Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Melihat History Aplikasi Android Baik yang Terhapus atau Tidak

Cara Melihat History Aplikasi Android Baik yang Terhapus atau Tidak

Cara melihat history aplikasi Android bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan Anda tidak perlu bantuan aplikasi sekalipun.

Android memang yang cukup populer dan banyak peminatnya. Apalagi tipe dan mereknya yang bervariasi membuat Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Berbagai fitur menarik dengan banyak aplikasi pilihan sering membuat pemilik smartphone menginstal beberapa di antaranya.

Saat Anda melakukan install melalui Play Store, maka riwayat download tersebut akan tersimpan secara otomatis di akun google.

Melalui riwayat tersebut, Anda bisa mengetahui aplikasi apa saja yang pernah terinstall di HP Android Anda

Ada cara melihat history aplikasi Android yang bisa Anda lakukan. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Cara Menghapus File Duplikat di Android dengan Beberapa Langkah

Cara Melihat History Aplikasi Android yang Pernah Terinstall

Aplikasi yang dimiliki Google memang semakin hari memiliki banyak variasi. Hal ini membuat pemilik smartphone menginstall aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi yang telah terinstall terkadang juga dihapus karena berbagai alasan. Salah satunya karena ruang penyimpanan yang penuh atau aplikasi sudah tidak digunakan lagi.

Ada juga pemilik smartphone yang ingin memasang kembali aplikasi yang telah terhapus di Android. Anda tidak perlu khawatir, sebab saat ini sudah banyak cara untuk melihat history aplikasi yang pernah terinstall.

Jika Anda belum tahu cara untuk mengetahuinya, bisa gunakan cara mudah berikut ini:

  1. Cara melihat history aplikasi Android yaitu dengan membuka google Play Store
  2. Selanjutnya bisa pilih profil
  3. Pilih aplikasi dan game saya
  4. Jika sudah, barulah pilih opsi koleksi atau library

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut secara urut, maka cara untuk melihat aplikasi yang pernah terinstall dapat terlihat. Anda bisa melihat riwayat aplikasi yang pernah terinstall dan cari aplikasi yang akan diinstall kembali.

Menghapus Riwayat Aplikasi Melalui Play Store

Cara melihat history aplikasi Android sudah bisa Anda praktekkan. Kini ada juga cara untuk menghapus riwayat aplikasi yang pernah terinstall melalui Play Store.

Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah. Setelah Anda melakukan cara melihat history aplikasi akan muncul tampilan beberapa aplikasi yang pernah terinstall.

Jika Anda berniat untuk menghapusnya, bisa saja melalui Google Play Store. Saat aplikasi muncul akan ada tanda X pada sisi sampingnya. Cukup klik tanda tersebut untuk menghapusnya.

Dengan cara ini aplikasi yang sudah terhapus dan tidak akan muncul kembali pada bagian riwayat atau library ponsel.

Baca Juga: Cara Membuat Sorotan di Facebook Android, Simak Tutorial Lengkap!

Cara Melihat Aplikasi Terhapus di Android

Sering kali pemilik smartphone Android yang menghapus aplikasi karena berbagai faktor. Bisa karena memori penuh atau hal lainnya.

Namun saat Anda ingin mengunduh dan menjalankannya lagi, bisa mengeceknya dengan mudah.

Selain itu, Anda bisa tahu cara melihat history aplikasi Android bahkan yang sudah terhapus juga. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa membantu Anda memberikan informasi terkait aplikasi yang sudah terhapus.

Sehingga ketika Anda hendak menggunakannya kembali bisa install ulang. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan yaitu:

1. Mengunjungi Google Play Store

Salah satu cara untuk mengetahui aplikasi yang sudah terhapus yaitu dengan mengunjungi Google Play Store.

Selain untuk mengunduh aplikasi Google Play Store, juga bisa memberikan informasi terkait seluruh riwayat aplikasi yang pernah terpasang di smartphone.

Baik itu yang masih tersimpan maupun yang sudah terhapus. Sehingga dengan cara ini Anda akan mendapatkan terkait informasi aplikasi yang ingin terlihat.

2. Tap Menu Koleksi

Cara melihat history aplikasi Android terbilang cukup mudah. Bahkan Anda juga bisa menggunakan tap pada menu koleksi untuk melihat aplikasi yang terhapus. Biasanya posisi tap tersebut berada di bagian kanan.

Pada halaman tersebut, Anda akan menemukan semua riwayat aplikasi yang sebelumnya pernah terpasang di HP. Jika Anda berminat untuk menginstal ulang bisa mengetahui menggunakan cara yang satu ini.

Baca Juga: Cara Menampilkan Detik Jam di Android Agar Tampilannya Lebih Keren

3. Pilih Menu Kelola Aplikasi dan Perangkat

Ada banyak pilihan menu yang terpasang di Android. Salah satu yang bisa Anda pilih untuk mengetahui aplikasi yang terhapus yaitu melalui menu kelola aplikasi dan perangkat.

Dengan cara ini Anda akan mudah melihat berbagai aplikasi yang terhapus. Saat menu terbuka akan muncul pilihan kelola pada bagian kanan dan ringkasan untuk sebelah kiri.

Anda bisa klik dan mendapatkan informasi terkait hal yang Anda ingin ketahui. Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan cara melihat history aplikasi Android, baik yang sudah terhapus maupun belum. (R10/HR-Online)