Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Ringtone di iPhone Mudah dan Cepat, Simak Tips Lengkap

Cara Membuat Ringtone di iPhone Mudah dan Cepat, Simak Tips Lengkap

Cara membuat ringtone di iPhone dengan berbagai lagu dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Ringtone atau nada dering adalah salah satu fitur yang terdapat pada semua smartphone, tidak terkecuali pada iPhone.

Dengan menggunakan ringtone, maka para pengguna dapat menunjukkan identitas diri sebagai pengguna iPhone tersebut. Hal ini karena saat terdapat panggilan telepon atau pesan masuk, maka ringtone yang terpasang pun akan menyala.

Masing-masing vendor smartphone telah memasang ringtone bawaan dengan ciri khas masing-masing. Begitu pula iPhone yang menawarkan beberapa ringtone bawaan untuk dapat pengguna jadikan sebagai nada pribadi saat ada panggilan atau pesan masuk.

Dalam hal ini, iPhone dapat melakukan kustomisasi ringtone, apabila para pengguna kurang puas atau merasa bosan dengan ringtone bawaan. Para pengguna pun dapat membuat ringtone sendiri secara lebih mudah pada perangkat iOS mereka.

Baca Juga: Cara Jailbreak iPhone Aman dan Praktis, Pahami Langkah Mudahnya!

Cara Membuat Ringtone di iPhone Mudah dan Cepat

Cara membuat ringtone pada perangkat iOS berbeda dengan perangkat Android.

Para pengguna harus melewati berbagai langkah untuk memperoleh hasil yang sempurna. Selain itu, file ekstensinya pun juga berbeda dengan Android.

Jika pada perangkat Android menggunakan file berekstensi MP3, sedangkan pada perangkat iPhone menggunakan file berekstensi M4R.

Bagi Anda yang gemar melakukan kustomisasi ringtone pada perangkat iPhone, untuk memperoleh hasil yang memuaskan berikut cara membuat ringtone di iPhone yang benar, antara lain:

Baca Juga: Mode Daya Rendah iPhone, Berikut Cara Mengubah dan Mengaktifkannya

Melalui Pengaturan

Untuk dapat membuat ringtone iPhone melalui pengaturan, maka pastikan terlebih dahulu Anda telah mempunyai lagu yang telah di import ke iPhone melalui iTunes di komputer atau yang lainnya.

Adapun langkah mudah membuat ringtone iPhone melalui pengaturan antara lain:

  1. Langkah pertama, masuk dalam pengaturan iPhone
  2. Silahkan cari menu Bunyi dan Haptik atau Ring anda Haptic
  3. Selanjutnya akan terdapat banyak sekali pilihan untuk mengganti ringtone
  4. Maka silahkan klik pada jenis nada apa yang akan Anda ganti, sebagai contoh Nada Dering
  5. Kemudian pilih Nada Dering atau Ringtone yang akan Anda gunakan
  6. Berikutnya tekan Selesai dan kembali ke menu utama.

Meskipun cara membuat nada dering di iPhone melalui menu pengaturan ini cukup mudah dan cepat.

Akan tetapi seringkali terdapat batasan yang berlaku, yakni pilihan ringtone yang tidak sesuai. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba cara lainnya.

Baca Juga: Cara Mengosongkan Memori iPhone dengan Mudah, Ikuti Tips Ini!

Membuat Ringtone Melalui iTunes

Pilihan cara membuat ringtone di perangkat iPhone selanjutnya adalah dengan menggunakan iTunes. Langkah mudahnya antara lain:

  1. Untuk memulainya, pastikan Anda telah menggunakan iTunes versi terbaru dari perangkat lunak tersebut.
  2. Kemudian pilih lagu yang akan Anda gunakan serta identifikasi 30 detik yang ingin Anda gunakan sebagai nada dering.
  3. Lalu klik kanan pada menu file lagi. Kemudian masuk ke Song Info.
  4. Berikutnya klik tab Options
  5. Scroll ke bagian Start dan Stop, selanjutnya masukkan waktu mulai dan waktu berhenti untuk bagian 30 detik dari lagu yang telah Anda pilih.
  6. Klik OK pada bagian bawah layar.
  7. Cara membuat ringtone di iPhone dengan iTunes selanjutnya adalah Anda harus membuat versi Acc dari lagu yang telah Anda pilih. Untuk melakukan ini, silahkan buka File > Convert > Create AAC version.
  8. Kemudian silahkan salin file AAC yang telah muncul di perpustakaan iTunes ke desktop. Lalu ubah ekstensi file dari M4A ke M4R. Silahkan konfirmasikan perubahan Anda pada pop yang tersedia.
  9. Langkah terakhir adalah dengan menambahkan file ke perangkat iPhone Anda. Untuk melakukan ini, silahkan kembali ke iTunes dan klik ikon iPhone yang terdapat pada sudut kiri atas.
  10. Selanjutnya pada bagian bawah Summari, silahkan scroll ke bawah pada bagian Options, centang kotak yang berada di samping Manually manage music and videos.
  11. Klik Done pada sudut kanan bawah untuk dapat menyimpan perubahan Anda.
  12. Kemudian seret file M4R dari desktop ke tab Tones di bawah On My Device. Maka secara otomatis akan mensinkronisasi nada dering iPhone Anda

Dengan mengikuti cara membuat ringtone di iPhone secara tepat dan benar, maka Anda pun dapat menghasilkan ringtone yang baik. Tentunya dengan kualitas yang lebih jernih pada saat Anda dengarkan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -