Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita NasionalCara Memindahkan Siaran TV Analog ke Digital, Pakai Set Top Box SNI

Cara Memindahkan Siaran TV Analog ke Digital, Pakai Set Top Box SNI

Cara memindahkan siaran TV Analog ke Digital penting untuk Anda ketahui. Apalagi pemerintah telah memulai program Analog Switch Off (ASO), yaitu mematikan siaran TV Analog secara bertahap.

Ada tiga tahap ASO yang dilakukan pemerintah. Dalam siaran pers Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) Republik Indonesia yang dikutip HR Online pada Senin (30/5/2022) disebutkan, ada tiga tahap program ASO.

Tahap pertama ASO pada 30 April 2022, sebanyak 166 kabupaten/kota sudah tidak bisa lagi menangkap siaran TV Analog.

Baca Juga: TV Analog akan Dihentikan, Warga Banjar Siap-Siap Beralih ke Digital

Selanjutnya tahap kedua ASO akan dilakukan pada 25 Agustus 2022. Kali ini sebanyak 110 kabupaten/kota tidak bisa lagi menangkap siaran TV Analog.

Tahap ketiga atau tahap akhir ASO jadwalnya pada 2 November 2022 untuk 63 kabupatenn/kota. Mulai tanggal tersebut, di Indonesia tidak ada lagi daerah yang bisa menangkap siaran TV Analog.

Begini Cara Memindahkan Siaran TV Analog ke Digital

Bagi Anda yang daerahnya sudah tidak bisa lagi menangkap siaran TV Analog, tak perlu khawatir, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai menikmati siaran TV Digital.

Cek Sinyal TV Digital di Daerah Anda

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek siaran TV Digital di daerah Anda. Apakah siaran TV Analog sudah dimatikan atau belum.

Melalui laman siarandigital.kominfo.go.id Anda bisa melihat daftar daerah kabupaten/kota yang sudah mematikan siaran TV Analog.

Anda juga bisa mengunduh aplikasi sinyal TV Digital dari Keminfo melalui Play Store. Anda bisa melihat sinyal TV Digital apakah sudah ada di daerah Anda atau belum.

Setelah mengunduh aplikasi, cara memindahkan siaran TV Analog ke Digital selanjutnya izinkan aplikasi mengakses lokasi. Sehingga aplikasi bisa menampilkan peta lokasi daerah Anda.

HR Online mencoba mengunduh aplikasi TV Digital, setelah mengizinkan akses lokasi, terlihat peta lokasi dengan indikator warna pada aplikasi tersebut.

Indikator tersebut memperlihatkan apakah sinyal TV Digital sudah kuat atau belum di daerah Anda. Tandanya, apabila indikator berwarna merah maka sinyal TV Digital kuat di daerah Anda.

Apabila indikator warna kuning, sinyal TV Digital sedang. Jika indikator berwarna putih atau abu-abu, maka tandanya sinyal TV Digital di daerah Anda rendah.

Cek Merek TV di Rumah

Setelah Anda memastikan sinyal TV Digital, cara selanjutnya untuk memindahkan siaran TV Analog ke Digital, Anda perlu mengecek merek TV di rumah Anda.

Apakah TV yang ada di rumah sudah bisa menangkap sinyal TV Digital? Biasanya TV dengan embel-embel smart TV atau Android TV sudah bisa langsung Anda gunakan.

Namun apabila bukan Smart TV atau Android TV, Anda bisa mengecek apakah TV di rumah sudah bisa menangkap sinyal TV Digital DVBT2.

Baca Juga: Frekuensi Telkom 4 Terbaru 2022 Berbagai Channel TV Indonesia

Memindahkan siaran TV Analog ke Digital perlu mengetahui apakah pesawat TV Anda bisa menangkap sinyal TV Digital.

Anda bisa mengeceknya melalui laman resmi Kominfo, siarandigital.kominfo.go.id. Anda pilih menu Perangkat TV Digital. Selanjutnya pilih Kategori lalu pilih Televisi.

Selanjutnya Anda masukkan merek dan tipe atau model TV di rumah Anda. Apabila tiak bisa menangkap siaran TV Digital akan ada pemberitahuan.

“Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat.”

Sebaliknya apabila sudah bisa mengakses siaran TV Digital, maka akan muncul keterangan merek dan tipe dalam daftar.

Gunakan Set Top Box SNI

Bagaimana cara memindahkan siaran TV Analog ke Digital apabila TV yang ada di rumah Anda tidak bisa menangkap siaran digital?

Apabila daerah Anda sudah termasuk kabupaten/kota yang masuk ASO atau sinyal TV Analog-nya sudah mati, maka Anda perlu menyiapkan Set Top Box (STB).

Pastikan Set Top Box yang Anda gunakan sudah SNI. Hal ini penting untuk menjaga siaran TV Digital Anda tetap bersih dan jernih.

Kominfo telah merilis Set Top Box yang mendapat label SNI. Berikut ini merek Set Top Box yang sudah memiliki label SNI per 4 Maret 2022 dikutip dari laman Kominfo:

NexMedia NA 1300/DVB-T2 MPEG4 HD, Polytron PDV 600T2, ICHIKO 8000HD, AKARI ADS-2230, AKARI ADS 210, AKARI ADS-168, VENUS Brio, TANAKA T2, MATRIX APPLE, EVERCROSSS STB1, NEXTRON TR 1000, EVINIX H-1, EVERCROSS STB Max,  EVERCROSS STB Pro, EVERCROSS STB Mini, MATRIX CH-77, AKARI ADS 525, TANAKA T2 JURASSIC, TANAKA T2 New, FREEBOX H-1, VISIO HS1685, KUBIK Kubik Arca DVB-T2, SUPER HD168, ADVAN AVB-10KK.

Cara Menyetting Siaran TV Digital

Setelah memastikan di daerah Anda terdapat siaran TV Digital, cara selanjutnya untuk memindahkan siaran TV Analog ke Digital adalah Anda perlu menyetting siaran TV.

Pertama, pastikan Anda menggunakan antena. Bisa antena biasa yaitu antena UHF, bisa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor).

Pastikan TV Anda sudah menerima siaran TV Digital DVBT2. Apalagi TV hanya bisa menerima siaran TV Analog, maka pasang STB.

Setelah perangkat TV Anda tersambung, pilih pengaturan atau setting. Selanjutnya Anda pilih auto scan untuk memindai program siaran TV Digital.

Itulah cara memindahkan siaran TV Analog ke TV Digital. Jangan khawatir apabila tiba-tiba di daerah Anda tidak bisa menangkap siaran TV Analog, karena bisa jadi siaran TV Analog di daerah Anda sudah dimatikan. (Karwati/R7/HR-Online/Editor-Ndu)