Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Melenturkan Karet Kaca Mobil Agar Terjaga Elastisitasnya

Cara Melenturkan Karet Kaca Mobil Agar Terjaga Elastisitasnya

Cara melenturkan karet kaca mobil bisa Anda lakukan dengan langkah mudah dan cepat. Anda cukup ikuti tips yang tepat agar karet dapat kembali berfungsi secara optimal.

Mobil adalah salah satu kendaraan yang semakin banyak dimiliki masyarakat secara luas. Bahkan mobil juga hadir dengan kemajuan teknologi canggih seiring dengan perkembangan dunia teknologi.

Mobil hadir dengan berbagai komponen yang saling terkait. Semua komponen mobil memiliki fungsi yang tidak sama.

Bahkan perawatan yang perlu pemilik lakukan harus secara berkala.

Tidak semua komponen mobil bisa berfungsi dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, agar tidak timbul masalah Anda bisa melakukan perawatan dengan tepat.

Salah satu komponen yang sering terabaikan yaitu karet pada bagian kaca atau pintu. Meski terkesan sepele, namun Anda perlu mengetahui bagaimana cara melenturkan karet kaca mobil yang tepat.

Hal ini bisa mengakibatkan tidak nyaman saat berkendara. Seiring dengan usia penggunaan komponen, tentunya akan memiliki kinerja yang tidak optimal.

Meskipun hanya kerusakan kecil, jika tidak diperhatikan mengakibatkan kerusakan yang semakin parah. Hal ini juga sering terjadi pada karet kaca mobil.

Baca Juga: Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru Menggunakan Alat Seadanya

Cara Melenturkan Karet Kaca Mobil Agar Tidak Getas

Karet pada bagian kaca atau pintu mobil memiliki peran yang cukup penting. Anda juga harus memperhatikannya dan memberikan perawatan secara rutin.

Sayangnya komponen tersebut kurang diperhatikan oleh pemiliknya.

Seiring dengan penggunaan dan usia pemakaian karet tersebut tidak elastis kembali. Karet tersebut memiliki masa pakai tertentu.

Meski demikian, melakukan perawatan dengan tepat akan membuat usia karet lebih lama. Bahkan karet tetap dalam kondisi elastis.

Jika karet terjaga, Anda akan merasa nyaman saat membuka dan menutup kaca dan pintu mobil.

Berbeda jika karet tersebut sudah memiliki kualitas buruk, dampaknya akan membuat kaca mobil seret ketika dinaikkan dan diturunkan.

Bahkan risiko terbesar bisa membuat kaca baret. Agar kondisinya tetap dalam keadaan baik gunakan cara melenturkan karet kaca mobil berikut ini:

Membersihkan Karet Jendela Secara Rutin

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga elastisitas karet kaca yaitu dengan membersihkannya secara rutin. Sama seperti komponen lainnya karet kaca dan pintu mobil juga perlu perawatan.

Sebaiknya bersihkan komponen secara rutin dengan menggunakan lap dan kain basah. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menjaga kesegaran karet tersebut.

Gunakan cara melenturkan karet kaca mobil untuk meningkatkan elastisitasnya.

Baca Juga: Engsel Pintu Mobil Rusak, Ini Cara Mengatasi dan Faktor Penyebabnya

Bersihkan Setelah Terkena Air Hujan

Saat kondisi hujan, air bisa saja masuk pada bagian sela-sela karet dan kaca. Untuk mengatasinya Anda bisa membersihkannya agar potensi karet kering dan getas dapat teratasi.

Segera bersihkan karet jendela agar dapat berfungsi secara optimal. Apalagi air hujan memiliki potensi merusak karet lebih cepat.

Jika hanya Anda biarkan saja, karet akan mudah rusak. Bahkan masih banyak cara melenturkan karet kaca mobil untuk menjaga kualitasnya tetap kondisi baik.

Semprotkan Silicon

Cara melenturkan karet kaca mobil selanjutnya yaitu dengan menyemprotkan silikon pada bagian tersebut. Anda bisa melakukan hal ini kurang lebih 2x dalam sebulan.

Semprotkan pada bagian karet kaca dan pintu mobil dengan cairan silikon spray.

Dengan menggunakan cairan ini membuat karet tidak mudah kering. Sehingga kesegaran karet tersebut tetap terjaga.

Baca Juga: Cara Melepas Tangkai Wiper Mobil dan Waktu yang Tepat Menggantinya

Oleskan Silicon Rubber

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kualitas karet kaca dan pintu mobil tetap terjaga. Selain menyemprotkan cairan silicon spray Anda bisa menggunakan silicon rubber.

Anda bisa mengoleskan silicon tersebut dengan menggunakan bantuan jari untuk mendapatkan hasil maksimal. Oleskan cairan tersebut secara merata pada bagian karet agar tampilan maksimal.

Karet pada bagian kaca maupun pintu mobil memiliki peran yang cukup penting.

Perawatan yang bisa Anda lakukan juga harus tepat. Sebaiknya jangan sepelekan komponen yang satu ini.

Sebab jika tidak diberikan perawatan tepat mengakibatkan kondisinya tidak dapat bekerja optimal. Karet akan mudah getas dan tidak elastis kembali.

Agar bisa menjaganya tetap terawat berikan tahapan yang tepat sebagai cara melenturkan karet kaca mobil. Dengan cara ini kondisi karet terjaga dan Anda tidak akan kesulitan saat membuka dan menutupnya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -