Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuka Baut Mobil yang Keras Menggunakan Beberapa Metode

Cara Membuka Baut Mobil yang Keras Menggunakan Beberapa Metode

Cara membuka baut mobil yang keras memang bukan perkara yang mudah bagi sebagian besar orang pada umumnya, mungkin termasuk Anda juga. Pada dasarnya baut maupun mur pada ban mobil juga akan berisiko seret, hal ini bisa terjadi karena jarang dibuka.

Seperti yang kita tahu, bahwa ada dua macam komponen yang berguna untuk memasang pelek mobil, yaitu baut dan mur. Biasanya dua komponen itu sulit terlepas karena adanya karat pada bagian ulir dan jarang mendapatkan perawatan khusus.

Cara Membuka Baut Mobil yang Keras Paling Mudah dan Simpel

Baut pada roda kendaraan seperti mobil saat akan kita buka memang menyusahkan dan tidak semua orang bisa mengetahuinya. Sehingga dengan mengenali sejumlah penyebabnya dulu, maka kejadian seperti itu bisa kita perbaiki.

Baca Juga: Cara Membuka Bagasi Mobil dengan Mudah, Aman Bahkan Tanpa Kunci

Selain itu para pemilik kendaraan memang selayaknya harus tahu dan mengerti tentang bagaimana cara untuk melepas ban, terlebih saat kondisi darurat. Oleh karena itu pemilik mobil harus mampu mengganti sendiri ban mobil mereka dengan menggunakan ban serep yang mereka bawa.

Sayangnya ketika proses melepas ban mobil, justru pemilik kendaraan seringkali menemui baut roda yang sudah mengeras. Jika kondisi seperti ini sudah terjadi, maka para pemilik mobil harus mengetahui tentang bagaimana cara untuk mengatasinya.

Gunakan Alat Bantu

Cara membuka baut mobil yang keras untuk langkah pertama adalah dengan menggunakan atau memanfaatkan alat bantu pemutar mur roda. Sehingga Anda bisa menggunakan alat pengungkit yang panjang, misalnya seperti pipa yang tersambung ke kunci roda.

Ini supaya bisa memperoleh torsi maupun daya putar ekstra sehingga akan lebih mudah ketika melepas mur dan bautnya. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan jika mengalami masalah ini adalah dengan menggunakan alat bantu itu.

Baca Juga: Engsel Pintu Mobil Rusak, Ini Cara Mengatasi dan Faktor Penyebabnya

Menyemprotkan dengan Cairan Penetran

Langkah lain untuk memudahkan Anda dalam melepaskan baut pada roda adalah dengan menyemprotkan cairan penetran seperti WD pada bagian baut. Ini merupakan salah satu cara termudah untuk menghilangkan karat maupun penghambat lain antara baut dan mur pada roda.

Nah apabila hambatan seperti karat sudah hilang, maka baut mur pun akan lebih mudah untuk Anda buka. Sehingga Anda bisa memanfaatkan cairan penetran tersebut kemudian semprotkan saja ke bagian baut roda mobil itu.

Baca Juga: Suntik Shockbreaker Mobil Agar Tetap Prima, Begini Cara Mudahnya!

Memanaskan Baut

Biasanya panas dan minyak sudah bisa untuk melepaskan sebagian besar baut dan mur pada logam. Sehingga Anda bisa memberikan panas yang cukup untuk menyebabkan ekspansi pada semua baut tersebut.

Anda bisa menggunakan blow torch agar dapat lebih menghemat waktu Anda. Jika sudah, maka semprotkan saja minyak penetrasi lalu pukul-pukul kepala baut sampai beberapa kali dengan palu. Jika sudah berhasil kini buka lah baut tersebut dengan menggunakan kunci.

Tidak hanya itu saja, memotong kepala baut dan mur dengan menggunakan gergaji besi juga dapat menjadi solusi berikutnya. Ada beberapa tipe baut yang mempunyai pengencang lebih kecil, terutama paku keling maupun baut flathead.

Beberapa cara membuka baut mobil yang keras seperti tadi bisa Anda lakukan sendiri, terutama saat berada dalam situasi mendesak. Namun jika Anda tak bisa melakukannya, maka bisa menghubungi pihak bengkel. (R10/HR-Online)

- Advertisment -