saat hal ini Anda alami, sebaiknya jangan panik. Sebab, kepanikan yang Anda alami justru akan membuat jalan buntu. Banyak cara yang dapat Anda lakukan saat kehilangan smartphone saat ini.

Selain lupa dalam menyimpannya, smartphone hilang juga bisa akibat pencurian. Jika hal ini terjadi segera gunakan cara melacak HP Android sebelum terlalu jauh posisinya.

Perangkat yang satu ini tidak hanya digunakan untuk alat komunikasi jarak jauh. Masih banyak fungsi yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Cara Menampilkan Detik Jam di Android Agar Tampilannya Lebih Keren

Cara Melacak HP Android dengan Langkah Mudah

Peran dari smartphone kini cukup beragam. Tidak hanya untuk aktivitas komunikasi saja, namun banyak hal yang bisa dilakukan dengan HP.

Misalnya sebagai alat pembayaran, transaksi mobile, hingga ruang untuk menyimpan berbagai dokumen. Tidak heran jika HP hilang, pemiliknya akan merasa panik.

Jika HP hilang bisa saja data-data penting juga akan hilang. untuk bisa mengatasinya Anda tidak perlu panik, segera lakukan pelacakan dan pemblokiran data melalui cara yang tepat.

Adapun cara melacak HP Android mudah dan praktis yang bisa Anda lakukan antara lain:

Melalui Google Maps

Ada cara mudah melacak HP Android yang hilang melalui Google Maps. Aplikasi yang satu ini hadir dengan banyak layanan yang bisa membantu Anda.

Mulai dari kondisi jalan, peta jalan raya, rute perjalanan, dan masih banyak yang lainnya. Selain hadir dengan berbagai fitur tersebut, Anda bisa memanfaatkannya untuk melacak ponsel.

  1. Silahkan pilih menu setting dan bagi lokasi di pojok kiri atas
  2. Pilih waktu pelacakan, misalnya 1 jam atau dinonaktifkan agar dapat melakukan pelacakan secara terus menerus tanpa batasan waktu
  3. Langkah selanjutnya pilih Orang, kemudian isi alamat email dan nomor HP yang akan Anda lacak
  4. Silahkan klik bagikan dan tekan aktifkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, sudah pasti HP yang hilang akan terlacak selama 24 jam menggunakan Google Maps.

Baca Juga: Cara Buat ID Apple di Android dengan Langkah Mudah dan Sederhana

Via Email

Selain cara melacak HP Android yang hilang menggunakan aplikasi Google Maps, ada banyak cara lainnya termasuk email. Saat Anda memutuskan menggunakan cara ini ikuti langkah yang tepat.

  1. Login ke akun Google melalui aplikasi browser PC atau laptop
  2. Selanjutnya bisa klik titik sembilan yang posisinya yang berada pada bagian kanan atas
  3. Silahkan klik pilihan akun dan menu keamanan
  4. Setelah itu, Anda bisa cek konfirmasi mengenai perangkat yang memiliki akses Gmail Anda
  5. Dengan cara ini HP yang hilang bisa terlacak dengan cara menekan tombol detail selengkapnya
  6. Silahkan pilih cari perangkat yang nantinya akan teralihkan ke fitur layanan Find My Device milik Google itu sendiri. Meski informasi yang Anda dapatkan tidak menunjukkan lokasi HP secara akurat. Namun dengan menggunakan cara ini bisa saja Anda lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Baca Juga: Cara Membuka File EXE di HP Android dengan Bantuan Aplikasi aFreeBox 

Melacak HP Hilang dalam Kondisi Mati

Cara melacak HP Android hilang bisa karena berbagai faktor. Salah satunya karena Anda lupa menaruhnya. Salah satu yang bisa Anda gunakan yaitu Google Maps.

Google Maps bisa Anda gunakan jika mengalami kehilangan HP. Namun apakah ponsel memiliki bobot 20 kg dan kondisinya mati, maka bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cara melacak HP dengan cara membuka aplikasi Google Maps.
  2. Langkah selanjutnya yaitu ketuk ikon tiga pada pojok kiri atas. Selanjutnya masukkan akun dan pilih opsi bagian kiri atas.
  3. Masukkan akun HP yang hilang sesuai dengan pelacak.
  4. Silahkan tekan tombol menu dan klik aktifkan
    lokasi.

Anda bisa gunakan cara melacak HP Android yang hilang sehingga akan terlihat selama 24 jam melalui cara-cara tersebut. (R10/HR-Online)

- Advertisment -