Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Speedometer Digital Mobil, Ketahui Penyebabnya Dulu!

Cara Memperbaiki Speedometer Digital Mobil, Ketahui Penyebabnya Dulu!

Cara memperbaiki speedometer digital mobil memang penting untuk Anda ketahui, mengingat bahwa ini merupakan komponen yang sangat penting. Bagaimana tidak, pasalnya komponen yang satu ini mampu untuk menampilkan tingkat kecepatan mobil ketika melaju.

Namun apabila sudah tidak berfungsi lagi, maka kemungkinan besar Anda sedang dalam kondisi bahaya selama berkendara.

Oleh karena itu, penting bagi Anda selalu merawat komponen tersebut, sehingga tidak akan mudah rusak.

Baca Juga: Starter Mobil Mati, Ada Penyebab yang Perlu Segera Ditangani

Cara Memperbaiki Speedometer Digital Mobil yang Paling Mudah dan Simpel

Sebagai salah satu pemilik mobil, maka Anda harus bisa mengenali setiap masing-masing komponennya, seperti speedometer. Hal ini sangat penting karena bisa untuk memahami ketidakberesan yang mungkin saja terjadi pada komponen itu.

Selain itu, speedometer mobil seperti ini merupakan salah satu bagian kecil yang seringkali mengalami kerusakan.

Akan ada beberapa kerusakan yang sering terjadi, misalnya saja seperti lampu speedometer mati, lampu redup, indikator bahan bakar rusak, dan lain sebagainya.

Dari beberapa kerusakan seperti itu, maka hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengeceknya satu per satu dari bagiannya.

Jadi apabila komponen milik Anda tersebut sudah mulai bermasalah, maka harus segera memperbaikinya agar tak tambah parah.

Baca Juga: Speedometer Naik Turun, Kenali Penyebab dan Tips Mengatasinya!

Apa Penyebabnya?

Sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaiki speedometer digital mobil ada baiknya jika Anda mengetahui apa penyebabnya.

Salah satu penyebab kerusakan komponen ini yaitu pada masalah bagian kelistrikan dalam mobil, seperti sensor kecepatan rusak.

Mengingat bahwa sensor kecepatan tidak hanya berfungsi untuk memperlihatkan kecepatan mobil saja, tapi juga mengatur waktu serta aliran bahan bakar. Sehingga kerusakan pada bagian ini ternyata juga bisa mempengaruhi fungsi speedometer.

Tidak hanya itu saja, dalam kondisi yang basah, maka kabel bisa saja terbuka dan akhirnya menyebabkan konsleting. Jika sekring speedometer sudah putus, maka ini akan menghentikan komponen speedometer tersebut.

Baca Juga: Cara Menghidupkan Mobil Matic Aki Tekor dengan Jumper

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara memperbaiki speedometer digital mobil ini adalah dengan mencabut seluruh pin yang tersambung ke komponen tersebut. Lalu pasang lagi dan jika saat masuk rusak, maka langkah berikutnya dengan mengecek kabel satu per satu dari pin tersebut.

Pengecekan ini juga bisa menggunakan voltmeter guna memastikan bahwa seluruh pin dan kabel tidak ada masalah. Lantas bagaimana cara tepat untuk mengatasinya?

Salah satu untuk memperbaiki speedometer paling mudah adalah dengan membawanya ke tukang bengkel.

Sebab service speedometer mobil ini hanya bisa dilakukan di bengkel saja. Hanya saja ini akan memakan biaya dan dana yang akan tergantung dari penyebab kerusakan itu.

Nah, dengan membawanya ke jasa bengkel, maka penanganan kerusakan komponen tersebut akan dilakukan dengan cara yang tepat.

Sehingga cara memperbaiki speedometer digital mobil yang paling tepat adalah dengan membawanya ke tukang bengkel terpercaya. (R10/HR-Online)