Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Melihat iOS iPhone dan Langkah Update Termudah, Ini Dia Tipsnya!

Cara Melihat iOS iPhone dan Langkah Update Termudah, Ini Dia Tipsnya!

Cara melihat iOS iPhone penting untuk dipahami oleh masing-masing pengguna. Seperti yang kita tahu iPhone merupakan  merek ponsel yang dibuat serta diluncurkan Apple Inc.

Perangkat ini hadir dengan sistem operasi menggunakan iOS.

Pada tahun 2007 lalu, Apple meluncurkan iPhone generasi pertama. Selanjutnya dalam setiap tahunnya Apple meluncurkan iPhone versi terbarunya.

Salah satu alasan mengapa iPhone banyak diminati oleh para penggemarnya adalah memiliki kualitas yang cukup tinggi.  Sehingga para pengguna akan jarang melihat kekurangan dalam produk tersebut.

Perangkat iPhone dan iOS merupakan dua hal yang tidak dapat kita pisahkan. Sama halnya dengan sistem operasi pada Android, iOS merupakan nyawa dari perangkat iPhone.

Memiliki fungsi yang hampir sama, namun dengan cara kerja yang berbeda. Jika Android hadir dengan konsep open-source, sedangkan iOS dikembangkan secara tertutup oleh Apple sendiri tanpa adanya campur tangan dari luar.

Baca Juga: Cara Dua Layar di iPhone Mudah dan Praktis, Multitasking Jadi Seru!

Pilihan Cara Melihat iOS iPhone

iOS merupakan sistem operasi seluler yang dibuat serta dikembangkan oleh Apple Inc untuk perangkat kerasnya. Ini adalah suatu sistem operasi yang hingga saat ini memberdayakan beragam produk Apple, mulai dari iPhone dan juga iPod Touch.

Sistem operasi ini sebelum pengenalan iPadOS di tahun 2019 juga mendukung iPad. iOS adalah sistem operasi pada seluler yang paling populer kedua di dunia, yakni setelah sistem operasi Android.

Dengan kata lain, iOS memiliki fungsi untuk menerjemahkan perintah pengguna untuk menjalankan fungsi dari perangkat keras di iPhone maupun iPad.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu melakukan pengecekan versi iOS yang sedang Anda gunakan.

Apabila versi iOS yang terdapat dalam perangkat iPhone Anda telah kedaluwarsa atau lama. Dengan demikian Anda dapat melakukan adanya pembaharuan pada sistem operasi tersebut.

Adapun cara melihat iOS mana yang digunakan pada perangkat iPhone dapat dilakukan dengan dua cara. Anda dapat melakukan pengecekan melalui layanan iTunes atau secara langsung yaitu melalui menu Setting di iPhone dan iPad.

Baca Juga: Cara Save Story IG di iPhone Praktis Tanpa Ribet

Melihat Versi iOS Melalui iTunes

Langkah mudah untuk melihat iOS iPhone dengan menggunakan layanan iTunes antara lain:

  1. Untuk bisa cek versi iOS lewat cara ini, Anda harus memiliki aplikasi iTunes terlebih dahulu di desktop (komputer atau laptop). Bila belum memilikinya, silahkan unduh dulu aplikasi iTunes.
  2. Lalu instal di desktop, kemudian buka aplikasi iTunes.
  3. Cara melihat iOS iPhone melalui iTunes selanjutnya adalah dengan menyambungkan iPhone ke desktop.
  4. Tunggu beberapa saat hingga ponsel berhasil terdeteksi di iTunes.
  5. Kemudian klik ikon iPhone yang tertera di iTunes Terakhir.
  6. Pada bagian “Summary” atau “Ringkasan” akan tertera versi iOS yang tengah Anda gunakan.

Cek Versi iOS Melalui Menu Pengaturan

Selain menggunakan layanan iTune, Anda juga dapat memanfaatkan menu pengaturan sebagai cara untuk melihat iOS iPhone. Adapun cara mudahnya adalah:

  1. Pertama, silahkan buka menu Pengaturan atau Setting yang terdapat pada perangkat iPhone Anda.
  2. Kemudian, pilih menu Tentang atau About yang terdapat di bagian atas.
  3. Lalu cari Versi atau Version yang menampilkan versi iOS yang sedang Anda gunakan pada perangkat iPhone Anda.

Baca Juga: Cara Jailbreak iPhone Aman dan Praktis, Pahami Langkah Mudahnya!

Cara Update iOS di iPhone

Selain cara melihat atau cek versi iOS di perangkat iPhone, Anda juga perlu mengetahui bagaimana melakukan update versi iOS di iPhone Anda.

Berikut ini cara update iOS di iPhone yang dapat Anda lakukan antara lain:

  1. Langkah pertama buka menu Pengaturan atau Setting yang terdapat di ponsel iPhone Anda.
  2. Kemudian cari serta pilih menu Perbarui Perangkat Lunak atau Software Update.
  3. Selanjutnya pada halaman menu ini, Anda akan menemukan menu Perbarui Otomatis atau Automatic Updates. Lalu Anda pilih menu tersebut.
  4. Langkah berikutnya geser ke samping agar dapat mengaktifkan secara otomatis pembaruan. Dengan demikian, pembaruan versi iOS yang terbaru akan berlangsung secara otomatis.

Dengan mengetahui bagaimana cara melihat iOS iPhone serta langkah mudah update iOS, maka Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin mengetahui dan memperbarui versi iOS pada perangkat iPhone yang sedang Anda pergunakan.

Pembaruan versi iOS iPhone dapat membawa beberapa peningkatan kinerja perangkat serta  peningkatan kemampuan pengelolaan konsumsi daya dan penyimpanan internal menjadi lebih efisien dari sebelumnya. (R10/HR-Online)